PENGEMBANGAN E-KOMIK PEMBELAJARAN PENGOLAHAN SAMPAH BERORIENTASI STEM DI SMP NEGERI 12 PADANG.
Abstrak
PENGEMBANGAN E-KOMIK PEMBELAJARAN PENGOLAHAN SAMPAH BERORIENTASI STEM DI SMP NEGERI 12 PADANG Abdul Aziz¹, Karmila Suryani2 Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Bung Hatta aziz421212@gmail.com ABSTRAK Penelitian ini bertujuan mengembangkan e-komik pembelajaran pengolahan sampah berorientasi STEM di SMP Negeri 12 Padang yang valid dan praktis. Motode penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (Research & Development). Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan prosedur pengembangan 3-D yang meliputi 3 langkah yaitu define, design dan develop. Instrumen penelitian meliputi lembar validasi dari ahli media, ahli materi, serta lembar praktikalitas yaitu angket yang diberikan ke siswa. Analisis validitas e-komik di validasi oleh 1 orang ahli media dan 1 orang ahli materi.Sedangkan analisi praktikalitas e-komik diuji cobakan pada 31 orang siswa . Hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata 94% untuk ahli media dan ahli materi diperoleh nilai rata-rata 90% dengan range (90% -100%) dinyatakan dengan kriteria sangat valid, serta 88% nilai praktikalitas siswa dengan range (86%-100%) dinyatakan dengan keriteria sangat praktis. Jadi dapat disimpulkan bahwa e-komik pembelajaran pengolahan sampah berorientasi STEM sangat valid dan sangat praktis sebagai media pembelajaran materi pengolahan sampah pada siswa kelas IX SMP Negeri 12 Padang. Kata Kunci : E-Komik, Pengolahan Sampah, STEM.Referensi
Amrina, Z., Daswarman, D., & Arifin, S. (2020). Pengembangan modul pembelajaran matematika berbasis pendekatan saintifik pada materi pecahan untuk siswa kelas iv sd negeri 38 kuranji. Jurnal Cerdas Proklamator, 8(1), 1-9.
Handayani, T. (2021). Pengembangan Media Komik Digital Berbasis STEM untuk Meningkatkan Literasi Sains Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Didaktika Pendidikan Dasar, 5(3), 737–756. https://doi.org/10.26811/didaktika.v5i3.343
Peraturan Pemerintah No 27 tahun 2020 tentang Pengelolaan Sampah Spesifik
Sugiyono. 2018. Metode Penelitian dan Pengembangan Research and Development. Bandung: Alfabeta.
Trianto. (2009). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif: Konsep Lan- dasan dan Implementasi pada Kurikulum 2013. Jakarta: Prenada Media Group.
Trisna, A. (2020). Penguatan Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Melalui Digitalisasi Media Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 10(2), 31–41. https://ppjp.ulm.ac.id/journal/index.php/pkn/article/view/9304/6759
Undang-Undang No.18 Tahun 2008 tentang Pengelolaan Sampah