Development of Interactive Learning Media Using Adobe Animate in Science Subject of Grade V of SDN 01 Ulak Karang Selatan, Padang City

Penulis

  • Mohd Adhika Hakimi Universitas Bung Hatta
  • Ashabul Khairi Universitas Bung Hatta

Abstrak

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF MENGGUNAKAN ADOBE ANIMATE PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS V SD NEGERI 01 ULAK KARANG SELATAN KOTA PADANG Mohd Adhika Hakimi1 1Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Bung Hatta E-mail: adhikahakimi08@gmail.com Ashabul Khairi2 2Program Studi Pendidikan Teknik Informatika & Komputer Email:ashabul_khairi@bunghatta.ac.id ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk media pembelajaran interaktif menggunakan adobe animate pada mata pelajaran IPA di kelas V sekolah dasar yang memenuhi kriteria valid dan praktis. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan atau Reseach and Development (R&D) dengan menggunakan model yang dikembangkan oleh Porsche, dkk. Pengembangan ini terdiri dari 4 tahapan yang dimodifikasi, yaitu analysis, design, development, and implementation. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 01 Ulak Karang Selatan yang berjumlah 23 orang. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar validasi dan Pratikalitas. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah menggunakan lembar validasi dan lembar praktikalitas. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa rata-rata persentase dari validasi memperoleh rata-rata 90,90% dengan Kriteria sangat valid. Rata-rata dari hasil praktikalitas oleh guru diperoleh 92,91% dengan kriteria sangat praktis, sedangkan hasil praktikalitas oleh siswa diperoleh 93,7% dengan kriteria sangat praktis. Hasil penelitian menunjukan bahwa media pembelajaran interaktif menggunakan adobe animate mata pelajaran IPA kelas V SD memperoleh hasil valid dan praktis. Dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran interaktif menggunakan adobe animate dapat dikembangkan sebagai salah satu media belajar pada mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA). Kata Kunci: IPA, Media Interaktif, Adobe Animate

Referensi

Alfurqan, A., Tamrin, M., Trinova, Z. (2021). Implementation of Problem Solving Methods in The Learning of Slamic Religious Education (PAI) Students of Class VI Elementary School. Jurnal CERDAS Proklamator, Vol. 9, No. 1, Edisi Juni 2021, Hal.53-59

Alfurqan, A., Tamrin, M., Trinova, Z., & Zuhdiyah, Z. (2019). The problematics of Islamic religious education teacher in using of instructional media at SD Negeri 06 Pancung Soal Pesisir Selatan. Al-Ta Lim Journal, Volume 26, Number 1, February, 2019, Page 56-64

Alfurqan, A., Trinova, Z., Tamrin, M., & Khairat, A (2020). Membangun Sebuah Pengajaran Filosofi Personal: Konsep dari Pengembangan dan Pendidikan Dasar. Jurnal Tarbiyah al-Awlad, Volume 10, Nomor 2, 2020, Page 213-222

Alfurqan, A., Zein, Z., & Salam, A. (2019). Implementasi Khazanah Surau Terhadap Pendidikan Islam Modern. TARBAWY: Indonesian Journal of Islamic Education, 6(2), 127-141.

Azkiya, H., & Tamrin, M. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Aktif Tipe Card Sort Dan Motivasi Belajar Dalam Mata Kuliah Keterampilan Berbahasa Indonesia Ke-Sd-an Mahasiswa Prodi Pgsd. Puitika, 13(2), 162. https://doi.org/10.25077/puitika.13.2.162--173.2017

Azkiya, H, dan M. Tamrin. 2018. Upaya Mengoptimalisasikan Pendidikan Berbasis Karakter Siswa TPQ/TQA Masjid Darul Mukhlisin Padang. Jurnal gervasi, Volume 2 Nomor 1, Juni 2018. Halaman 47-56

Azkiya, H, Tamrin, M., Yuza, A. & Madona, Ade Sri. (2022). Pengembangan E-Modul Berbasis Nilai-Nilai Pendidikan Multikultural di Sekolah Dasar Islam. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 7(2), 409–427. https://doi.org/10.25299/al-thariqah.2022.vol7(2).10851

Kartika, M., & Alfurqan, A. (2022). Problematika Peserta Didik dalam Membaca Al-Qur’an di SMP Negeri 1 Lembah Melintang. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 9378-9385.

Ramadhani, A. S., & Alfurqan, A. (2022). Pengaruh Penggunaan Model Kooperatif Tipe STAD terhadap Hasil Belajar PAI di SDN 16 Kota Padang. MANAZHIM, 4(1), 133-144.

Sari, W. W., Alfurqan, A., & Arsiyah, A. (2021). Proses Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Pada Sekolahalam Minangkabau di Kota Padang. Al-Idarah: Jurnal Kependidikan Islam, 11(2), 215-225.

Sarina, D., Hidayat, A., Zen, A. R., Gusvita, A., Safni, P., Yanda, T. A., & Alfurqan, A. (2021). Persepsi Wali Santri Terhadap Pendidikan Seks pada Anak di TPQ Baitul Amal Kota Padang. Az-Zahra: Journal of Gender and Family Studies, 2(1), 12-25.

Shobri, F., & Alfurqan, A. (2023). Peran Guru Pendidikan Agama Islam pada Program Sekolah Penggerak di SD Negeri 03 Kandis. Journal on Education, 5(3), 7938-7945.

Tamrin, M., Amrina, Z., Arifin., E. (2014). Problematika Pemanfaatan Media Pembelajaran di SD 29 Ganting Utara Kecamatan Padang Timur Kota Padang. Jurnal Cerdas Proklamator, Volume 2, Nomor 2, Desember, 2014, Halaman 114-132

Tamrin, M., Azkiya, H., & Sari, S. (2017). Problems faced by the teacher in maximizing the use of learning media in Padang. Al-Ta Lim Journal, Volume 24, Number 1, February, 2017, Page 60-66

Tamrin, M., Nurman, R. (2021). Development of IPS Learning Module with Contextual Teaching and Approach Learning for Class IV SD Students. Jurnal CERDAS Proklamator, Vol. 9, No. 1, Edisi Juni 2021, M. Tamrin, Hal.45-52

Yuniendel, R. K., Trinova, Z., Wiyanti, V., & Tamrin, M. (2022). Analisis strategi lightening the learning climate pada pembelajaran pendidikan agama islam. Journal of Innovation Research and Knowledge, 1(11), 1497-1504.

Zalillah, D., & Alfurqan, A. (2022). Penggunaan Game Interaktif Wordwall dalam Evaluasi Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SDN 17 Gurun Laweh Padang. Manazhim, 4(2), 491-504.

Porsche, D., Tulenan, V., & Sugiarso, B. A. (2019). Interactive learning application of human circulatory system for 5th grade elementary school. Journal of Informatics Engineering, 14(2), 173-182.

Riski, H. P., Riyanti, H., & Lubis, P. H. (2023). Development of Interactive Science Media for Magnetic Force and Gravitational Force Material Based on Adobe Flash for Grade IV Elementary School. Pendas: Scientific Journal of Elementary Education, 8(2), 269-281.

##submission.additionalFiles##

Diterbitkan

2025-06-16