Development of Student Worksheets (LKPD) Based on Realistic Mathematics Education (RME) on Operational Material for Counting Whole Numbers for Grade IV Students of 54 Airborne Elementary Schools

Penulis

  • Sara Lailatul Kadar Universitas Bung Hatta
  • Ira Jusar Universitas Bung Hatta

Abstrak

PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) PADA MATERI OPERASI HITUNG BILANGAN CACAH UNTUK SISWA KELAS IV SD NEGERI 54 ANAK AIR 〖Sara Lailatul Kadar〗^1, 〖Ira Rahmayuni Jusar〗^1 〖^1〗Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan Universitas Bung Hatta e-mail :saralailatul05@gmail.com ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Realistic Mathematics Education (RME ) yang valid dan praktis pada materi operasi hitung bilangan cacah untuk siswa kelas IV SD. Jenis penelitian adalah penelitian pengembangan atau Research and Development ( R & D). Prosedur pengembangan menggunakan model pengembangan 4-D yang dibatasi menjadi 3-D. Tahapan yang dilakukan define, design dan develop. Validator angket validitas dilakukan oleh 3 orang dosen Universitas Bung Hatta serta praktikalitas dilakukan oleh guru dan 21 siswa kelas IV SD Negeri 54 Anak Air.Data untuk validitas diperoleh dari hasil lembar validasi tiga orang validator.Validitas LKPD meliputi tiga aspek yaitu aspek materi, aspek bahasa dan aspek desain. Berdasarkan hasil validasi oleh validator, LKPD yang dikembangkan mendapatkan persentase 85,53% dengan kriteria valid baik dari aspek materi, aspek bahasa dan aspek desain. Hasil praktikalitas guru mendapatkan nilai 83,33% dan siswa persentasenya 94,08% dengan kriteria sangat praktis dari aspek kemudahaan pengguna, efektivitas waktu pembelajaran, manfaat dan minat siswa. Hal ini menunjukkan LKPD Berbasis Realistic Mathematics Education (RME) untuk kelas IV SD Negeri 54 Anak Air valid dan sangat praktis untuk digunakan dalam pembelajaran matematika untuk siswa kelas IV. Kata Kunci : LKPD, Realistic Mathematics Education, Bilangan Cacah

Referensi

Dhesy Adhalia dan Gunanto. 2016. Matematika untuk SD/MI Kelas IV.Jakarta. Gelora Aksara Pratama.

Susanto, Ahmad. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta:Kencana

Sam. (2017). Penerapan Pendekatan Matematika Realistik (PMR) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V Al-Azim SDIT Raudhatur Rahmah Pekanbaru. Jurnal Basicedu,2(1),49-56.

Alfurqan, A., Tamrin, M., Trinova, Z., & Zuhdiyah, Z. (2019). The problematics of Islamic religious education teacher in using of instructional media at SD Negeri 06 Pancung Soal Pesisir Selatan. Al-Ta Lim Journal, Volume 26, Number 1, February, 2019, Page 56-64

Alfurqan, A., Tamrin, M., Trinova, Z. (2021). Implementation Of Problem Solving Methods in The Learning of Slamic Religious Education (PAI) Students of Class VI Elementary School. Jurnal CERDAS Proklamator, Vol. 9, No. 1, Edisi Juni 2021, Hal.53-59

Alfurqan, A., Trinova, Z., Tamrin, M., & Khairat, A (2020). Membangun Sebuah Pengajaran Filosofi Personal: Konsep dari Pengembangan dan Pendidikan Dasar. Jurnal Tarbiyah al-Awlad, Volume 10, Nomor 2, 2020, Page 213-222

Kristiantari, Rini. 2014. Analisis Kesiapan Guru Sekolah Dasar dalam Mengimplementasikan Pembelajaran Tematik Integratif Menyongsong Kurikulum 2013. Jurnal Pendidikan Indonesia. Vol.3. No.2.Hlm.460-470

Kurniati, Annisah. 2016. Pengembangan Modul Matematika Berbasis Konstektual Terintegrasi Ilmu Keislaman.Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Vol.4. No.1. Hlm. 43-58

Tamrin, M., Amrina, Z., Arifin., E. (2014). Problematika Pemanfaatan Media Pembelajaran di SD 29 Ganting Utara Kecamatan Padang Timur Kota Padang. Jurnal Cerdas Proklamator, Volume 2, Nomor 2, Desember, 2014, Halaman 114-132

Tamrin, M., Azkiya, H., & Sari, S. (2017). Problems faced by the teacher in maximizing the use of learning media in Padang. Al-Ta Lim Journal, Volume 24, Number 1, February, 2017, Page 60-66

Tamrin, M., Nurman, R. (2021). Development of IPS Learning Module with Contextual Teaching and Approach Learning for Class IV SD Students. Jurnal CERDAS Proklamator, Vol. 9, No. 1, Edisi Juni 2021, M. Tamrin, Hal.45-52

Trianto. 2009. Mendesain Model PembelajaranInovatif- Progresif :Konsep, Landasan, dan Implementasinya Pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana.

Yusuf. (2017). Metode Penelitian : Kuantitatif, Kualitatif & Penelitian Gabungan. Jakarta: Prenadamediaa Group.

##submission.additionalFiles##

Diterbitkan

2022-08-01