DEVELOPMENT OF IPA LEARNING MODULE BASED ON CONSTRUCTIVE APPROACH IN CLASS V SD NEGERI 24 PARUPUK TABING

Penulis

  • Resti Mandayana Universitas Bung Hatta
  • Enjoni Universitas Bung Hatta
  • Syafni Sari Universitas Bung Hatta

Abstrak

PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN IPA BERBASIS PENDEKATAN KONTRUKTIVISME DI KELAS V SD NEGERI 24 PARUPUK TABING Resti Mandayana1, Enjoni1, Syafni Gustina Sari1 1Program Studi Pendidikan Guru SekolahDasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Bung Hatta E-mail : restimandayana@gmail.com ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menghasilkan produk berupa modul pembelajaran IPA berbasis pendekatan Kontruktivisme pada tema 6 untuk siswa kelas V yang memenuhi kriteria valid dan praktis. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (Penelitian dan pengembangan). Dengan menggunakan model 3-D yaitu terdiri dari tahap define, design, and development. Instrument penelitian ini dilakukan pada 20 orang siswa kelas V semester genap tahun ajaran 2020/2021. Validator angket terdiri dari 1 orang ahli materi, 1 orang ahli bahasa, dan 1 orang ahli desain. Berdasarkan hasil penelitian, validasi modul yang dilakukan dari aspek materi IPA memperoleh 87,50% dengan kategori valid, dari aspek bahasa memperoleh 85,00% dengan kategori valid, dari aspek desain memperoleh nilai 83,00% dengan kategori valid. Dilihat rata-rata skor penilaian modul pembelajaran IPA berbasis pendekatan Kontruktivisme pada tema 6 untuk siswa kelas V yang memperoleh secara keseluruhan yaitu 85,17% dengan kategori valid. Sedangkan uji praktikalitas terdiri dari 1 orang guru dan 20 orang siswa, dari hasil praktikalitas oleh guru memperoleh hasil 88,50% dengan kriteria praktis, dan dari hasil praktikalitas oleh siswa diperoleh presentase hasil 89,82% dengan kriteria praktis. Dari hasil penelitian ini disimpulkan bahwa modul pembelajaran IPA berbasis pendekatan Kontruktivisme yang dihasilkan valid dan praktis digunakan sebagai salah satu alternatif bahan ajar sehingga siswa mampu belajar dengan baik tanpa bimbingan guru maupun dengan bimbingan guru. . Kata Kunci: Pengembangan Modul, IPA , Kontruktivisme

Referensi

Alfurqan, A., Tamrin, M., Trinova, Z., & Zuhdiyah, Z. (2019). The problematics of Islamic religious education teacher in using of instructional media at SD Negeri 06 Pancung Soal Pesisir Selatan. Al-Ta Lim Journal, Volume 26, Number 1, February, 2019, Page 56-64

Alfurqan, A., Tamrin, M., Trinova, Z. (2021). Implementation Of Problem Solving Methods in The Learning of Slamic Religious Education (PAI) Students of Class VI Elementary School. Jurnal CERDAS Proklamator, Vol. 9, No. 1, Edisi Juni 2021, Hal.53-59

Alfurqan, A., Trinova, Z., Tamrin, M., & Khairat, A (2020). Membangun Sebuah Pengajaran Filosofi Personal: Konsep dari Pengembangan dan Pendidikan Dasar. Jurnal Tarbiyah al-Awlad, Volume 10, Nomor 2, 2020, Page 213-222

Kristiantari, Rini. 2014. Analisis Kesiapan Guru Sekolah Dasar dalam Mengimplementasikan Pembelajaran Tematik Integratif Menyongsong Kurikulum 2013. Jurnal Pendidikan Indonesia. Vol.3. No.2.Hlm.460-470

Kurniati, Annisah. 2016. Pengembangan Modul Matematika Berbasis Konstektual Terintegrasi Ilmu Keislaman.Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Vol.4. No.1. Hlm. 43-58

Tamrin, M., Amrina, Z., Arifin., E. (2014). Problematika Pemanfaatan Media Pembelajaran di SD 29 Ganting Utara Kecamatan Padang Timur Kota Padang. Jurnal Cerdas Proklamator, Volume 2, Nomor 2, Desember, 2014, Halaman 114-132

Tamrin, M., Azkiya, H., & Sari, S. (2017). Problems faced by the teacher in maximizing the use of learning media in Padang. Al-Ta Lim Journal, Volume 24, Number 1, February, 2017, Page 60-66

Tamrin, M., Nurman, R. (2021). Development of IPS Learning Module with Contextual Teaching and Approach Learning for Class IV SD Students. Jurnal CERDAS Proklamator, Vol. 9, No. 1, Edisi Juni 2021, M. Tamrin, Hal.45-52

Trianto. 2009. Mendesain Model PembelajaranInovatif- Progresif :Konsep, Landasan, dan Implementasinya Pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana.

Yusuf. (2017). Metode Penelitian : Kuantitatif, Kualitatif & Penelitian Gabungan. Jakarta: Prenadamediaa Group.

##submission.additionalFiles##

Diterbitkan

2022-08-01