Improving Narrative Writing Skills through PBL (Problem Based Learning) Model Based on Picture Series Media for Grade IV Students of SDN 03 Alai Timur Padang Utara

Penulis

  • Indah Nia Pamela Universitas Bung Hatta
  • Rio Rinaldi Universitas Bung Hatta

Abstrak

PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS NARASI MELALUI MODEL PBL (PROBLEM BASED LEARNING) BERBASIS MEDIA GAMBAR SERI BAGI SISWA KELAS IV SDN 03 ALAI TIMUR PADANG UTARA Indah Nia Pamela1, Rio Rinaldi2 Program Studi Pendidikan Guru sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Bung Hatta E-mail : Indahniapamela05@gmail.com ABSTRAK Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keterampilan menulis siswa kelas IV B SDN 03 Alai Timur Padang Utara. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan peningkatan keterampilan menulis teks narasi siswa menggunakan model PBL (Problem Based Learning) berbasis media gambar seri di SDN 03 Alai Timur Padang Utara. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dengan dua siklus. Masing-masing siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV B SDN 03 alai Timur Padang Utara yang berjumlah28 orang. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi guru, lembar observasi siswa dan tes keterampilan menulis teks narasi. Berdasarkan hasil observasi guru pada siklus I sebesar 67,5% dan meningkat menjadi 87,5% di siklus II. Pada lembar observasi aktivitas siswa rata-rata presentase pada siklus I sebesar 70% meningkat menjadi 85,5%. Hasil tes keterampilan menulis teks narasi pada siklus I sebesar 53,57% terjadi peningkatan pada siklus II menjadi 82,14% disebabkan siswa lebih aktif dan efektif selama proses pembelajaran. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan keterampilan menulis narasi menggunakan model PBL (Problem Based Learning) berbasis media gambar seri pada siswa kelas IV B SDN 03 Alai Timur Padang Utara. Kata kunci : keterampilan menulis, model PBL (Problem Based Learning), bahasa Indonesia.

Referensi

Ambarsari, R. Y., Santoso, A. B., Asfuri, N. B., & Nurjihat, I. (2023). Analysis of narrative text writing skills of grade III of Ngarum 3 Elementary School, Ngrampal District, Sragen Regency. Fundadikdas Journal (Fundamentals of Elementary Education), 6(1), 50-59.

Az-zarkasyi, M. I. A., & Hindun, H. (2024). Application of Problem Based Learning (PBL) Method in Independent Curriculum. Journal of Education and Social Humanities, 2(1), 69-80.

Alfurqan, A., Tamrin, M., Trinova, Z. (2021). Implementation of Problem Solving Methods in The Learning of Slamic Religious Education (PAI) Students of Class VI Elementary School. Jurnal CERDAS Proklamator, Vol. 9, No. 1, Edisi Juni 2021, Hal.53-59

Alfurqan, A., Tamrin, M., Trinova, Z., & Zuhdiyah, Z. (2019). The problematics of Islamic religious education teacher in using of instructional media at SD Negeri 06 Pancung Soal Pesisir Selatan. Al-Ta Lim Journal, Volume 26, Number 1, February, 2019, Page 56-64

Alfurqan, A., Trinova, Z., Tamrin, M., & Khairat, A (2020). Membangun Sebuah Pengajaran Filosofi Personal: Konsep dari Pengembangan dan Pendidikan Dasar. Jurnal Tarbiyah al-Awlad, Volume 10, Nomor 2, 2020, Page 213-222

Alfurqan, A., Zein, Z., & Salam, A. (2019). Implementasi Khazanah Surau Terhadap Pendidikan Islam Modern. TARBAWY: Indonesian Journal of Islamic Education, 6(2), 127-141.

Azkiya, H., & Tamrin, M. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Aktif Tipe Card Sort Dan Motivasi Belajar Dalam Mata Kuliah Keterampilan Berbahasa Indonesia Ke-Sd-an Mahasiswa Prodi Pgsd. Puitika, 13(2), 162. https://doi.org/10.25077/puitika.13.2.162--173.2017

Azkiya, H, dan M. Tamrin. 2018. Upaya Mengoptimalisasikan Pendidikan Berbasis Karakter Siswa TPQ/TQA Masjid Darul Mukhlisin Padang. Jurnal gervasi, Volume 2 Nomor 1, Juni 2018. Halaman 47-56

Azkiya, H, Tamrin, M., Yuza, A. & Madona, Ade Sri. (2022). Pengembangan E-Modul Berbasis Nilai-Nilai Pendidikan Multikultural di Sekolah Dasar Islam. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 7(2), 409–427. https://doi.org/10.25299/al-thariqah.2022.vol7(2).10851

Kartika, M., & Alfurqan, A. (2022). Problematika Peserta Didik dalam Membaca Al-Qur’an di SMP Negeri 1 Lembah Melintang. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 9378-9385.

Ramadhani, A. S., & Alfurqan, A. (2022). Pengaruh Penggunaan Model Kooperatif Tipe STAD terhadap Hasil Belajar PAI di SDN 16 Kota Padang. MANAZHIM, 4(1), 133-144.

Sari, W. W., Alfurqan, A., & Arsiyah, A. (2021). Proses Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Pada Sekolahalam Minangkabau di Kota Padang. Al-Idarah: Jurnal Kependidikan Islam, 11(2), 215-225.

Sarina, D., Hidayat, A., Zen, A. R., Gusvita, A., Safni, P., Yanda, T. A., & Alfurqan, A. (2021). Persepsi Wali Santri Terhadap Pendidikan Seks pada Anak di TPQ Baitul Amal Kota Padang. Az-Zahra: Journal of Gender and Family Studies, 2(1), 12-25.

Shobri, F., & Alfurqan, A. (2023). Peran Guru Pendidikan Agama Islam pada Program Sekolah Penggerak di SD Negeri 03 Kandis. Journal on Education, 5(3), 7938-7945.

Tamrin, M., Amrina, Z., Arifin., E. (2014). Problematika Pemanfaatan Media Pembelajaran di SD 29 Ganting Utara Kecamatan Padang Timur Kota Padang. Jurnal Cerdas Proklamator, Volume 2, Nomor 2, Desember, 2014, Halaman 114-132

Tamrin, M., Azkiya, H., & Sari, S. (2017). Problems faced by the teacher in maximizing the use of learning media in Padang. Al-Ta Lim Journal, Volume 24, Number 1, February, 2017, Page 60-66

Tamrin, M., Nurman, R. (2021). Development of IPS Learning Module with Contextual Teaching and Approach Learning for Class IV SD Students. Jurnal CERDAS Proklamator, Vol. 9, No. 1, Edisi Juni 2021, M. Tamrin, Hal.45-52

Yuniendel, R. K., Trinova, Z., Wiyanti, V., & Tamrin, M. (2022). Analisis strategi lightening the learning climate pada pembelajaran pendidikan agama islam. Journal of Innovation Research and Knowledge, 1(11), 1497-1504.

Zalillah, D., & Alfurqan, A. (2022). Penggunaan Game Interaktif Wordwall dalam Evaluasi Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SDN 17 Gurun Laweh Padang. Manazhim, 4(2), 491-504.

Siddik, M., M. Pd. (2016). Basics of writing with its application. Malang: Tunggal Mandiri Publishing.

Kusrini, K., & Mustafa, F. (2019). Implementation of Problem Based Learning (PBL) Model in Improving Geography Social Studies Learning Outcomes of Class VIII Students of Mts Ar-Ridha Paisumbaos Halmahera-Selatan. Geocivic Journal, 2(2).

Umar, U., Hasratuddin, H., & Surya, E. (2022). Development of LKPD based on think aloud pair problem solving model to improve mathematical problem solving skills of students of SD Negeri 067248 Medan. Cendekia Journal: Journal of Mathematics Education, 6(3), 3402-3416.

##submission.additionalFiles##

Diterbitkan

2025-06-16