) “Pengembangan Aplikasi Evaluasi Pembelajaran Terintegrasi HOTS Berbasis Android Pada Siswa Kelas XI Di SMK Cersa Pasaman Pada Masa Pandemi Covid-19”

Penulis

  • M Ichsanfajri Saib Universitas Bung Hatta
  • Karmila Suryani Universitas Bung Hatta

Abstrak

PENGEMBANGAN APLIKASI EVALUASI PEMBELAJARAN TERINTEGRASI HOTS BERBASIS ANDROID PADA SISWA KELAS XI DI SMK CERSA PASAMAN PADA MASA PANDEMI COVID-19 M.Ichsanfajri Saib1, Karmila Suryani2 Informatics and Computer Engineering Education Study Program Faculty of Teacher Training and Education Bung Hatta University Email : michsanfajrisaib07@gmail.com ABSTRAK Penelitian ini bertujuan agar aplikasi evaluasi terintegrasi hots berbasis android pada siswa kelas XI di SMK Cersa Pasaman pada masa pandemi covid-19 yang dikembangkan dapat membantu guru dan siswa dalam proses ujian mid semester jarak jauh yang valid dan praktis. Dengan adanya aplikasi evaluasi terintegrasi HOTS berbasis android ini guru dapat mengevaluasi siswa melalui smartphone menggunakan aplikasi yang dikembangkan sehingga siswa dapat melakukan ujian yang diberikan oleh guru mata pelajaran matematika, bahasa indonesia, bahasa inggris, mata pelajaran produktif (OTKP), mata pelajaran akuntansi dan mata pelajaran perhotelan. Model penelitian yang digunakan peneliti adalah model pengembangan (Research and Development). Prosedur pengembangan yang peneliti gunakan yaitu use case diagram dan activity diagram yang meliputi admin, guru dan siswa. Instrumen penelitian meliputi lembar validasi dari ahli, ahli materi, lembar praktikalitas yaitu angket siswa. Pada proses validasi, aplikasi di validasi oleh 1 orang ahli media dan 6 orang ahli materi yaitu guru mata pelajaran OTKP, akuntansi, perhotelan, bahasa indonesia, matematika dan bahasa inggris. Pada proses praktikalitas, aplikasi diuji cobakan oleh 93 orang siswa. berdasarkan hasil penelitian, aplikasi memenuhi kriteria sangat valid dengan nilai rata-rata 92% oleh ahli media, memperoleh nilai 96% dan ahli materi memperoleh nilai 87%, memenuhi kriteria sangat praktis dengan rata-rata persentase sebesar 89%. Jadi dapat disimpulkan bahwa aplikasi evaluasi terintegrasi HOTS berbasis android pada kelas XI di SMK Cersa Pasaman sangat valid dan sangat praktis dan layak untuk diterapkan sebagai alat evaluasi siswa dalam melaksanakan ujian mid semester berbasis android. Kata kunci : aplikasi evaluasi, evaluasi, computer based test, ujian online

Referensi

Alfurqan, A., Tamrin, M., Trinova, Z., & Zuhdiyah, Z. (2019). The problematics of Islamic religious education teacher in using of instructional media at SD Negeri 06 Pancung Soal Pesisir Selatan. Al-Ta Lim Journal, Volume 26, Number 1, February, 2019, Page 56-64

Alfurqan, A., Tamrin, M., Trinova, Z. (2021). Implementation Of Problem Solving Methods in The Learning of Slamic Religious Education (PAI) Students of Class VI Elementary School. Jurnal CERDAS Proklamator, Vol. 9, No. 1, Edisi Juni 2021, Hal.53-59

Alfurqan, A., Trinova, Z., Tamrin, M., & Khairat, A (2020). Membangun Sebuah Pengajaran Filosofi Personal: Konsep dari Pengembangan dan Pendidikan Dasar. Jurnal Tarbiyah al-Awlad, Volume 10, Nomor 2, 2020, Page 213-222

Kristiantari, Rini. 2014. Analisis Kesiapan Guru Sekolah Dasar dalam Mengimplementasikan Pembelajaran Tematik Integratif Menyongsong Kurikulum 2013. Jurnal Pendidikan Indonesia. Vol.3. No.2.Hlm.460-470

Kurniati, Annisah. 2016. Pengembangan Modul Matematika Berbasis Konstektual Terintegrasi Ilmu Keislaman.Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Vol.4. No.1. Hlm. 43-58

Ratna, Kasni, Yuniendel; Zulvia, Trinova; Vonny, W. M. T. A. (2022). Analisis Strategi Lightening the Learning Climate pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. 1(11), 82–83.

Tamrin, M., Amrina, Z., Arifin., E. (2014). Problematika Pemanfaatan Media Pembelajaran di SD 29 Ganting Utara Kecamatan Padang Timur Kota Padang. Jurnal Cerdas Proklamator, Volume 2, Nomor 2, Desember, 2014, Halaman 114-132

Tamrin, M., Azkiya, H., & Sari, S. (2017). Problems faced by the teacher in maximizing the use of learning media in Padang. Al-Ta Lim Journal, Volume 24, Number 1, February, 2017, Page 60-66

Tamrin, M., Nurman, R. (2021). Development of IPS Learning Module with Contextual Teaching and Approach Learning for Class IV SD Students. Jurnal CERDAS Proklamator, Vol. 9, No. 1, Edisi Juni 2021, M. Tamrin, Hal.45-52

Trianto. 2009. Mendesain Model PembelajaranInovatif- Progresif :Konsep, Landasan, dan Implementasinya Pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana.

Yusuf. (2017). Metode Penelitian : Kuantitatif, Kualitatif & Penelitian Gabungan. Jakarta: Prenadamediaa Group.

##submission.additionalFiles##

Diterbitkan

2022-08-08