Development of Interactive Powerpoint Learning Media based on Scientific Approach in Class IV Elementary School Class 06 Kampung Lapai Materials

Penulis

  • Nesta Olivia Universitas Bung Hatta
  • Syafni Sari Universitas Bung Hatta

Abstrak

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN POWERPOINT INTERAKTIF BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA MATERI BANGUN DATAR KELAS IV SD NEGERI 06 KAMPUNG LAPAI Nesta Olivia1, Syafni Gustina Sari1 1Progam Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Bung Hatta e-mail : nesta.200010@gmail.com ABSTRAK Penelitian ini di latarbelakangai oleh kurangnya interaksi guru dan siswa dalam proses pembelajaran matematika dikarenakan media yang digunakan guru belum menarik serta tidak interaktif sehingga siswa kesulitan dalam memahami materi pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengahasilkan media pembelajaran powerpoint interkatif berbasis pendekatan saintifik pada pembelajaran matematika materi bangun datar siswa kelas IV SD yang valid dan praktis. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and Development) dengan model penelitian yang digunakan adalah tipe ADDIE yaitu analysis, design, development, implementation dan evaluation. Pada penelitian ini dibatasi sampai pada tahap development. Penelitian ini dilakukan pada awal semester genap tahun ajaran 2021/2022. Instrumen penelitian meliputi lembar validitas dan lembar praktikalitas. Pada proses validasi, media divalidasi oleh 2 orang dosen (ahli materi dan ahli media). Pada proses praktikalitas, media diujicobakan oleh 1 orang guru dan 27 orang siswa. Berdasarkan hasil penelitian, pengembangan media pembelajaran Powerpoint interkatif berbasis pendekatan saintifik dihasilkan memenuhi kriteria sangat valid dengan presentase penilaian 91,66% dan memenuhi kriteria sangat praktis dengan presentase 93,9%. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran Powerpoint interkatif berbasis pendekatan saintifik sangat valid dan sangat praktis digunakan sebagai salah satu media pembelajaran. Kata Kunci : Media Pembelajaran, Powerpoint Interaktif, Pendekatan Saintifik, Pembelajaran Matematika

Referensi

Komariyah, dkk. (2018). Pengembangan media pembelajaran matematika siswa SMP berbasis android. Jurnal Kajian Pendidikan Matematika. Volume 4, Nomor 1. Hlm. 43-52.

Rusman (2017). Belajar dan Pembelajaran.Jakarta: Prenadamedia Group. Sugiyono. (2015). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung:

Alfabeta.

Sugiyono. (2019). Metode penelitian & pengembangan (research and development). Bandung: Alfabeta.

Alfurqan, A., Tamrin, M., Trinova, Z., & Zuhdiyah, Z. (2019). The problematics of Islamic religious education teacher in using of instructional media at SD Negeri 06 Pancung Soal Pesisir Selatan. Al-Ta Lim Journal, Volume 26, Number 1, February, 2019, Page 56-64

Alfurqan, A., Tamrin, M., Trinova, Z. (2021). Implementation Of Problem Solving Methods in The Learning of Slamic Religious Education (PAI) Students of Class VI Elementary School. Jurnal CERDAS Proklamator, Vol. 9, No. 1, Edisi Juni 2021, Hal.53-59

Alfurqan, A., Trinova, Z., Tamrin, M., & Khairat, A (2020). Membangun Sebuah Pengajaran Filosofi Personal: Konsep dari Pengembangan dan Pendidikan Dasar. Jurnal Tarbiyah al-Awlad, Volume 10, Nomor 2, 2020, Page 213-222

Kristiantari, Rini. 2014. Analisis Kesiapan Guru Sekolah Dasar dalam Mengimplementasikan Pembelajaran Tematik Integratif Menyongsong Kurikulum 2013. Jurnal Pendidikan Indonesia. Vol.3. No.2.Hlm.460-470

Kurniati, Annisah. 2016. Pengembangan Modul Matematika Berbasis Konstektual Terintegrasi Ilmu Keislaman.Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Vol.4. No.1. Hlm. 43-58

Tamrin, M., Amrina, Z., Arifin., E. (2014). Problematika Pemanfaatan Media Pembelajaran di SD 29 Ganting Utara Kecamatan Padang Timur Kota Padang. Jurnal Cerdas Proklamator, Volume 2, Nomor 2, Desember, 2014, Halaman 114-132

Tamrin, M., Azkiya, H., & Sari, S. (2017). Problems faced by the teacher in maximizing the use of learning media in Padang. Al-Ta Lim Journal, Volume 24, Number 1, February, 2017, Page 60-66

Tamrin, M., Nurman, R. (2021). Development of IPS Learning Module with Contextual Teaching and Approach Learning for Class IV SD Students. Jurnal CERDAS Proklamator, Vol. 9, No. 1, Edisi Juni 2021, M. Tamrin, Hal.45-52

Trianto. 2009. Mendesain Model PembelajaranInovatif- Progresif :Konsep, Landasan, dan Implementasinya Pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana.

Yusuf. (2017). Metode Penelitian : Kuantitatif, Kualitatif & Penelitian Gabungan. Jakarta: Prenadamediaa Group.

##submission.additionalFiles##

Diterbitkan

2022-08-01