Development of Kosica 3D Media (Light Properties Box) in Class IV Science Learning at 26 Sigiran Public Elementary School, Agam Regency

Penulis

  • Meisya Magyaroza Universitas Bung Hatta
  • Siska Angreni Universitas Bung Hatta

Abstrak

PENGEMBANGAN MEDIA 3D KOSICA ( KOTAK SIFAT CAHAYA ) DALAM PEMBELAJARAN IPA KELAS IV DI SEKOLAH DASAR NEGERI 26 SIGIRAN KABUPATEN AGAM Meisya Magyaroza1, Siska Angreni1 1 Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Bung Hatta e-mail : rozameisya13@gmail.com ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk (1) Menghasilkan media pembelajaran 3 dimensi Kosica ( kotak sifat cahaya ) yang memenuhi kriteria valid, (2) Menghasilkan media pembel ajaran 3 dimensi kosica ( kotak sifat cahaya ) yang memenuhi kriteria praktis. Jenis penelitian yang di gunakan adalah Pengembangan Reasearch and Development ( R&D ) Prosedur penelitian model ADDIE dengan model analysis, design, development, implementation, dan evaluation yang di modifikasi hanya sampai pada tahap Implementation. Teknik pengumpulan data yang di lakukan adalah wawancara dan kuisioner/angket. Berdasarkan hasil validasi media kosica ( kotak sifat cahaya ) dari pakar di simpulkan bahwa Media 3 dimensi kosica ( kotak sifat cahaya ) termasuk dalam kategori “ valid “ dengan rata-rata 0,73, validator bahasa 0,77, validator materi 0,70, dan validator media 0,71. Media kosica yang telah di kembangkan di kategorikan “ sangat praktis “ dengan nilai dari pendidik 95,55% dan peserta didik 90,94%. Hal ini menunjukan bahwa media 3 dimensi kosica ( kotak sifat cahaya ) dalam pembelajaran IPA kelas IV SD yang di hasilkan sudah “ valid “ dan “ sangat praktis “ sehingga dapat di gunakan dalam pembelajaran IPA kelas IV di Sekolah Dasar. Kata Kunci : Pengembangan, Media 3D Kosica, Pembelajaran IPA

Referensi

Arsyad, Azhar. 2014. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers Arsyad.

Daryanto. (2016). Media Pembelajaran. Bandung: Sarana Tutorial Nurani Sejahtera.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Susilana ,R.& Cepi Riyana.2007.Media Pembelajaran. Bandung: CV Wacana Prima

Wisudawati, dkk. 2015. Metodologi Pembelajaran IPA. Jakarta: Bumi Aksara

Alfurqan, A., Tamrin, M., Trinova, Z., & Zuhdiyah, Z. (2019). The problematics of Islamic religious education teacher in using of instructional media at SD Negeri 06 Pancung Soal Pesisir Selatan. Al-Ta Lim Journal, Volume 26, Number 1, February, 2019, Page 56-64

Alfurqan, A., Tamrin, M., Trinova, Z. (2021). Implementation Of Problem Solving Methods in The Learning of Slamic Religious Education (PAI) Students of Class VI Elementary School. Jurnal CERDAS Proklamator, Vol. 9, No. 1, Edisi Juni 2021, Hal.53-59

Alfurqan, A., Trinova, Z., Tamrin, M., & Khairat, A (2020). Membangun Sebuah Pengajaran Filosofi Personal: Konsep dari Pengembangan dan Pendidikan Dasar. Jurnal Tarbiyah al-Awlad, Volume 10, Nomor 2, 2020, Page 213-222

Kristiantari, Rini. 2014. Analisis Kesiapan Guru Sekolah Dasar dalam Mengimplementasikan Pembelajaran Tematik Integratif Menyongsong Kurikulum 2013. Jurnal Pendidikan Indonesia. Vol.3. No.2.Hlm.460-470

Kurniati, Annisah. 2016. Pengembangan Modul Matematika Berbasis Konstektual Terintegrasi Ilmu Keislaman.Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Vol.4. No.1. Hlm. 43-58

Tamrin, M., Amrina, Z., Arifin., E. (2014). Problematika Pemanfaatan Media Pembelajaran di SD 29 Ganting Utara Kecamatan Padang Timur Kota Padang. Jurnal Cerdas Proklamator, Volume 2, Nomor 2, Desember, 2014, Halaman 114-132

Tamrin, M., Azkiya, H., & Sari, S. (2017). Problems faced by the teacher in maximizing the use of learning media in Padang. Al-Ta Lim Journal, Volume 24, Number 1, February, 2017, Page 60-66

Tamrin, M., Nurman, R. (2021). Development of IPS Learning Module with Contextual Teaching and Approach Learning for Class IV SD Students. Jurnal CERDAS Proklamator, Vol. 9, No. 1, Edisi Juni 2021, M. Tamrin, Hal.45-52

Trianto. 2009. Mendesain Model PembelajaranInovatif- Progresif :Konsep, Landasan, dan Implementasinya Pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana.

Yusuf. (2017). Metode Penelitian : Kuantitatif, Kualitatif & Penelitian Gabungan. Jakarta: Prenadamediaa Group.

##submission.additionalFiles##

Diterbitkan

2022-08-01