Development of Contextual Teaching and Learning-Based Contextual-Based Mathematical Module Development for Class IV SDN 03 Alai Padang

Penulis

  • Yunica Sartika Universitas Bung Hatta
  • Syafni Sari Universitas Bung Hatta

Abstrak

PENGEMBANGAN MODUL MATEMATIKA BANGUN DATAR BERBASIS CONTEXTUAl TEACHING AND LEARNING UNTUK KELAS IV SDN 03 ALAI PADANG Yunica Sartika¹, Syafni Gustina Sari¹ ¹Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Bung Hatta e-mail : yunicasartika22@gmail.com ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar berupa modul pembelajaran matematika materi bangun datar berbasis contextual teaching and learning untuk peserta didik kelas IV SD yang valid dan praktis. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and Development) dengan model penelitian yang digunakan adalah tipe 4-D yaitu define, design, development dan dissemination. Pada penelitian ini dibatasi sampai tahap development. Penelitian ini dilakukan pada awal semester genap tahun ajaran 2021/2022. Instrument penelitian ini meliputi lembar validitas dan lembar praktikalitas. Pada proses validasi, modul divalidasi oleh 3 orang dosen (ahli materi, ahli bahasa, dan ahli desain). Pada proses praktikalitas, modul diujicobakan oleh 1 orang guru dan 28 orang peserta didik. Berdasarkan hasil penelitian, pengembangan modul matematika bangun datar berbasis contextual teaching and learning dihasilkan memenuhi kriteria sangat valid dengan persentase rata-rata validitas 90,09% dan memenuhi kriteria sangat praktis dengan persentase rata-rata praktikalitas 95,33%. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa modul matematika bangun datar berbasis contextual teaching and learning sangat valid dan sangat praktis digunakan sebagai salah satu bahan ajar untuk pembelajaran. Kata Kunci : Modul, Contextual Teaching and Learning, Bangun Datar

Referensi

Daryanto. 2013. Menyusun Modul (Bahan Ajar Untuk Persiapan Guru dalam Mengajar). Yogyakarta: Gava Media .

Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Pendidikan (Model Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2015. Metode penelitian & pengembangan research and development. Bandung: Alfabeta

Alfurqan, A., Tamrin, M., Trinova, Z., & Zuhdiyah, Z. (2019). The problematics of Islamic religious education teacher in using of instructional media at SD Negeri 06 Pancung Soal Pesisir Selatan. Al-Ta Lim Journal, Volume 26, Number 1, February, 2019, Page 56-64

Alfurqan, A., Tamrin, M., Trinova, Z. (2021). Implementation Of Problem Solving Methods in The Learning of Slamic Religious Education (PAI) Students of Class VI Elementary School. Jurnal CERDAS Proklamator, Vol. 9, No. 1, Edisi Juni 2021, Hal.53-59

Alfurqan, A., Trinova, Z., Tamrin, M., & Khairat, A (2020). Membangun Sebuah Pengajaran Filosofi Personal: Konsep dari Pengembangan dan Pendidikan Dasar. Jurnal Tarbiyah al-Awlad, Volume 10, Nomor 2, 2020, Page 213-222

Kristiantari, Rini. 2014. Analisis Kesiapan Guru Sekolah Dasar dalam Mengimplementasikan Pembelajaran Tematik Integratif Menyongsong Kurikulum 2013. Jurnal Pendidikan Indonesia. Vol.3. No.2.Hlm.460-470

Kurniati, Annisah. 2016. Pengembangan Modul Matematika Berbasis Konstektual Terintegrasi Ilmu Keislaman.Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Vol.4. No.1. Hlm. 43-58

Tamrin, M., Amrina, Z., Arifin., E. (2014). Problematika Pemanfaatan Media Pembelajaran di SD 29 Ganting Utara Kecamatan Padang Timur Kota Padang. Jurnal Cerdas Proklamator, Volume 2, Nomor 2, Desember, 2014, Halaman 114-132

Tamrin, M., Azkiya, H., & Sari, S. (2017). Problems faced by the teacher in maximizing the use of learning media in Padang. Al-Ta Lim Journal, Volume 24, Number 1, February, 2017, Page 60-66

Tamrin, M., Nurman, R. (2021). Development of IPS Learning Module with Contextual Teaching and Approach Learning for Class IV SD Students. Jurnal CERDAS Proklamator, Vol. 9, No. 1, Edisi Juni 2021, M. Tamrin, Hal.45-52

Trianto. 2009. Mendesain Model PembelajaranInovatif- Progresif :Konsep, Landasan, dan Implementasinya Pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana.

Yusuf. (2017). Metode Penelitian : Kuantitatif, Kualitatif & Penelitian Gabungan. Jakarta: Prenadamediaa Group.

##submission.additionalFiles##

Diterbitkan

2022-08-01