Implementation of the talking stick model assisted by wordwall media to improve mathematics learning outcomes for class I SDN 05 Timbulun

Penulis

  • Khairun Nisa Yusral Universitas Bung Hatta
  • Rieke Alyusfitri Universitas Bung Hatta

Abstrak

PENERAPAN MODEL TALKING STICK BERBANTUAN MEDIA WORDWALL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS I SDN 05 TIMBULUN Khairun Nisa Yusral1,Rieke Alyusfitri1 1Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Imu Pendidikan Universitas Bung Hatta Email : khairunnisayusral0408@gmail.com ABSTRAK Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada pembelajaran matematika khususnya pada kelas IA di SDN 05 Timbulun. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan hasil belajar siswa kelas IA dengan menggunakan model pembelajaran Talking Stick berbantuan media Wordwall. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IA SDN 05 Timbulun, yang berjumlah 20 orang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi kegiatan guru dan tes hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa aktivitas guru kelas I dalam pembelajaran matematika mengalami peningkatan melalui penerapan model Talking Stick berbantuan media Wordwall. Pada siklus I rata-rata hasil persentase aktivitas guru adalah 69,4%, sedangkan pada siklus II rata-rata persentase guru adalah 80,5%. Rata-rata persentase hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 73% dan meningkat pada siklus II sebesar 82%. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa dalam pembelajaran matematika menggunakan model Talking Stick berbantuan media Wordwall di SDN 05 Timbulun dapat meningkat hasil belajar siswa. Berdasarkan penelitian ini, peneliti menyarankan agar guru dapat menjadikan model pembelajaran Talking Stick berbantuan media Wordwall menjadi salah satu model yang dapat digunakan dalam pembelajaran matematika untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Kata Kunci: Pembelajaran Matematika, Model Talking Stick, Hasil Belajar

Referensi

Alfurqan, A., Tamrin, M., Trinova, Z. (2021). Implementation of Problem Solving Methods in The Learning of Slamic Religious Education (PAI) Students of Class VI Elementary School. Jurnal CERDAS Proklamator, Vol. 9, No. 1, Edisi Juni 2021, Hal.53-59

Alfurqan, A., Tamrin, M., Trinova, Z., & Zuhdiyah, Z. (2019). The problematics of Islamic religious education teacher in using of instructional media at SD Negeri 06 Pancung Soal Pesisir Selatan. Al-Ta Lim Journal, Volume 26, Number 1, February, 2019, Page 56-64

Alfurqan, A., Trinova, Z., Tamrin, M., & Khairat, A (2020). Membangun Sebuah Pengajaran Filosofi Personal: Konsep dari Pengembangan dan Pendidikan Dasar. Jurnal Tarbiyah al-Awlad, Volume 10, Nomor 2, 2020, Page 213-222

Alfurqan, A., Zein, Z., & Salam, A. (2019). Implementasi Khazanah Surau Terhadap Pendidikan Islam Modern. TARBAWY: Indonesian Journal of Islamic Education, 6(2), 127-141.

Azkiya, H., & Tamrin, M. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Aktif Tipe Card Sort Dan Motivasi Belajar Dalam Mata Kuliah Keterampilan Berbahasa Indonesia Ke-Sd-an Mahasiswa Prodi Pgsd. Puitika, 13(2), 162. https://doi.org/10.25077/puitika.13.2.162--173.2017

Azkiya, H, dan M. Tamrin. 2018. Upaya Mengoptimalisasikan Pendidikan Berbasis Karakter Siswa TPQ/TQA Masjid Darul Mukhlisin Padang. Jurnal gervasi, Volume 2 Nomor 1, Juni 2018. Halaman 47-56

Azkiya, H, Tamrin, M., Yuza, A. & Madona, Ade Sri. (2022). Pengembangan E-Modul Berbasis Nilai-Nilai Pendidikan Multikultural di Sekolah Dasar Islam. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 7(2), 409–427. https://doi.org/10.25299/al-thariqah.2022.vol7(2).10851

Kartika, M., & Alfurqan, A. (2022). Problematika Peserta Didik dalam Membaca Al-Qur’an di SMP Negeri 1 Lembah Melintang. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 9378-9385.

Ramadhani, A. S., & Alfurqan, A. (2022). Pengaruh Penggunaan Model Kooperatif Tipe STAD terhadap Hasil Belajar PAI di SDN 16 Kota Padang. MANAZHIM, 4(1), 133-144.

Sari, W. W., Alfurqan, A., & Arsiyah, A. (2021). Proses Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Pada Sekolahalam Minangkabau di Kota Padang. Al-Idarah: Jurnal Kependidikan Islam, 11(2), 215-225.

Sarina, D., Hidayat, A., Zen, A. R., Gusvita, A., Safni, P., Yanda, T. A., & Alfurqan, A. (2021). Persepsi Wali Santri Terhadap Pendidikan Seks pada Anak di TPQ Baitul Amal Kota Padang. Az-Zahra: Journal of Gender and Family Studies, 2(1), 12-25.

Shobri, F., & Alfurqan, A. (2023). Peran Guru Pendidikan Agama Islam pada Program Sekolah Penggerak di SD Negeri 03 Kandis. Journal on Education, 5(3), 7938-7945.

Tamrin, M., Amrina, Z., Arifin., E. (2014). Problematika Pemanfaatan Media Pembelajaran di SD 29 Ganting Utara Kecamatan Padang Timur Kota Padang. Jurnal Cerdas Proklamator, Volume 2, Nomor 2, Desember, 2014, Halaman 114-132

Tamrin, M., Azkiya, H., & Sari, S. (2017). Problems faced by the teacher in maximizing the use of learning media in Padang. Al-Ta Lim Journal, Volume 24, Number 1, February, 2017, Page 60-66

Tamrin, M., Nurman, R. (2021). Development of IPS Learning Module with Contextual Teaching and Approach Learning for Class IV SD Students. Jurnal CERDAS Proklamator, Vol. 9, No. 1, Edisi Juni 2021, M. Tamrin, Hal.45-52

Yuniendel, R. K., Trinova, Z., Wiyanti, V., & Tamrin, M. (2022). Analisis strategi lightening the learning climate pada pembelajaran pendidikan agama islam. Journal of Innovation Research and Knowledge, 1(11), 1497-1504.

Zalillah, D., & Alfurqan, A. (2022). Penggunaan Game Interaktif Wordwall dalam Evaluasi Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SDN 17 Gurun Laweh Padang. Manazhim, 4(2), 491-504.

Rustiyarso, T, W. (2020). Panduan Dan Aplikasi Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Alfabeta.

##submission.additionalFiles##

Diterbitkan

2025-06-16