Improving Student Activities and Learning Outcomes With Examples Non Examples Models for Class V Students at SDN 06 Kp. Lapai Padang

Penulis

  • Dilla Pangestu Universitas Bung Hatta
  • Hidayati Azkiya Universitas Bung Hatta

Abstrak

PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MODEL EXAMPLES NON EXAMPLES SISWA KELAS V SDN 06 KP. LAPAI PADANG Dilla Pangestu1, Hidayati Azkiya1 Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Bung Hatta E-mail : dillapangestu@icloud.com ABSTRAK Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya aktivitas diskusi siswa di kelas V SDN 06 Kp. Lapai Padang. Tujuan penelitian ini adalah untuk peningkatan aktivitas berdiskusi siswa kelas V SDN 06 Kp. Lapai Padang dengan menggunakan model Examples Non Examples. Teori yang digunakan dalam penelitian adalah teori aktivitas yang dikemukakan oleh Masitoh, teori hasil belajar yang dikemukakan oleh Hamalik, teori examples non examples yang dikemukakan oleh Shoimin. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, sesuai dengan yang dikemukakan oleh Suharsimi Arikunto. Sumber data adalah siswa kelas V SDN 06 Kp. Lapai Padang berjumlah 28 orang. Instrument yang digunakan adalah lembar penilaian aktivitas diskusi siswa, lembar aktivitas guru dan lembar tes hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa aktivitas berdiskusi siswa meningkat rata- rata persentase untuk kategori baik dari siklus I ke siklus II meningkat dari (83,10%) kategori baik menjadi (85,07%) kategori baik meningkat sebanyak (1,91%). Kategori baik (84,28%) menjadi (87,42%) kategori baik meningkat sebanyak (3,14%). Dan aktivitas guru meningkat rata-rata persentase untuk kategori baik dari siklus I ke siklus II meningkat dari (80,35) kategori sangat baik menjadi (91,06%) kategori sangat baik meningkat sebannyak (10,71%). Tentang hasil belajar siswa dalam dua siklus, terlihat bahwa pada siklus I siswa yang tuntas belajar (85,71%) kategori baik sekali dan siswa yang belum tuntas belajar (14,28%), dengan nilai rata-rata. Sedangkan pada siklus II, siswa yang tuntas belajar (96,42%) kategori baik sekali dan siswa yang belum tuntas belajar (3,571%), dengan nilai rata-rata. Jadi hasil belajar siswa sudah mencapai indikator keberhasilan pada pelaksanaan pembelajaran yang dicapai 80%. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan aktivitas berdiskusi siswa dan hasil belajar siswa kelas V SDN 06 Kp. Lapai Padang setelah menggunakan model Examples Non Examples. Kata Kunci: Model Examples Non Examples, Aktivitas Berdiskusi, Pembelajaran Bahasa Indonesia

Referensi

K. Khaerunisa, “Penerapan Media Musikalisasi Puisi Terhadap Peningkatan Kemampuan Mengapresiasi Puisi Siswa X MIPA3 SMAN 87 Jakarta,” Pena Literasi, vol. 1, no. 2, pp. 124–137, 2018.

S. Arikunto, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta, 2006.

Hamdani, Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Cv. Pustaka Setia, 2011.

M. Huda, Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2013.

Alfurqan, A., Tamrin, M., Trinova, Z., & Zuhdiyah, Z. (2019). The problematics of Islamic religious education teacher in using of instructional media at SD Negeri 06 Pancung Soal Pesisir Selatan. Al-Ta Lim Journal, Volume 26, Number 1, February, 2019, Page 56-64

Alfurqan, A., Tamrin, M., Trinova, Z. (2021). Implementation Of Problem Solving Methods in The Learning of Slamic Religious Education (PAI) Students of Class VI Elementary School. Jurnal CERDAS Proklamator, Vol. 9, No. 1, Edisi Juni 2021, Hal.53-59

Alfurqan, A., Trinova, Z., Tamrin, M., & Khairat, A (2020). Membangun Sebuah Pengajaran Filosofi Personal: Konsep dari Pengembangan dan Pendidikan Dasar. Jurnal Tarbiyah al-Awlad, Volume 10, Nomor 2, 2020, Page 213-222

Kristiantari, Rini. 2014. Analisis Kesiapan Guru Sekolah Dasar dalam Mengimplementasikan Pembelajaran Tematik Integratif Menyongsong Kurikulum 2013. Jurnal Pendidikan Indonesia. Vol.3. No.2.Hlm.460-470

Kurniati, Annisah. 2016. Pengembangan Modul Matematika Berbasis Konstektual Terintegrasi Ilmu Keislaman.Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Vol.4. No.1. Hlm. 43-58

Tamrin, M., Amrina, Z., Arifin., E. (2014). Problematika Pemanfaatan Media Pembelajaran di SD 29 Ganting Utara Kecamatan Padang Timur Kota Padang. Jurnal Cerdas Proklamator, Volume 2, Nomor 2, Desember, 2014, Halaman 114-132

Tamrin, M., Azkiya, H., & Sari, S. (2017). Problems faced by the teacher in maximizing the use of learning media in Padang. Al-Ta Lim Journal, Volume 24, Number 1, February, 2017, Page 60-66

Tamrin, M., Nurman, R. (2021). Development of IPS Learning Module with Contextual Teaching and Approach Learning for Class IV SD Students. Jurnal CERDAS Proklamator, Vol. 9, No. 1, Edisi Juni 2021, M. Tamrin, Hal.45-52

Trianto. 2009. Mendesain Model PembelajaranInovatif- Progresif :Konsep, Landasan, dan Implementasinya Pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana.

Yusuf. (2017). Metode Penelitian : Kuantitatif, Kualitatif & Penelitian Gabungan. Jakarta: Prenadamediaa Group.

##submission.additionalFiles##

Diterbitkan

2022-08-01