LKPD development using a Project based Learning Model on the distribution of materials for class II SDN 29 Rantau Batu Pasar Punggasan

Penulis

  • Saskia Anggraini Neldi Universitas Bung Hatta
  • Arlina Yuza Universitas Bung Hatta

Abstrak

PENGEMBANGAN LKPD DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING PADA MATERI PEMBAGIAN UNTUK SISWA KELAS II SDN 29 RANTAU BATU PASAR PUNGGASAN Saskia Anggraini Neldi1, Arlina Yuza1 1Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Bung Hatta Email : saskiaanggraini93@gmail.com Penelitian ini di latar belakangi oleh belum adanya ketersediaan LKPD pembelajaran matematika berbasis Project Based Learning. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan LKPD pembelajaran matematika berbasis Project Based Learning untuk siswa kelas II SD Negeri 29 Rantau Batu Pasar Punggasan yang memenuhi kriteria valid dan praktis. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D). Model pengembangan menggunakan 4-D yang dimodifikasi menjadi 3-D. Tahapan yang dilakukan adalah define, design, dan develop. Penelitian ini dilakukan pada semester genap tahun ajaran 2021/2022 pada materi pembagian KD 3. 4. Pada proses validasi, LKPD divalidasi oleh 3 orang dosen validator, yaitu validator ahli materi, ahli bahasa dan ahli desain. Data untuk validitas diperoleh dari hasil lembar validasi yang telah dinilai oleh validator ahli materi 86,5%, ahli bahasa 86,3%, dan ahli desain 94,4%, sehingga rata-rata keseluruhan nilai validitas dari tiga orang dosen ahli 89,06% dengan kriteria valid. Pada proses praktikalitas, LKPD diujicobakan oleh 1 orang guru dan 17 siswa kelas II SD Negeri 29 Rantau Batu Pasar Punggasan. Data untuk praktikalitas diperoleh dari lembar praktikalitas (angket respon guru dan siswa) yang mendapatkan nilai praktikalitas oleh guru 95,4% dan praktiklitas siswa 89%, sehingga rata-rata praktikalitas oleh guru dan siswa 92,2% dengan kriteria sangat praktis. Hal ini menunjukkan bahwa LKPD pembelajaran matematika berbasis Project Based Learning pada siswa kelas II SD Negeri 29 Rantau Batu Pasar Punggasan valid dan sangat praktis dan dapat digunakan sebagai sumber belajar atau bahan ajar untuk siswa maupun guru. Kata kunci : lkpd, pembelajaran matematika, project based learning

Referensi

Afriana, Jaka. (2015). Project Based Learning (PjBL). Makalah Sekolah Pascaserjana. Universitas Pendidikan Indonesia Bandung.

Putra, A., Hendra, S.,Zulfah. (2018). Validitas Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Penemuan Terbimbing dalam Upaya Tingkatan Pemahaman Konsep dan Kemampuan Penalaran Matematis. Jurnal Riset Matematika.1 (2).59.

Silaban, Saronom. 2017. Dasar-Dasar Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Medan : Harapan Cerdas Publisher.

Trianto. 2015. Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta. Bumi Aksara.

Alfurqan, A., Tamrin, M., Trinova, Z., & Zuhdiyah, Z. (2019). The problematics of Islamic religious education teacher in using of instructional media at SD Negeri 06 Pancung Soal Pesisir Selatan. Al-Ta Lim Journal, Volume 26, Number 1, February, 2019, Page 56-64

Alfurqan, A., Tamrin, M., Trinova, Z. (2021). Implementation Of Problem Solving Methods in The Learning of Slamic Religious Education (PAI) Students of Class VI Elementary School. Jurnal CERDAS Proklamator, Vol. 9, No. 1, Edisi Juni 2021, Hal.53-59

Alfurqan, A., Trinova, Z., Tamrin, M., & Khairat, A (2020). Membangun Sebuah Pengajaran Filosofi Personal: Konsep dari Pengembangan dan Pendidikan Dasar. Jurnal Tarbiyah al-Awlad, Volume 10, Nomor 2, 2020, Page 213-222

Kristiantari, Rini. 2014. Analisis Kesiapan Guru Sekolah Dasar dalam Mengimplementasikan Pembelajaran Tematik Integratif Menyongsong Kurikulum 2013. Jurnal Pendidikan Indonesia. Vol.3. No.2.Hlm.460-470

Kurniati, Annisah. 2016. Pengembangan Modul Matematika Berbasis Konstektual Terintegrasi Ilmu Keislaman.Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Vol.4. No.1. Hlm. 43-58

Tamrin, M., Amrina, Z., Arifin., E. (2014). Problematika Pemanfaatan Media Pembelajaran di SD 29 Ganting Utara Kecamatan Padang Timur Kota Padang. Jurnal Cerdas Proklamator, Volume 2, Nomor 2, Desember, 2014, Halaman 114-132

Tamrin, M., Azkiya, H., & Sari, S. (2017). Problems faced by the teacher in maximizing the use of learning media in Padang. Al-Ta Lim Journal, Volume 24, Number 1, February, 2017, Page 60-66

Tamrin, M., Nurman, R. (2021). Development of IPS Learning Module with Contextual Teaching and Approach Learning for Class IV SD Students. Jurnal CERDAS Proklamator, Vol. 9, No. 1, Edisi Juni 2021, M. Tamrin, Hal.45-52

Trianto. 2009. Mendesain Model PembelajaranInovatif- Progresif :Konsep, Landasan, dan Implementasinya Pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana.

Yusuf. (2017). Metode Penelitian : Kuantitatif, Kualitatif & Penelitian Gabungan. Jakarta: Prenadamediaa Group.

##submission.additionalFiles##

Diterbitkan

2022-08-01