Development of LKPD Using The Project Based Learning Model On Data Collection and Presentation MaterialsClass IV SDN 10 ULAKAN TAPAKIS

Penulis

  • Sintia Murni Afnita Universitas Bung Hatta
  • Susi Herawati Universitas Bung Hatta

Abstrak

PENGEMBANGAN LKPD DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING PADA MATERI PENGUMPULAN DAN PENYAJIAN DATA KELAS IV SDN 10 ULAKAN TAPAKIS Sintia Murni Afnita1, Susi Herawati1 1Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Bung Hatta Email : afnitasintiamurni@gmail.com ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar berupa LKPD pada materi pengumpulan dan penyajian data dengan menggunakan model pembelajaran project based learning, kelas IV di SDN 10 Ulakan Tapakis. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and Development) dengan model penelitian yang digunakan adalah tipe 4-D yaitu define, design,development, dan disseminate. Penelitian ini dibatasi hanya 3-D yaitu sampai di tahap development dikarenakan keterbatasan waktu. Penelitian ini dilakukan pada semester 2 tahun ajaran 2021/2022 dengan materi pengumpulan dan penyajian data. Proses validasi, LKPD divalidasi oleh 3 orang dosen (ahli materi, ahli bahasa, dan ahli desain). Pada proses praktikalitas, LKPD diuji coba kepada 1 orang guru dan 20 orang peserta didik. Pada tahap validasi LKPD dengan model project based learning memenuhi kriteria sangat valid dengan presentase rata-rata 94,16% dengan rincian pada aspek materi 87,5%, aspek bahasa 95% dan aspek desain 100%. Pada tahap praktikalitas, LKPD dengan model project based learning termasuk kriteria sangat praktis dengan rata-rata presentase 96% dengan rincian angket respon guru 96% dan angket respon peserta didik 96%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa LKPD pada materi pengumpulan dan penyajian data menggunakan model pembelajaran project based learning memenuhi kriteria sangat valid dan sangat praktis untuk digunakan sebagai salah satu bahan ajar dalam pembelajaran matematika khususnya bagi siswa kelas IV di Sekolah Dasar. Kata Kunci : Pengembangan, LKPD, Project Based Learning

Referensi

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian dan Pengembangan Research and Development. Bandung: Alfabeta.

Wandini, Rora Rizki. (2019) Pembelajaran Matematika Untuk Calon Guru MI/SD. Medan: CV Widya Puspita.

Alfurqan, A., Tamrin, M., Trinova, Z., & Zuhdiyah, Z. (2019). The problematics of Islamic religious education teacher in using of instructional media at SD Negeri 06 Pancung Soal Pesisir Selatan. Al-Ta Lim Journal, Volume 26, Number 1, February, 2019, Page 56-64

Alfurqan, A., Tamrin, M., Trinova, Z. (2021). Implementation Of Problem Solving Methods in The Learning of Slamic Religious Education (PAI) Students of Class VI Elementary School. Jurnal CERDAS Proklamator, Vol. 9, No. 1, Edisi Juni 2021, Hal.53-59

Alfurqan, A., Trinova, Z., Tamrin, M., & Khairat, A (2020). Membangun Sebuah Pengajaran Filosofi Personal: Konsep dari Pengembangan dan Pendidikan Dasar. Jurnal Tarbiyah al-Awlad, Volume 10, Nomor 2, 2020, Page 213-222

Kristiantari, Rini. 2014. Analisis Kesiapan Guru Sekolah Dasar dalam Mengimplementasikan Pembelajaran Tematik Integratif Menyongsong Kurikulum 2013. Jurnal Pendidikan Indonesia. Vol.3. No.2.Hlm.460-470

Kurniati, Annisah. 2016. Pengembangan Modul Matematika Berbasis Konstektual Terintegrasi Ilmu Keislaman.Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Vol.4. No.1. Hlm. 43-58

Tamrin, M., Amrina, Z., Arifin., E. (2014). Problematika Pemanfaatan Media Pembelajaran di SD 29 Ganting Utara Kecamatan Padang Timur Kota Padang. Jurnal Cerdas Proklamator, Volume 2, Nomor 2, Desember, 2014, Halaman 114-132

Tamrin, M., Azkiya, H., & Sari, S. (2017). Problems faced by the teacher in maximizing the use of learning media in Padang. Al-Ta Lim Journal, Volume 24, Number 1, February, 2017, Page 60-66

Tamrin, M., Nurman, R. (2021). Development of IPS Learning Module with Contextual Teaching and Approach Learning for Class IV SD Students. Jurnal CERDAS Proklamator, Vol. 9, No. 1, Edisi Juni 2021, M. Tamrin, Hal.45-52

Trianto. 2009. Mendesain Model PembelajaranInovatif- Progresif :Konsep, Landasan, dan Implementasinya Pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana.

Yusuf. (2017). Metode Penelitian : Kuantitatif, Kualitatif & Penelitian Gabungan. Jakarta: Prenadamediaa Group.

##submission.additionalFiles##

Diterbitkan

2022-08-01