Development of Comic Media with Character Education in Science Learning Class IV at SD Negeri 01 Sasak Ranah Paisie

Penulis

  • Maria Ulfah Universitas Bung Hatta
  • Siska Angreni Universitas Bung Hatta

Abstrak

PENGEMBANGAN MEDIA KOMIK BERNUANSA PENDIDIKAN KARAKTER PADA PEMBELAJARAN IPA KELAS IV SD NEGERI 01 SASAK RANAH PASISIE Maria Ulfah1, Siska Angreni1 1 Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Bung Hatta e-mail : mariaaulfah656@gmail.com ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media komik bernuansa pendidikan karakter pada pembelajaran IPA subtema 1 Hewan dan Tumbuhan di Lingkungan Rumahku dan subtema 2 Keberagaman Makhluk Hidup di Lingkunganku untuk kelas IV SD Negeri 01 Sasak Ranah Pasisie yang valid dan praktis. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan Reseach and Development (R&D) dengan menggunakan metode 4-D yang telah dimodifikasi menjadi tahap define, design, and development. Instrumen penelitian meliputi lembar angket validasi yang divalidasi oleh 3 orang validator dan lembar praktikalitas 1 orang guru dan 15 orang siswa. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh rata-rata persentase media komik bernuansa pendidikan karakter (88,68%) dari aspek materi (83,33%), media (85,00%), dan bahasa (97,72%). Sedangkan rata-rata persentase praktikalitas dari guru dan siswa adalah (90,8%). Rata-rata persentase praktikalitas (91,66%) oleh guru, dari aspek penyajian isi (93,75%), efektifitas waktu (100%) dan manfaat (81,25%). Serta rata-rata persentase praktikalitas siswa (89,94%), dari aspek minat peserta didik (93,33%), pembelajaran (85,66%) dan media (90,83%). Berdasarkan hasil peneliti dapat disimpulkan media komik bernuansa pendidikan karakter memenuhi kriteria sangat valid dan sangat praktis digunakan sebagai media pembelajaran IPA. Dari hasil penelitian diharapkan dapat digunakan dalam proses pembelajaran di kelas serta dapat mengetahui bagaimana tata cara dalam pengembangan yang baik dan berkualitas. Kata Kunci : Pengembangan, Media Komik, Pembelajaran IPA

Referensi

Arsyad, Azhar. (2019). Media Pembelajaran. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.

Kumala, Nur, F. (2016). Pembelajaran IPA Sekolah Dasar. Malang : Ediide Infografika.

Sari, R. T. (2017). Uji validitas modul pembelajaran biologi pada materi sistem reproduksi manusia melalui pendekata kontruktivisme untuk siswa kelas IX SMP. JURNAL PENDIDIKAN SAINS, Vol6 No 1 Hlm 22-26.

Sugiyono.(2009). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Alfurqan, A., Tamrin, M., Trinova, Z., & Zuhdiyah, Z. (2019). The problematics of Islamic religious education teacher in using of instructional media at SD Negeri 06 Pancung Soal Pesisir Selatan. Al-Ta Lim Journal, Volume 26, Number 1, February, 2019, Page 56-64

Alfurqan, A., Tamrin, M., Trinova, Z. (2021). Implementation Of Problem Solving Methods in The Learning of Slamic Religious Education (PAI) Students of Class VI Elementary School. Jurnal CERDAS Proklamator, Vol. 9, No. 1, Edisi Juni 2021, Hal.53-59

Alfurqan, A., Trinova, Z., Tamrin, M., & Khairat, A (2020). Membangun Sebuah Pengajaran Filosofi Personal: Konsep dari Pengembangan dan Pendidikan Dasar. Jurnal Tarbiyah al-Awlad, Volume 10, Nomor 2, 2020, Page 213-222

Kristiantari, Rini. 2014. Analisis Kesiapan Guru Sekolah Dasar dalam Mengimplementasikan Pembelajaran Tematik Integratif Menyongsong Kurikulum 2013. Jurnal Pendidikan Indonesia. Vol.3. No.2.Hlm.460-470

Kurniati, Annisah. 2016. Pengembangan Modul Matematika Berbasis Konstektual Terintegrasi Ilmu Keislaman.Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Vol.4. No.1. Hlm. 43-58

Tamrin, M., Amrina, Z., Arifin., E. (2014). Problematika Pemanfaatan Media Pembelajaran di SD 29 Ganting Utara Kecamatan Padang Timur Kota Padang. Jurnal Cerdas Proklamator, Volume 2, Nomor 2, Desember, 2014, Halaman 114-132

Tamrin, M., Azkiya, H., & Sari, S. (2017). Problems faced by the teacher in maximizing the use of learning media in Padang. Al-Ta Lim Journal, Volume 24, Number 1, February, 2017, Page 60-66

Tamrin, M., Nurman, R. (2021). Development of IPS Learning Module with Contextual Teaching and Approach Learning for Class IV SD Students. Jurnal CERDAS Proklamator, Vol. 9, No. 1, Edisi Juni 2021, M. Tamrin, Hal.45-52

Trianto. 2009. Mendesain Model PembelajaranInovatif- Progresif :Konsep, Landasan, dan Implementasinya Pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana.

Yusuf. (2017). Metode Penelitian : Kuantitatif, Kualitatif & Penelitian Gabungan. Jakarta: Prenadamediaa Group.

##submission.additionalFiles##

Diterbitkan

2022-08-01