Pengaruh Model Pembelajaran Model Problem Based Learning (PBL) Terhadap Hasil Belajar PPKn Kelas X Akuntansi Di SMKN 3 Padang
Kata Kunci:
Problem Based Learning, Hasil Belajar PPKn, Pretest and Posttest Control Group DesignAbstrak
Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) adalah Pendidikan demokrasi yang bertujuan untuk mempersiapkan warga masyarakat berpikir kritis dan bertindak demokratis, melalui aktivitas menanamkan kesadaran kepada generasi baru tentang kesadaran bahwa demokratis adalah bentuk kehidupan masyarakat yang paling menjamin hak-hak masyarakat. Berdasarkan observasi yang peneliti laksanakn pada tanggal 15 dan 16 November 2021 di SMKN 3 Padang terlihat hasil belajar siswa yang rendah dengan nilai rata-rata 70. Oleh karena itu perlu ditemukan model pembelajaran yang tepat dengan menggunakan model Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Problem Based Learning. Jenis penelitian eksperimen pretest dan posttest control group design . Ada 2 kelas sampel Akuntansi 1 dan Akuntansi 2, peneliti melakukan random sampling untuk menentukan Akuntansi 1 diterapkan dengan model Problem Based Learning dan Akuntansi 2 diterapkan dengan metode ceramah. Teknik analisi data adalah uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis dengan menggunakan uji t. Hasil uji normalitas hasil belajar kelas eksperimen dan kelas control memiliki Lo < Lt yaitu Lo kelas kontrol dan kelas eksperimen 0,148 dan Lt kelas eksperimen 2,740 pada kelas control Lt 6,462. Uji homogenitas kelas eksperimen dan kelas kontrol memiliki Fhitung 1,751 < Ftabel 2,740 berarti kelas sampel memiliki varians yang homogen. Hasil uji hipotesis kelas eksperimen dan kelas kontrol memiliki Thitung 6,462 > Ttabel 2,740 maka dapat dikatakan hipotesis H1 diterima dan hipotesis H0 di tolak. Dari hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran PPKn di kelas X Akuntansi SMKN 3 Padang.Referensi
Amir, Taufiq. (2010). Inovasi Pendidikan Melalui Problem Based Learning. Jakarta: Kencana.
Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
Budimansyah, Dasyim dan Syam (2006) Pendidikan Nilai dan Moral dalam dimensi pendidikan kewarganegaraan. Bandung: Laboratorium Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) FPIPS-UPI
Darmadi, Hamid. (2013). Urgensi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di Perguruan Tinggi. Bandung: Alfabeta.
Jakani (2014). Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di Perguruan Tinggi.Bandung: Alfabeta.
Lefudin (2017). Belajar dan Pembelajaran Dilengkapi dengan Model Pembelajaran, Strategi Pembelajaran, Pendekatan Pembelajaran dan Metode Pembelajaran. Yogyakarta: Grup Penerbitan CV Budi Utama.
Nana, sudjana. (2009). Penilian Hail Proses Belajar Mengajar. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.
Ngalimun. ( 2018). Evaluasi & Penilaian Pembelajaran. Yogyakarta : Parama Ilmu.