Improving Narrative Text Writing Skills of Grade IV Students of Elementary School 02 Cacang Tinggi, Agam Regency Through Project Based Learning Model Assisted by Picture Series Media

Penulis

  • Nengsri Hasani Universitas Bung Hatta
  • Hasnul Fikri Universitas Bung Hatta

Abstrak

PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS NARASI SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 02 CACANG TINGGI KABUPATEN AGAM MELALUI MODEL PROJECT BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA GAMBAR SERI Nengsri Hasani1, Hasnul Fikri1 1Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Bung Hatta Email: nengsrihasanii@gmail.com ABSTRAK Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan keterampilan siswa kelas IV SDN 02 Cacang Tinggi Kabupaten Agam dalam menulis teks narasi melalui model project based learning berbantuan media gambar seri. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan dua siklus, masing-masing terdiri dari dua pertemuan. Subjek penelitian adalah 15 siswa kelas IV tahun ajaran 2024/2025. Instrumen penelitian meliputi lembar observasi guru, observasi siswa, dan tes hasil belajar. Hasil observasi menunjukkan rata-rata persentase aktivitas guru pada siklus I sebesar 70,3% meningkat menjadi 88% di siklus II. Persentase aktivitas siswa juga meningkat dari 70,2% di siklus I menjadi 82,8% di siklus II. Ketuntasan belajar siswa mengalami peningkatan signifikan, dari 53,3% pada siklus I menjadi 86,6% di siklus II. Rata-rata tes akhir siswa pada siklus II berada di atas KKTP 75, memenuhi kategori tuntas. Dapat disimpulkan bahwa penerapan model project based learning berbantuan media gambar seri efektif meningkatkan keterampilan siswa dalam menulis teks narasi pada pembelajaran Bahasa Indonesia. Kata Kunci: keterampilan menulis, teks narasi, PJBL, gambar seri

Referensi

Arini, R. (2019). Penggunaan Media Gambar Seri dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran.

Ariyana, Bestary, n.d (2018). “Model-Model Pembelajaran”. Tulung, Klaten, Jawa Tengah: Lakeisha

Astririana, B. (2024). Model Project Based Learning Berbantuan Media Audio Visual Terhadap Keterampilan Menulis Teks Narasi Tema Anak Siswa Kelas IV. Seminar Nasional Sosial, Sains, Pendidikan, Humaniora. Universitas PGRI Madiun.

Alfurqan, A., Tamrin, M., Trinova, Z. (2021). Implementation of Problem Solving Methods in The Learning of Slamic Religious Education (PAI) Students of Class VI Elementary School. Jurnal CERDAS Proklamator, Vol. 9, No. 1, Edisi Juni 2021, Hal.53-59

Alfurqan, A., Tamrin, M., Trinova, Z., & Zuhdiyah, Z. (2019). The problematics of Islamic religious education teacher in using of instructional media at SD Negeri 06 Pancung Soal Pesisir Selatan. Al-Ta Lim Journal, Volume 26, Number 1, February, 2019, Page 56-64

Alfurqan, A., Trinova, Z., Tamrin, M., & Khairat, A (2020). Membangun Sebuah Pengajaran Filosofi Personal: Konsep dari Pengembangan dan Pendidikan Dasar. Jurnal Tarbiyah al-Awlad, Volume 10, Nomor 2, 2020, Page 213-222

Alfurqan, A., Zein, Z., & Salam, A. (2019). Implementasi Khazanah Surau Terhadap Pendidikan Islam Modern. TARBAWY: Indonesian Journal of Islamic Education, 6(2), 127-141.

Azkiya, H., & Tamrin, M. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Aktif Tipe Card Sort Dan Motivasi Belajar Dalam Mata Kuliah Keterampilan Berbahasa Indonesia Ke-Sd-an Mahasiswa Prodi Pgsd. Puitika, 13(2), 162. https://doi.org/10.25077/puitika.13.2.162--173.2017

Azkiya, H, dan M. Tamrin. 2018. Upaya Mengoptimalisasikan Pendidikan Berbasis Karakter Siswa TPQ/TQA Masjid Darul Mukhlisin Padang. Jurnal gervasi, Volume 2 Nomor 1, Juni 2018. Halaman 47-56

Azkiya, H, Tamrin, M., Yuza, A. & Madona, Ade Sri. (2022). Pengembangan E-Modul Berbasis Nilai-Nilai Pendidikan Multikultural di Sekolah Dasar Islam. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 7(2), 409–427. https://doi.org/10.25299/al-thariqah.2022.vol7(2).10851

Kartika, M., & Alfurqan, A. (2022). Problematika Peserta Didik dalam Membaca Al-Qur’an di SMP Negeri 1 Lembah Melintang. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 9378-9385.

Ramadhani, A. S., & Alfurqan, A. (2022). Pengaruh Penggunaan Model Kooperatif Tipe STAD terhadap Hasil Belajar PAI di SDN 16 Kota Padang. MANAZHIM, 4(1), 133-144.

Sari, W. W., Alfurqan, A., & Arsiyah, A. (2021). Proses Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Pada Sekolahalam Minangkabau di Kota Padang. Al-Idarah: Jurnal Kependidikan Islam, 11(2), 215-225.

Sarina, D., Hidayat, A., Zen, A. R., Gusvita, A., Safni, P., Yanda, T. A., & Alfurqan, A. (2021). Persepsi Wali Santri Terhadap Pendidikan Seks pada Anak di TPQ Baitul Amal Kota Padang. Az-Zahra: Journal of Gender and Family Studies, 2(1), 12-25.

Shobri, F., & Alfurqan, A. (2023). Peran Guru Pendidikan Agama Islam pada Program Sekolah Penggerak di SD Negeri 03 Kandis. Journal on Education, 5(3), 7938-7945.

Tamrin, M., Amrina, Z., Arifin., E. (2014). Problematika Pemanfaatan Media Pembelajaran di SD 29 Ganting Utara Kecamatan Padang Timur Kota Padang. Jurnal Cerdas Proklamator, Volume 2, Nomor 2, Desember, 2014, Halaman 114-132

Tamrin, M., Azkiya, H., & Sari, S. (2017). Problems faced by the teacher in maximizing the use of learning media in Padang. Al-Ta Lim Journal, Volume 24, Number 1, February, 2017, Page 60-66

Tamrin, M., Nurman, R. (2021). Development of IPS Learning Module with Contextual Teaching and Approach Learning for Class IV SD Students. Jurnal CERDAS Proklamator, Vol. 9, No. 1, Edisi Juni 2021, M. Tamrin, Hal.45-52

Yuniendel, R. K., Trinova, Z., Wiyanti, V., & Tamrin, M. (2022). Analisis strategi lightening the learning climate pada pembelajaran pendidikan agama islam. Journal of Innovation Research and Knowledge, 1(11), 1497-1504.

Zalillah, D., & Alfurqan, A. (2022). Penggunaan Game Interaktif Wordwall dalam Evaluasi Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SDN 17 Gurun Laweh Padang. Manazhim, 4(2), 491-504.

Lestari, C. (2023). Penerapan Project Based Learning Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di Kelas IV SDN 196 Sukarasa Kota Bandung. Jurnal Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(2), 1-10.

Musyadad, V., Supriatna, A., & Aprilia, D. (2021). Media Gambar Seri Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Karangan Narasi Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Tahsinia, 2(1), 10-18.

Satria, S. (2024). Penggunaan Media Gambar Seri Dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Narasi Murid Kelas III SDI Ra’ong Kabupaten Manggarai Barat. Skripsi. Universitas Muhammadiyah Makassar.

Sukidi, M. (2019). Penggunaan Media Gambar Seri Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Karangan Narasi Siswa Kelas III SDN Kerabon I Tulangan Sidoarjo. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(1), 1-10.

Sunita, D., Pratama, A., & Wijaya, R. (2019). Implementasi model project based learning untuk meningkatkan partisipasi aktif dan berpikir kritis siswa. Jurnal Pendidikan Inovatif, 15(2), 78-89.

Suryaning, A.F. (2021). Pengaruh Penggunaan Media Gambar Seri Terhadap Kemampuan Menulis Karangan Narasi Siswa Kelas V MI Muhammadiyah 1 Payaman. Jurnal Pendidikan Dan Sains, 3 (April), 142-152

Winangun, S. (2021). Sintaks pada model pembelajaran project based learning: Kajian teoretis dan implementasi. Jurnal Pendidikan Progresif, 12(3), 145-158.

##submission.additionalFiles##

Diterbitkan

2025-06-16