Development of a Mathematics Learning Module with a Scientific Approach on Fractions materials for Class V SD Negeri 06 Kampung Lapai Padang

Penulis

  • Elsa Febrina Nafiktia Universitas Bung Hatta
  • Arlina Yuza Universitas Bung Hatta

Abstrak

PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN PENDEKATA SAINTIFIK PADA MATERI PECAHAN KELAS V SDN 06 KAMPUNG LAPAI PADANG Elsa Febrina Nafiktia1, Arlina Yuza1 Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Bung Hatta E-mail : elsafebrina267@gmail.com ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menghasilkan produk berupa modul pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Saintifik pada materi pecahan kelas V yang memenuhi kriteria valid dan praktis. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (Penelitian dan pengembangan). Dengan menggunakan model 4-D yaitu terdiri dari tahap define, design, and development. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas V semester ganjil tahun ajaran 2021/2022. Validator angket terdiri dari 1 orang ahli materi, 1 orang ahli bahasa, dan 1 orang ahli tampilan. Berdasarkan hasil penelitian, validasi modul yang dilakukan dari aspek materi matematika memperoleh 80% dengan kategori valid, dari aspek bahasa memperoleh 93.75% dengan kategori sangat valid, dari aspek tampilan memperoleh nilai 90% dengan kategori sangat valid. Dilihat rata-rata skor penilaian modul pembelajaran matematika dengan Pendekatan Saintifik pada materi pecahan untuk siswa kelas V yang memperoleh secara keseluruhan yaitu 88% dengan kategori valid. Sedangkan uji praktikalitas terdiri dari 1 orang guru dan 22 orang siswa, dari hasil praktikalitas oleh guru memperoleh hasil 85,83% dengan kriteria praktis, dan dari hasil praktikalitas oleh siswa diperoleh presentase hasil 96,25% dengan kriteria sangat praktis. Dari hasil penelitian ini disimpulkan bahwa modul pembelajaran matematika dengan Pendekatan Saintifik yang dihasilkan valid dan praktis digunakan sebagai salah satu alternatif bahan ajar sehingga siswa mampu belajar dengan baik tanpa bimbingan guru maupun dengan bimbingan guru. Kata Kunci: Pengembangan Modul, Matematika, Pendekatan Saintifik

Referensi

A. Prastowo, Analisis pembelajaran tematik terpadu. Prenada Media, 2019.

E. T. Lestari, Pendekatan Saintifik di Sekolah Dasar. Deepublish, 2020.

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2019.

Purwanto, Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2014.

E. F. P. Sari, “Pengaruh Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Mahasiswa Melalui Metode Pembelajaran Learning Starts With A Question,” Mosharafa J. Pendidik. Mat., vol. 6, no. 1, pp. 25–34, 2017.

R. A. Sani, Inovasi Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

A. Daryanto., Suprihatin, Pengantar Pendidikan Lingkungan Hidup. Yogyakarta: Gava Media, 2013.

Alfurqan, A., Tamrin, M., Trinova, Z., & Zuhdiyah, Z. (2019). The problematics of Islamic religious education teacher in using of instructional media at SD Negeri 06 Pancung Soal Pesisir Selatan. Al-Ta Lim Journal, Volume 26, Number 1, February, 2019, Page 56-64

Alfurqan, A., Tamrin, M., Trinova, Z. (2021). Implementation Of Problem Solving Methods in The Learning of Slamic Religious Education (PAI) Students of Class VI Elementary School. Jurnal CERDAS Proklamator, Vol. 9, No. 1, Edisi Juni 2021, Hal.53-59

Alfurqan, A., Trinova, Z., Tamrin, M., & Khairat, A (2020). Membangun Sebuah Pengajaran Filosofi Personal: Konsep dari Pengembangan dan Pendidikan Dasar. Jurnal Tarbiyah al-Awlad, Volume 10, Nomor 2, 2020, Page 213-222

Kristiantari, Rini. 2014. Analisis Kesiapan Guru Sekolah Dasar dalam Mengimplementasikan Pembelajaran Tematik Integratif Menyongsong Kurikulum 2013. Jurnal Pendidikan Indonesia. Vol.3. No.2.Hlm.460-470

Kurniati, Annisah. 2016. Pengembangan Modul Matematika Berbasis Konstektual Terintegrasi Ilmu Keislaman.Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Vol.4. No.1. Hlm. 43-58

Tamrin, M., Amrina, Z., Arifin., E. (2014). Problematika Pemanfaatan Media Pembelajaran di SD 29 Ganting Utara Kecamatan Padang Timur Kota Padang. Jurnal Cerdas Proklamator, Volume 2, Nomor 2, Desember, 2014, Halaman 114-132

Tamrin, M., Azkiya, H., & Sari, S. (2017). Problems faced by the teacher in maximizing the use of learning media in Padang. Al-Ta Lim Journal, Volume 24, Number 1, February, 2017, Page 60-66

Tamrin, M., Nurman, R. (2021). Development of IPS Learning Module with Contextual Teaching and Approach Learning for Class IV SD Students. Jurnal CERDAS Proklamator, Vol. 9, No. 1, Edisi Juni 2021, M. Tamrin, Hal.45-52

Trianto. 2009. Mendesain Model PembelajaranInovatif- Progresif :Konsep, Landasan, dan Implementasinya Pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana.

Yusuf. (2017). Metode Penelitian : Kuantitatif, Kualitatif & Penelitian Gabungan. Jakarta: Prenadamediaa Group.

##submission.additionalFiles##

Diterbitkan

2022-08-01