” Efforts to Improve Students' Critical Thinking Ability in Understanding Story Problems through the Problem Based Learning Model in Grade III SD Negeri 09 Lembah Melintang, Kab. West Pasaman

Penulis

  • Mustika Arifa Universitas Bung Hatta
  • Arlina Yuza Universitas Bung Hatta

Abstrak

UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS SISWA DALAM MEMAHAMI SOAL CERITA MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING DI KELAS III SD NEGERI 09 LEMBAH MELINTANGKAB. PASAMAN BARAT Mustika Arifa1, Arlina Yuza1 1Program Studi Pendididkan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Bung Hatta E-mail : mustikaarifa575@gmail.com ABSTRAK Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan berfikir kritis peserta didik dalam belajar matematika kelas III SD Negeri 09 Lembah Melintang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana peningkatan kemampuan berfikir kritis peserta didik kelas III SDN 09 Lembah Melintang, dengan melalui model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Jenis penelitian ini adalah jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilakukan 2 siklus, dimana setiap siklus terdapat 2 kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas III SD Negeri 09 Lembah Melintang yang berjumlah sebanyak 32 orang. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi aktivitas guru, dan lembar tes kemampuan berfikir kritis. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh peningkatan Kemampuan Berfikir Peserta Didik Kelas III SDN 09 Lembah Melintang melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning dengan Persentase Kemampuan Berfikir Kritis pada Siklus I sebesar 53,12% sedangkan pada Siklus II meningkat menjadi 75%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Problem Based Learning pada mata pelajaran matematika dapat meningkatkan kemampuan berfikir kritis peserta didik kelas III di SDN 09 Lembah Melintang. Penulis memberikan saran agar dapat menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning pada proses pebelajaran matematika sehingga kemampuan berfikir kritis peserta didik dapat meningkat. Kata Kunci : Berfikir Kritis, Matematika, Problem Based Learning, Soal Cerita

Referensi

Rusman.(2013). Model-model pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru: Jakarta. Rajawali Pers

Alfurqan, A., Tamrin, M., Trinova, Z., & Zuhdiyah, Z. (2019). The problematics of Islamic religious education teacher in using of instructional media at SD Negeri 06 Pancung Soal Pesisir Selatan. Al-Ta Lim Journal, Volume 26, Number 1, February, 2019, Page 56-64

Alfurqan, A., Trinova, Z., Tamrin, M., & Khairat, A (2020). Membangun Sebuah Pengajaran Filosofi Personal: Konsep dari Pengembangan dan Pendidikan Dasar. Jurnal Tarbiyah al-Awlad, Volume 10, Nomor 2, 2020, Page 213-222

Alfurqan, A., Tamrin, M., Trinova, Z. (2021). Implementation of Problem Solving Methods in The Learning of Slamic Religious Education (PAI) Students of Class VI Elementary School. Jurnal CERDAS Proklamator, Vol. 9, No. 1, Edisi Juni 2021, Hal.53-59

Azkiya, H, Tamrin, M., Yuza, A. & Madona, Ade Sri. (2022). Pengembangan E-Modul Berbasis Nilai-Nilai Pendidikan Multikultural di Sekolah Dasar Islam. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 7(2), 409–427. https://doi.org/10.25299/al-thariqah.2022.vol7(2).10851

Tamrin, M., Amrina, Z., Arifin., E. (2014). Problematika Pemanfaatan Media Pembelajaran di SD 29 Ganting Utara Kecamatan Padang Timur Kota Padang. Jurnal Cerdas Proklamator, Volume 2, Nomor 2, Desember, 2014, Halaman 114-132

Tamrin, M., Azkiya, H., & Sari, S. (2017). Problems faced by the teacher in maximizing the use of learning media in Padang. Al-Ta Lim Journal, Volume 24, Number 1, February, 2017, Page 60-66

Tamrin, M., Nurman, R. (2021). Development of IPS Learning Module with Contextual Teaching and Approach Learning for Class IV SD Students. Jurnal CERDAS Proklamator, Vol. 9, No. 1, Edisi Juni 2021, M. Tamrin, Hal.45-52

Ratna, Kasni, Yuniendel; Zulvia, Trinova; Vonny, W. M. T. A. (2022). Analisis Strategi Lightening The Learning Climate Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. 1(11), 82–83.

##submission.additionalFiles##

Diterbitkan

2023-05-29