The Effect of Complete Sentence Learning Model on Indonesian Language Learning Outcomes of Grade IV Students of SDN 10 Kinali, West Pasaman Regency

Penulis

  • Rika Afrianti Universitas Bung Hatta
  • Risa Yulisna Universitas Bung Hatta

Abstrak

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COMPLETE SENTENCE TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA KELAS IV SDN 10 KINALI KABUPATEN PASAMAN BARAT Rika Afrianti1, Risa Yulisna1 1Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan Universitas Bung Hatta e-mail: rikaafrianti200@gmail.com ABSTRAK Penelitian bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh model pembelajaran complete sentence terhadap hasil belajar siswa kelas IV SDN 10 Kinali Kabupaten Pasaman Barat. Penelitian ini juga diharapkan dapat menambah wawasan dan pengetahuan tentang pengaruh model pembelajaran complete sentence. Selain itu, hasil penelitian ini diharapkan dapat dijadikan sebagai rujukan untuk mengembangkan model pembelajaran yang lebih efektif dalam meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia di sekolah dasar. Jenis penelitian ini adalah eksperimen dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dan fokus pada siswa kelas IV SDN 10 Kinali Kabupaten Pasaman Barat. Peneliti juga merumuskan masalah yang ingin dicapai, yaitu bagaimana pengaruh model pembelajaran complete sentence terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2024/2025. Berdasarkan hasil dari penelitian yang telah peneliti laksanakan di kelas IV A dengan menggunakan model pembelajaran complete sentence berbantuan video interaktif pada mata pelajaran Bahasa Indonesia, maka diperoleh nilai rata-rata 73,68 (hasil belajar/tes akhir) dan di kelas IV B menggunakan model pembelajaran konvensional tanpa bantuan media pembelajaran, maka diperoleh nilai rata-rata 61,11(hasil belajar/ tes akhir). Hal ini dapat dilihat dari hasil uji-t yang menunjukkan bahwa thitung > ttabel dengan nilai 5,102 > 1,687 dan sig. (2-tailed) 0,019 dengan taraf 0,005 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Kata kunci:Pengaruh, Model, Complete Sentece, Bahasa Indonesia

Referensi

Alfurqan, A., Tamrin, M., Trinova, Z. (2021). Implementation of Problem Solving Methods in The Learning of Slamic Religious Education (PAI) Students of Class VI Elementary School. Jurnal CERDAS Proklamator, Vol. 9, No. 1, Edisi Juni 2021, Hal.53-59

Alfurqan, A., Tamrin, M., Trinova, Z., & Zuhdiyah, Z. (2019). The problematics of Islamic religious education teacher in using of instructional media at SD Negeri 06 Pancung Soal Pesisir Selatan. Al-Ta Lim Journal, Volume 26, Number 1, February, 2019, Page 56-64

Alfurqan, A., Trinova, Z., Tamrin, M., & Khairat, A (2020). Membangun Sebuah Pengajaran Filosofi Personal: Konsep dari Pengembangan dan Pendidikan Dasar. Jurnal Tarbiyah al-Awlad, Volume 10, Nomor 2, 2020, Page 213-222

Alfurqan, A., Zein, Z., & Salam, A. (2019). Implementasi Khazanah Surau Terhadap Pendidikan Islam Modern. TARBAWY: Indonesian Journal of Islamic Education, 6(2), 127-141.

Azkiya, H., & Tamrin, M. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Aktif Tipe Card Sort Dan Motivasi Belajar Dalam Mata Kuliah Keterampilan Berbahasa Indonesia Ke-Sd-an Mahasiswa Prodi Pgsd. Puitika, 13(2), 162. https://doi.org/10.25077/puitika.13.2.162--173.2017

Azkiya, H, dan M. Tamrin. 2018. Upaya Mengoptimalisasikan Pendidikan Berbasis Karakter Siswa TPQ/TQA Masjid Darul Mukhlisin Padang. Jurnal gervasi, Volume 2 Nomor 1, Juni 2018. Halaman 47-56

Azkiya, H, Tamrin, M., Yuza, A. & Madona, Ade Sri. (2022). Pengembangan E-Modul Berbasis Nilai-Nilai Pendidikan Multikultural di Sekolah Dasar Islam. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 7(2), 409–427. https://doi.org/10.25299/al-thariqah.2022.vol7(2).10851

Kartika, M., & Alfurqan, A. (2022). Problematika Peserta Didik dalam Membaca Al-Qur’an di SMP Negeri 1 Lembah Melintang. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 9378-9385.

Ramadhani, A. S., & Alfurqan, A. (2022). Pengaruh Penggunaan Model Kooperatif Tipe STAD terhadap Hasil Belajar PAI di SDN 16 Kota Padang. MANAZHIM, 4(1), 133-144.

Sari, W. W., Alfurqan, A., & Arsiyah, A. (2021). Proses Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Pada Sekolahalam Minangkabau di Kota Padang. Al-Idarah: Jurnal Kependidikan Islam, 11(2), 215-225.

Sarina, D., Hidayat, A., Zen, A. R., Gusvita, A., Safni, P., Yanda, T. A., & Alfurqan, A. (2021). Persepsi Wali Santri Terhadap Pendidikan Seks pada Anak di TPQ Baitul Amal Kota Padang. Az-Zahra: Journal of Gender and Family Studies, 2(1), 12-25.

Shobri, F., & Alfurqan, A. (2023). Peran Guru Pendidikan Agama Islam pada Program Sekolah Penggerak di SD Negeri 03 Kandis. Journal on Education, 5(3), 7938-7945.

Tamrin, M., Amrina, Z., Arifin., E. (2014). Problematika Pemanfaatan Media Pembelajaran di SD 29 Ganting Utara Kecamatan Padang Timur Kota Padang. Jurnal Cerdas Proklamator, Volume 2, Nomor 2, Desember, 2014, Halaman 114-132

Tamrin, M., Azkiya, H., & Sari, S. (2017). Problems faced by the teacher in maximizing the use of learning media in Padang. Al-Ta Lim Journal, Volume 24, Number 1, February, 2017, Page 60-66

Tamrin, M., Nurman, R. (2021). Development of IPS Learning Module with Contextual Teaching and Approach Learning for Class IV SD Students. Jurnal CERDAS Proklamator, Vol. 9, No. 1, Edisi Juni 2021, M. Tamrin, Hal.45-52

Yuniendel, R. K., Trinova, Z., Wiyanti, V., & Tamrin, M. (2022). Analisis strategi lightening the learning climate pada pembelajaran pendidikan agama islam. Journal of Innovation Research and Knowledge, 1(11), 1497-1504.

Zalillah, D., & Alfurqan, A. (2022). Penggunaan Game Interaktif Wordwall dalam Evaluasi Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SDN 17 Gurun Laweh Padang. Manazhim, 4(2), 491-504.

Sugiyono. 2024. Metode Penelitia Kuantitatif. Bandung. Alfabeta.

Shoimin, Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Medan: Persada.

Shoimin, Aris. 2014. 68. Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: arRuzz Media.

##submission.additionalFiles##

Diterbitkan

2025-06-16