Development of Problem Based Learning (PBL) Mathematics Learning Modules on Fraction Materials for Class IV Students at SDN 03 Alai Padang.

Penulis

  • Maresya Darmanti Universitas Bung Hatta
  • Syafni Sari Universitas Bung Hatta

Abstrak

PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA MATERI PECAHAN SISWA KELAS IV SDN 03 ALAI PADANG 〖Maresya Darmanti〗^1, 〖Syafni Gustina Sari〗^1 1 Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Bung Hatta Email : mmaresya14@gmail.com ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan modul pembelajaran matematika berbasis Problem Based Learning (PBL) pada materi pecahan siswa kelas IV SD dengan kriteria valid dan praktis. Model penelitian pengembangan yang digunakan adalah tipe 4-D terdiri dari define, design, development dan disseminate. Pada penelitian ini hanya dibatasi sampai tahap development saja. Instrumen pengumpulan data ini menggunakan lembar validitas dan praktikalitas. Pada proses validasi modul divalidasi oleh tiga orang dosen. Pada proses praktikalitas, modul diujicobakan oleh satu orang guru dan 28 orang siswa. Berdasarkan hasil penelitian pengembangan modul pembelajaran matematika berbasis Problem Based Learning (PBL) pada materi pecahan siswa kelas IV, dinyatakan termasuk kriteria sangat valid dengan persentase rata-rata validitas 90,85% dan memenuhi kriteria sangat praktis dengan persentase rata-rata praktikalitas 93,58%. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa modul pembelajaran matematika berbasis Problem Based Learning (PBL) pada materi pecahan memenuhi kriteria sangat valid dan sangat praktis digunakan sebagai sumber belajar pembelajaran matematika kelas IV SD. Dari hasil penelitian ini dapat disarankan untuk digunakan dalam proses pembelajaran dengan sangat baik. Kata kunci : Modul Pembelajaran, Problem Based Learning (PBL), Pecahan

Referensi

Meliyanti., Nahdi, D. S., & Yonanda, D. A. (2019). Urgensi model discovery learning dalam pembelajaran matematika sekolah dasar. Jurnal Seminar Pendidikan FKIP UNMA (Nomor 4 tahun 2019), 556-563.

Sugiyono. (2015). metode penelitian & pengembangan reseacrh and development. Bandung : Alfabeta.

Alfurqan, A., Tamrin, M., Trinova, Z., & Zuhdiyah, Z. (2019). The problematics of Islamic religious education teacher in using of instructional media at SD Negeri 06 Pancung Soal Pesisir Selatan. Al-Ta Lim Journal, Volume 26, Number 1, February, 2019, Page 56-64

Alfurqan, A., Tamrin, M., Trinova, Z. (2021). Implementation Of Problem Solving Methods in The Learning of Slamic Religious Education (PAI) Students of Class VI Elementary School. Jurnal CERDAS Proklamator, Vol. 9, No. 1, Edisi Juni 2021, Hal.53-59

Alfurqan, A., Trinova, Z., Tamrin, M., & Khairat, A (2020). Membangun Sebuah Pengajaran Filosofi Personal: Konsep dari Pengembangan dan Pendidikan Dasar. Jurnal Tarbiyah al-Awlad, Volume 10, Nomor 2, 2020, Page 213-222

Kristiantari, Rini. 2014. Analisis Kesiapan Guru Sekolah Dasar dalam Mengimplementasikan Pembelajaran Tematik Integratif Menyongsong Kurikulum 2013. Jurnal Pendidikan Indonesia. Vol.3. No.2.Hlm.460-470

Kurniati, Annisah. 2016. Pengembangan Modul Matematika Berbasis Konstektual Terintegrasi Ilmu Keislaman.Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Vol.4. No.1. Hlm. 43-58

Tamrin, M., Amrina, Z., Arifin., E. (2014). Problematika Pemanfaatan Media Pembelajaran di SD 29 Ganting Utara Kecamatan Padang Timur Kota Padang. Jurnal Cerdas Proklamator, Volume 2, Nomor 2, Desember, 2014, Halaman 114-132

Tamrin, M., Azkiya, H., & Sari, S. (2017). Problems faced by the teacher in maximizing the use of learning media in Padang. Al-Ta Lim Journal, Volume 24, Number 1, February, 2017, Page 60-66

Tamrin, M., Nurman, R. (2021). Development of IPS Learning Module with Contextual Teaching and Approach Learning for Class IV SD Students. Jurnal CERDAS Proklamator, Vol. 9, No. 1, Edisi Juni 2021, M. Tamrin, Hal.45-52

Trianto. 2009. Mendesain Model PembelajaranInovatif- Progresif :Konsep, Landasan, dan Implementasinya Pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana.

Yusuf. (2017). Metode Penelitian : Kuantitatif, Kualitatif & Penelitian Gabungan. Jakarta: Prenadamediaa Group.

##submission.additionalFiles##

Diterbitkan

2022-08-01