PERSEPSI SISWA TENTANG PERHATIAN ORANG TUA DAN PENGARUHNYA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 4 PARIAMAN

Penulis

  • Nurul Dini Ramadhani
  • Fazri Zuzano
  • Niniwati .

Abstrak

Penelitian ini dilakukan karena hasil belajar matematika siswa rendah. Saat pembelajaran berlangsung ada siswa yang mengobrol, ada yang mengerjakan pekerjaan rumah di sekolah, dan ada juga yang tidak mengerjakan pekerjaan rumah. Sedangkan berdasarkan wawancara penulis dengan siswa terungkap bahwa mereka kurang mendapat perhatian dari orang tua mereka tentang kegiatan sekolah, maka diduga perhatian orang tua salah satu yang menyebabkan hasil belajar mereka rendah. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui persepsi siswa tentang perhatian orang tua dan pengaruhnya terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMPN 4 Pariaman.

Jenis penelitian ini adalah deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII yang berjumlah 199 orang, dan sampel diambil secara simple random sampling, karena semua kelas telah homogen maka diambil 1 kelas . Instrumen yang digunakan  dalam penelitian ini adalah angket dan tes hasil belajar matematika.

Berdasarkan analisis diperoleh persamaan regresi linier sederhana yaitu                           = 3,0922 + 0,8784X. Harga koefisien determinasi adalah 22,72%. Untuk menguji signifikansi ternyata  lebih besar dari  atau 2,8693  2,048, maka H0 ditolak artinya ada hubungan yang signifikan antara perhatian orang tua terhadap hasil belajar matematika. Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh perhatian orang tua terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMPN 4 Pariaman.

Kata Kunci: Persepsi, Perhatian Orang Tua, Hasil Belajar Matematika

##submission.downloads##

Diterbitkan

2013-03-19