Development of a Mathematics Module Based on an Indonesian Realistic Mathematics Education Approach in Class IV Elementary School 04 Pisang

Penulis

  • Suci Andriani Universitas Bung Hatta
  • Syafni Sari Universitas Bung Hatta

Abstrak

PENGEMBANGAN MODUL MATEMATIKA BERBASIS PENDEKATAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK INDONESIA PADA MATERI BANGUN DATAR KELAS IV SD NEGERI 04 PISANG Suci Andriani1, Syafni Gustina Sari1 1Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universits Bung Hatta e-mail: suciandriani023@gmail.com ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul Matematika berbasis pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia kelas IV SD Negeri 04 Pisang yang mememuhi kriteria valid dan praktis. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D). Prosedur pengembangan menggunakan 4-D yang dimodifikasi menjadi 3-D yaitu define, design, dan develop. Penelitian ini dilakukan semester genap tahun ajaran 2021/2022. Instrumen penelitian meliputi lembar validasi, dan lembar pratikalitas (angket respon guru dan peserta didik). Pada proses validasi, modul divalidasi oleh 1 orang ahli materi, dan 1 orang ahli desain. Pada proses pratikalitas, modul diujicobakan oleh 1 orang guru dan 28 orang peserta didik. Berdasarkan hasil penelitian, pengembangan modul matematika berbasis pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia kelas IV SD dihasilkan modul yang memenuhi kriteria sangat valid dengan persentase rata-rata sebesar 93,90%, memenuhi kriteria sangat praktis dengan persentase rata-rata sebesar 95,53%. Jadi, dapat disimpulkan bahwa modul Matematika berbasis pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia kelas IV SD valid, dan praktis digunakan sebagai salah satu sumber dalam pembelajaran Matematika di kelas IV SD. Kata Kunci : Modul Matematika, Pendidikan Matematika Realistik Indonesia, Bangun Datar

Referensi

Afandi, M., Chamalah, E., Wardani, O. P., & Gunarto, H. (2013). Model dan Metode Pembelajaran. Semarang: Unissula.

Daryanto, 2013. Menyusun Modul (Bahan Ajar untuk Persiapan Guru dalam Mengajar). Yogyakarta: Gava Media

Rahayu, N. (2015). Upaya meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika melalui model pembelajaran inkuiri siswa kelas VIIB SMP Negeri 3 Sentolo Universitas PGRI Yogyakarta.

Sugiyono. (2015). Metode penelitian kuantitaf, kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabet.

Alfurqan, A., Tamrin, M., Trinova, Z., & Zuhdiyah, Z. (2019). The problematics of Islamic religious education teacher in using of instructional media at SD Negeri 06 Pancung Soal Pesisir Selatan. Al-Ta Lim Journal, Volume 26, Number 1, February, 2019, Page 56-64

Alfurqan, A., Tamrin, M., Trinova, Z. (2021). Implementation Of Problem Solving Methods in The Learning of Slamic Religious Education (PAI) Students of Class VI Elementary School. Jurnal CERDAS Proklamator, Vol. 9, No. 1, Edisi Juni 2021, Hal.53-59

Alfurqan, A., Trinova, Z., Tamrin, M., & Khairat, A (2020). Membangun Sebuah Pengajaran Filosofi Personal: Konsep dari Pengembangan dan Pendidikan Dasar. Jurnal Tarbiyah al-Awlad, Volume 10, Nomor 2, 2020, Page 213-222

Kristiantari, Rini. 2014. Analisis Kesiapan Guru Sekolah Dasar dalam Mengimplementasikan Pembelajaran Tematik Integratif Menyongsong Kurikulum 2013. Jurnal Pendidikan Indonesia. Vol.3. No.2.Hlm.460-470

Kurniati, Annisah. 2016. Pengembangan Modul Matematika Berbasis Konstektual Terintegrasi Ilmu Keislaman.Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Vol.4. No.1. Hlm. 43-58

Tamrin, M., Amrina, Z., Arifin., E. (2014). Problematika Pemanfaatan Media Pembelajaran di SD 29 Ganting Utara Kecamatan Padang Timur Kota Padang. Jurnal Cerdas Proklamator, Volume 2, Nomor 2, Desember, 2014, Halaman 114-132

Tamrin, M., Azkiya, H., & Sari, S. (2017). Problems faced by the teacher in maximizing the use of learning media in Padang. Al-Ta Lim Journal, Volume 24, Number 1, February, 2017, Page 60-66

Tamrin, M., Nurman, R. (2021). Development of IPS Learning Module with Contextual Teaching and Approach Learning for Class IV SD Students. Jurnal CERDAS Proklamator, Vol. 9, No. 1, Edisi Juni 2021, M. Tamrin, Hal.45-52

Trianto. 2009. Mendesain Model PembelajaranInovatif- Progresif :Konsep, Landasan, dan Implementasinya Pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana.

Yusuf. (2017). Metode Penelitian : Kuantitatif, Kualitatif & Penelitian Gabungan. Jakarta: Prenadamediaa Group.

##submission.additionalFiles##

Diterbitkan

2022-08-01