Development of Character Values-Based Social Studies Module for Grade IV Elementary School

Penulis

  • Islami Junisa Ilahi Universitas Bung Hatta
  • Yulfia Nora Universitas Bung Hatta

Abstrak

PENGEMBANGAN MODUL IPS BERBASIS NILAI-NILAI KARAKTER UNTUK KELAS IV SEKOLAH DASAR Islami Junisa Ilahi1, Yulfia Nora1 1Program Studi Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Bung Hatta Email: ilahiislami@gmail.com ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan modul IPS berbasis nilai-nilai karakter untuk kelas IV SD Negeri 06 Padang Birik-birik yang memenuhi kriteria valid dan praktis. Sebagai penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D) dengan menggunakan model ADDIE (analisys, design, development, implemantation, dan evaluation), instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner/angket yang terdiri dari angket validasi aspek materi, bahasa, dan desain, serta angket praktikalitas untuk guru dan siswa. Validasi dilakukan oleh 3 orang dosen validator, yaitu validator aspek materi, aspek bahasa dan aspek desain. Pada proses praktikalitas, modul diujicobakan oleh 1 orang guru dan 27 siswa kelas IV SD. Berdasarkan validasi modul oleh validator pada masing-masing aspek diperoleh nilai yaitu aspek materi 84,21%, aspek bahasa 90,62 %, dan aspek desain 93,33%, dengan total 89,38%. Sementara itu, nilai praktikalitas oleh guru adalah 85% dan nilai praktikalitas oleh siswa adalah 90,24%. Atas dasar itu dapat diartikan bahwa pengembangan modul IPS berbasis nilai-nilai karakter untuk kelas IV sekolah dasar telah valid dan praktis, sehingga dapat digunakan sebagai sumber belajar oleh siswa maupun guru. Kata Kunci: Pengembangan, Modul, Nilai-nilai Karakter

Referensi

Christina, L. V., & Kristin, F. (2016). Efektivitas Model Pembelajaran Tipe Group Investigation (IG) dan Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) dalam Meningkatkan Kreativitas Berpikir Kritis dan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas 4. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 6 (3) 217- 230.

Setyadi, A., & Saefudin, A. A. (2019). Pengembangan Modul Matematika dengan Model Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Siswa Kelas VII SMP, Pythagoras: Jurnal Pendidikan Matematika, 14 (1), 12-22.

Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenamedia Group.

Alfurqan, A., Tamrin, M., Trinova, Z., & Zuhdiyah, Z. (2019). The problematics of Islamic religious education teacher in using of instructional media at SD Negeri 06 Pancung Soal Pesisir Selatan. Al-Ta Lim Journal, Volume 26, Number 1, February, 2019, Page 56-64

Alfurqan, A., Tamrin, M., Trinova, Z. (2021). Implementation Of Problem Solving Methods in The Learning of Slamic Religious Education (PAI) Students of Class VI Elementary School. Jurnal CERDAS Proklamator, Vol. 9, No. 1, Edisi Juni 2021, Hal.53-59

Alfurqan, A., Trinova, Z., Tamrin, M., & Khairat, A (2020). Membangun Sebuah Pengajaran Filosofi Personal: Konsep dari Pengembangan dan Pendidikan Dasar. Jurnal Tarbiyah al-Awlad, Volume 10, Nomor 2, 2020, Page 213-222

Kristiantari, Rini. 2014. Analisis Kesiapan Guru Sekolah Dasar dalam Mengimplementasikan Pembelajaran Tematik Integratif Menyongsong Kurikulum 2013. Jurnal Pendidikan Indonesia. Vol.3. No.2.Hlm.460-470

Kurniati, Annisah. 2016. Pengembangan Modul Matematika Berbasis Konstektual Terintegrasi Ilmu Keislaman.Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Vol.4. No.1. Hlm. 43-58

Tamrin, M., Amrina, Z., Arifin., E. (2014). Problematika Pemanfaatan Media Pembelajaran di SD 29 Ganting Utara Kecamatan Padang Timur Kota Padang. Jurnal Cerdas Proklamator, Volume 2, Nomor 2, Desember, 2014, Halaman 114-132

Tamrin, M., Azkiya, H., & Sari, S. (2017). Problems faced by the teacher in maximizing the use of learning media in Padang. Al-Ta Lim Journal, Volume 24, Number 1, February, 2017, Page 60-66

Tamrin, M., Nurman, R. (2021). Development of IPS Learning Module with Contextual Teaching and Approach Learning for Class IV SD Students. Jurnal CERDAS Proklamator, Vol. 9, No. 1, Edisi Juni 2021, M. Tamrin, Hal.45-52

Trianto. 2009. Mendesain Model PembelajaranInovatif- Progresif :Konsep, Landasan, dan Implementasinya Pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana.

Yusuf. (2017). Metode Penelitian : Kuantitatif, Kualitatif & Penelitian Gabungan. Jakarta: Prenadamediaa Group.

##submission.additionalFiles##

Diterbitkan

2022-08-01