PENGEMBANGAN E-LEARNING YANG MEMUAT EVALUASI PEMBELAJARAN BERBASIS WEB DI SEKOLAH MENENGAH ATAS
Abstrak
PENGEMBANGAN E-LEARNING YANG MEMUAT EVALUASI PEMBELAJARAN BERBASIS WEB DI SEKOLAH MENENGAH ATAS. Rahmat Hidayat¹, Karmila Suryani2 Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Bung Hatta Hidayat.737rh@gmail.com ABSTRAK Penelitian ini bertujuan agar aplikasi E-learning yang memuat evaluasi pembelajaran berbasis web di sekolah menengah atas yang dikembangkan dapat membantu guru dan siswa dalam proses pembelajaran online yang valid dan praktis. Dengan adanya aplikasi E-learning yang memuat evaluasi pembelajaran berbasis web ini guru dapat dengan mudah melaksanakan pembelajaran online dan mengevaluasi siswa melalui web browser menggunakan aplikasi yang dikembangkan sehingga siswa dapat menakses materi, mengerjakan tugas dan melakukan ujian yang diberikan oleh guru yang bersifat teori. Metode penelitian yang digunakan peneliti adalah model pengembangan (Research & Development). Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan prosedur pengembangan 4-D yang meliputi 4 langkah yaitu define, design, develop, disseminate. Alat bantu dalam pengembangan yaitu use case diagram dan activity diagram yang meliputi admin, guru dan siswa. Instrumen penelitian meliputi lembar validasi dari ahli media dan lembar praktikalitas yaitu angket siswa. Pada proses validasi, aplikasi di validasi oleh 1 orang ahli media. Pada proses praktikalitas, aplikasi diuji cobakan oleh 30 orang siswa. berdasarkan hasil penelitian, pengembangan aplikasi E-learning yang memuat evaluasi pembelajaran berbasis web pada siswa kelas XII IPS 3 di SMA Negeri 6 Padang dihasilkan aplikasi yang memenuhi kriteria sangat valid dengan nilai rata-rata 94% yaitu ahli memperoleh nilai 94%, memenuhi kriteria sangat praktis dengan rata-rata persentase sebesar 81%. Jadi dapat disimpulkan bahwa aplikasi E-learning yang memuat evaluasi pembelajaran berbasis web di sekolah menengah atas sangat valid dan sangat praktis dan layak untuk diterapkan sebagai alat pembelajaran dan evaluasi secara online siswa. Kata Kunci : aplikasi e-learning, evaluasi, computer based test, ujian online, web.Referensi
AAN , S. (2021). PENGGUNAAN E-LEARNING PADA PROSES PEMBELAJARAN DARING. Jurnal Inovasi Keguruan dan Ilmu
Pendidikan, 233
ABDUL, H. I., & ASTI, R. P. (2016). E-learning – Teori dan Desain. Tulungagung: Program Studi Pendidikan Teknologi Informasi STKIP TULUNGAGUNG. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 15–39.
Novrianti. (2014). Pengembangan Computer Based Testing (CBT) Sebagai Alternatif Teknik Penilaian Hasil Belajar. Lentera Pendidikan, 41.
Pery , Z., Sumarno , I., & Irmawaty , I. (2015). PENGEMBANGAN INSTRUCTIONAL VIDEO BERBASIS MULTIMEDIA UNTUK MATERI SISTEM KOORDINAT. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika UMS, 87.
Rigianti, H. A. (2020). Kendala pembelajaran daring guru sekolah dasar di Banjarnegara. Elementary School: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran ke-SD-an, 7(2).
Sugiyono. (2013). Model Penelitian Kualitatif Kuantitatif dan R & D. Bandung:
ALFABETA.