Improving Descriptive Text Writing Skills Using Audio Visual Media In Grade V Sdn 12 Koto Gadang Anam Koto Kabupaten Agam

Penulis

  • Wahyu Hidayat Universitas Bung Hatta
  • Risa Yulisna Universitas Bung Hatta

Abstrak

PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS DESKRIPSI MENGGUNAKAN MEDIA AUDIO VISUAL DI KELAS V SDN 12 KOTO GADANG ANAM KOTO KABUPATEN AGAM Wahyu Hidayat1,Risa Yulisna1 1Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Imu Pendidikan Universitas Bung Hatta Email : wahyuuhhdyat@gmail.com ABSTRAK Wahyu Hidayat,2025. Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Deskripsi Menggunakan Media Audio Visual di Kelas V SDN 12 Koto Gadang Anam Koto Kabupaten Agam. Skripsi. Program Sarjana Universitas Bung Hatta Penelitian ini dilatar belakangi pembelajaran tematik terpadu yang belum sesuai dengan yang diharapkan, dimana dalam kegiatan pembelajaran berpusat pada guru (teacher centered learning) sehingga peserta didik kurang aktif dalam proses pembelajaran, dalam mengajar guru belum menerapkan langkah-langkah yang ada di Modul Ajar. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Deskripsi Menggunakan Media Audio Visual di Kelas V SDN 12 Koto Gadang Anam Koto Kabupaten Agam. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Dilaksanakan dalam dua siklus, yaitu siklus I terdiri dari 2 pertemuan, dan siklus II terdiri dari 2 pertemuan. Di setiap siklus tersebut meliputi empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah guru dan peserta didik Kelas V SDN 12 Koto Gadang Anam Koto Kabupaten Agam dengan jumlah 12 orang peserta didik yang terdiri dari 10 perempuan dan 2 laki-laki. Prosedur penelitian meliputi empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Data penelitian berasal dari hasil pengamatan, tes dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan pada Hal tersebut dapat dibuktikan melalui aktivitas siswa siklus I pada indikator I, siswa bertanya mengenai penjelasan materi maupun bertanya kepada kelompok yang sedang persentase dengan rata-rata 61,8% dan siklus II 83,3%, siswa yang menjawab pertanyaan dari guru maupun dari teman- temanya pada saat proses pembelajaran berlangsung dengan rata-rata pada siklus I 59,9% dan siklus II 80,9% dan siswa yang ikut serta dalam berdiskusi serta bekerja sama dengan anggota kelompok dengan baik yang rata-rata persentasenya pada siklus I 71,3% dan siklus II 88%. Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan penerapan media Audio Visual dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran menulis teks deskripsi. Kata kunci : Hasil Belajar, Menulis Teks Deskripsi, Media Audio Visual

Referensi

Alfurqan, A., Tamrin, M., Trinova, Z. (2021). Implementation of Problem Solving Methods in The Learning of Slamic Religious Education (PAI) Students of Class VI Elementary School. Jurnal CERDAS Proklamator, Vol. 9, No. 1, Edisi Juni 2021, Hal.53-59

Alfurqan, A., Tamrin, M., Trinova, Z., & Zuhdiyah, Z. (2019). The problematics of Islamic religious education teacher in using of instructional media at SD Negeri 06 Pancung Soal Pesisir Selatan. Al-Ta Lim Journal, Volume 26, Number 1, February, 2019, Page 56-64

Alfurqan, A., Trinova, Z., Tamrin, M., & Khairat, A (2020). Membangun Sebuah Pengajaran Filosofi Personal: Konsep dari Pengembangan dan Pendidikan Dasar. Jurnal Tarbiyah al-Awlad, Volume 10, Nomor 2, 2020, Page 213-222

Alfurqan, A., Zein, Z., & Salam, A. (2019). Implementasi Khazanah Surau Terhadap Pendidikan Islam Modern. TARBAWY: Indonesian Journal of Islamic Education, 6(2), 127-141.

Azkiya, H., & Tamrin, M. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Aktif Tipe Card Sort Dan Motivasi Belajar Dalam Mata Kuliah Keterampilan Berbahasa Indonesia Ke-Sd-an Mahasiswa Prodi Pgsd. Puitika, 13(2), 162. https://doi.org/10.25077/puitika.13.2.162--173.2017

Azkiya, H, dan M. Tamrin. 2018. Upaya Mengoptimalisasikan Pendidikan Berbasis Karakter Siswa TPQ/TQA Masjid Darul Mukhlisin Padang. Jurnal gervasi, Volume 2 Nomor 1, Juni 2018. Halaman 47-56

Azkiya, H, Tamrin, M., Yuza, A. & Madona, Ade Sri. (2022). Pengembangan E-Modul Berbasis Nilai-Nilai Pendidikan Multikultural di Sekolah Dasar Islam. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 7(2), 409–427. https://doi.org/10.25299/al-thariqah.2022.vol7(2).10851

Kartika, M., & Alfurqan, A. (2022). Problematika Peserta Didik dalam Membaca Al-Qur’an di SMP Negeri 1 Lembah Melintang. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 9378-9385.

Ramadhani, A. S., & Alfurqan, A. (2022). Pengaruh Penggunaan Model Kooperatif Tipe STAD terhadap Hasil Belajar PAI di SDN 16 Kota Padang. MANAZHIM, 4(1), 133-144.

Sari, W. W., Alfurqan, A., & Arsiyah, A. (2021). Proses Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Pada Sekolahalam Minangkabau di Kota Padang. Al-Idarah: Jurnal Kependidikan Islam, 11(2), 215-225.

Sarina, D., Hidayat, A., Zen, A. R., Gusvita, A., Safni, P., Yanda, T. A., & Alfurqan, A. (2021). Persepsi Wali Santri Terhadap Pendidikan Seks pada Anak di TPQ Baitul Amal Kota Padang. Az-Zahra: Journal of Gender and Family Studies, 2(1), 12-25.

Shobri, F., & Alfurqan, A. (2023). Peran Guru Pendidikan Agama Islam pada Program Sekolah Penggerak di SD Negeri 03 Kandis. Journal on Education, 5(3), 7938-7945.

Tamrin, M., Amrina, Z., Arifin., E. (2014). Problematika Pemanfaatan Media Pembelajaran di SD 29 Ganting Utara Kecamatan Padang Timur Kota Padang. Jurnal Cerdas Proklamator, Volume 2, Nomor 2, Desember, 2014, Halaman 114-132

Tamrin, M., Azkiya, H., & Sari, S. (2017). Problems faced by the teacher in maximizing the use of learning media in Padang. Al-Ta Lim Journal, Volume 24, Number 1, February, 2017, Page 60-66

Tamrin, M., Nurman, R. (2021). Development of IPS Learning Module with Contextual Teaching and Approach Learning for Class IV SD Students. Jurnal CERDAS Proklamator, Vol. 9, No. 1, Edisi Juni 2021, M. Tamrin, Hal.45-52

Yuniendel, R. K., Trinova, Z., Wiyanti, V., & Tamrin, M. (2022). Analisis strategi lightening the learning climate pada pembelajaran pendidikan agama islam. Journal of Innovation Research and Knowledge, 1(11), 1497-1504.

Zalillah, D., & Alfurqan, A. (2022). Penggunaan Game Interaktif Wordwall dalam Evaluasi Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SDN 17 Gurun Laweh Padang. Manazhim, 4(2), 491-504.

Afrizal, Dimas Yusuf, ‘Media Sosial Instagram Sebagai Sarana Pembelajaran Menulis Teks Deskripsi’, PROSIDING SAMASTA Seminar Nasional Bahasa Dan Sastra Indonesia, 1.1 (2020), 62–66 Ariga,

Ariyana, Intan Sari Ramdhani, and Sumiyani, ‘Merdeka Belajar Melalui Penggunaan Media Audio Visual Pada Pembelajaran Menulis Teks Deskripsi’, Silampari Bisa: Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa Indonesia, Daerah, Dan Asing, 3.2 (2020), 356–70

##submission.additionalFiles##

Diterbitkan

2025-06-16