Development of Realistic Mathematics Education (RME)-Based Mathematics Learning Module on Class V Classroom Building Materials at SD Negeri 08 Surau Gadang Padang

Penulis

  • Nadia Adheline Universitas Bung Hatta
  • Syafni Sari Universitas Bung Hatta

Abstrak

PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) PADA MATERI BANGUN RUANG KELAS V SD NEGERI 08 SURAU GADANG PADANG Nadia Adheline1, Syafni Gustina Sari1 1Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Bung Hatta Email : nadyaadheline99@gmail.com ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan modul Matematika berbasis Realistic Mathematics Education pada materi Bangun Ruang kelas V SD Negeri 08 Surau Gadang yang memenuhi kriteria valid dan praktis. Jenis penelitian adalah penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D). Model penelitian pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan 3-D yaitu define, design, dan develop. Penelitian ini dilakukan semester genap tahun ajaran 2021/2022. Instrumen penelitian meliputi lembar validasi, dan lembar praktikalitas (angket respon guru dan angket respon siswa). Pada proses validasi, modul di validasi oleh 1 orang ahli materi, 1 orang ahli desain dan 1 orang ahli bahasa. Pada proses praktikalitas, modul diujicobakan oleh 1 orang guru dan 27 orang peserta didik. Berdasarkan hasil penelitian pengembangan modul pembelajaran Matematika berbasis Realistic Mathematics Education pada materi bangun ruang kelas V SD dihasilkan modul yang memenuhi kriteria valid dengan persentase rata-rata penilaian sebesar 84,93%, memenuhi kriteria sangat praktis dengan persentase rata-rata penilaian sebesar 90,72%. Jadi, dapat disimpulkan bahwa modul pembelajaran Matematika berbasis Realistic Mathematics Education kelas V SD valid dan praktis digunakan sebagai salah satu sumber dalam pembelajaran Matematika di kelas V SD. Kata Kunci : Modul Matematika, Realistic Mathematics Education, Bangun Ruang.

Referensi

Daryanto. (2013). Menyusun Modul (Bahan Ajar untuk Persiapan Guru dalam Mengajar).Yogyakarta:Gava Media.

Isrok’atun & Amelia Rosmala. (2018). Model Model Pembelajaran Matematika. Jakarta: Bumi Aksara.

Sugiyono.(2015). Metode penelitian dan pengembangan Research and development.Bandung:Alfabeta

Alfurqan, A., Tamrin, M., Trinova, Z., & Zuhdiyah, Z. (2019). The problematics of Islamic religious education teacher in using of instructional media at SD Negeri 06 Pancung Soal Pesisir Selatan. Al-Ta Lim Journal, Volume 26, Number 1, February, 2019, Page 56-64

Alfurqan, A., Tamrin, M., Trinova, Z. (2021). Implementation Of Problem Solving Methods in The Learning of Slamic Religious Education (PAI) Students of Class VI Elementary School. Jurnal CERDAS Proklamator, Vol. 9, No. 1, Edisi Juni 2021, Hal.53-59

Alfurqan, A., Trinova, Z., Tamrin, M., & Khairat, A (2020). Membangun Sebuah Pengajaran Filosofi Personal: Konsep dari Pengembangan dan Pendidikan Dasar. Jurnal Tarbiyah al-Awlad, Volume 10, Nomor 2, 2020, Page 213-222

Kristiantari, Rini. 2014. Analisis Kesiapan Guru Sekolah Dasar dalam Mengimplementasikan Pembelajaran Tematik Integratif Menyongsong Kurikulum 2013. Jurnal Pendidikan Indonesia. Vol.3. No.2.Hlm.460-470

Kurniati, Annisah. 2016. Pengembangan Modul Matematika Berbasis Konstektual Terintegrasi Ilmu Keislaman.Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Vol.4. No.1. Hlm. 43-58

Tamrin, M., Amrina, Z., Arifin., E. (2014). Problematika Pemanfaatan Media Pembelajaran di SD 29 Ganting Utara Kecamatan Padang Timur Kota Padang. Jurnal Cerdas Proklamator, Volume 2, Nomor 2, Desember, 2014, Halaman 114-132

Tamrin, M., Azkiya, H., & Sari, S. (2017). Problems faced by the teacher in maximizing the use of learning media in Padang. Al-Ta Lim Journal, Volume 24, Number 1, February, 2017, Page 60-66

Tamrin, M., Nurman, R. (2021). Development of IPS Learning Module with Contextual Teaching and Approach Learning for Class IV SD Students. Jurnal CERDAS Proklamator, Vol. 9, No. 1, Edisi Juni 2021, M. Tamrin, Hal.45-52

Trianto. 2009. Mendesain Model PembelajaranInovatif- Progresif :Konsep, Landasan, dan Implementasinya Pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana.

Yusuf. (2017). Metode Penelitian : Kuantitatif, Kualitatif & Penelitian Gabungan. Jakarta: Prenadamediaa Group.

##submission.additionalFiles##

Diterbitkan

2022-08-01