Improving Beginning Writing Skills with the Drill Method Assisted by Syllable Puzzle Media for Class II Students of SD Negeri 03 Alai Timur Padang
Abstrak
PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS PERMULAAN DENGAN METODE DRILL BERBANTUAN MEDIA PUZZLE SUKU KATA SISWA KELAS II SD NEGERI 03 ALAI TIMUR PADANG Haliza Oktovia1, Syofiani2 1Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Bung Hatta Email: oktaviahaliza@gmail.com ABSTRAK Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan menulis permulaan siswa pada kelas II di SDN 03 Alai Timur Padang. Tujuan penelitian untuk meningkatkan kemampuan menulis permulaan siswa menggunakan metode Drill . Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tidakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus. Masing-masing siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas II SDN 03 Alai Timur Padang yang berjumlah 28 orang. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi guru, lembar observasi siswa dan tes kemampuaan menulis permulaan siswa. Bedasarkan hasil observasi dapat diketahui bahwa rata-rata persentase aktivitas guru siklus I sebesar 72,5% meningkat menjadi 90% di siklus II. Pada lembar observasi aktivitas siswa rata-rata persentase siklus I sebesar 73,00% meningkat menjadi 89,5% di siklus II. Hasil belajar siswa pada siklus I, dari 28 orang siswa masih terdapat 8 orang yang belum pandai menulis. Pada siklus II dari 28 orang terdapat 2 orang yang belum pandai menulis. Hal ini dapat dibuktikan dari nilai tes menulis permulaan pada siklus I sebesar 75% dengan persentase 71,4% terjadi peningkatan pada siklus II menjadi 90,5% dengan persentase 93%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa telah terjadi peningkatan menulis permulaan menggunakan metode Drill pada siswa kelas II SDN 03 Alai Timur Padang. Kata kunci : Metode Drill, kemampuan menulis, media puzzle suku kata, penelitian tindakan kelasReferensi
Arikunto, Suharsimi, Suhardjono, Supardi. 2017. Penelitian tindakan kelas. Jakarta: Bumi aksara
Bruce,J., Marsha,W., &Emily,C.(2011). Model of Teaching, Model-Model Pengajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Alfurqan, A., Tamrin, M., Trinova, Z. (2021). Implementation of Problem Solving Methods in The Learning of Slamic Religious Education (PAI) Students of Class VI Elementary School. Jurnal CERDAS Proklamator, Vol. 9, No. 1, Edisi Juni 2021, Hal.53-59
Alfurqan, A., Tamrin, M., Trinova, Z., & Zuhdiyah, Z. (2019). The problematics of Islamic religious education teacher in using of instructional media at SD Negeri 06 Pancung Soal Pesisir Selatan. Al-Ta Lim Journal, Volume 26, Number 1, February, 2019, Page 56-64
Alfurqan, A., Trinova, Z., Tamrin, M., & Khairat, A (2020). Membangun Sebuah Pengajaran Filosofi Personal: Konsep dari Pengembangan dan Pendidikan Dasar. Jurnal Tarbiyah al-Awlad, Volume 10, Nomor 2, 2020, Page 213-222
Alfurqan, A., Zein, Z., & Salam, A. (2019). Implementasi Khazanah Surau Terhadap Pendidikan Islam Modern. TARBAWY: Indonesian Journal of Islamic Education, 6(2), 127-141.
Azkiya, H., & Tamrin, M. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Aktif Tipe Card Sort Dan Motivasi Belajar Dalam Mata Kuliah Keterampilan Berbahasa Indonesia Ke-Sd-an Mahasiswa Prodi Pgsd. Puitika, 13(2), 162. https://doi.org/10.25077/puitika.13.2.162--173.2017
Azkiya, H, dan M. Tamrin. 2018. Upaya Mengoptimalisasikan Pendidikan Berbasis Karakter Siswa TPQ/TQA Masjid Darul Mukhlisin Padang. Jurnal gervasi, Volume 2 Nomor 1, Juni 2018. Halaman 47-56
Azkiya, H, Tamrin, M., Yuza, A. & Madona, Ade Sri. (2022). Pengembangan E-Modul Berbasis Nilai-Nilai Pendidikan Multikultural di Sekolah Dasar Islam. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 7(2), 409–427. https://doi.org/10.25299/al-thariqah.2022.vol7(2).10851
Kartika, M., & Alfurqan, A. (2022). Problematika Peserta Didik dalam Membaca Al-Qur’an di SMP Negeri 1 Lembah Melintang. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 9378-9385.
Ramadhani, A. S., & Alfurqan, A. (2022). Pengaruh Penggunaan Model Kooperatif Tipe STAD terhadap Hasil Belajar PAI di SDN 16 Kota Padang. MANAZHIM, 4(1), 133-144.
Sari, W. W., Alfurqan, A., & Arsiyah, A. (2021). Proses Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Pada Sekolahalam Minangkabau di Kota Padang. Al-Idarah: Jurnal Kependidikan Islam, 11(2), 215-225.
Sarina, D., Hidayat, A., Zen, A. R., Gusvita, A., Safni, P., Yanda, T. A., & Alfurqan, A. (2021). Persepsi Wali Santri Terhadap Pendidikan Seks pada Anak di TPQ Baitul Amal Kota Padang. Az-Zahra: Journal of Gender and Family Studies, 2(1), 12-25.
Shobri, F., & Alfurqan, A. (2023). Peran Guru Pendidikan Agama Islam pada Program Sekolah Penggerak di SD Negeri 03 Kandis. Journal on Education, 5(3), 7938-7945.
Tamrin, M., Amrina, Z., Arifin., E. (2014). Problematika Pemanfaatan Media Pembelajaran di SD 29 Ganting Utara Kecamatan Padang Timur Kota Padang. Jurnal Cerdas Proklamator, Volume 2, Nomor 2, Desember, 2014, Halaman 114-132
Tamrin, M., Azkiya, H., & Sari, S. (2017). Problems faced by the teacher in maximizing the use of learning media in Padang. Al-Ta Lim Journal, Volume 24, Number 1, February, 2017, Page 60-66
Tamrin, M., Nurman, R. (2021). Development of IPS Learning Module with Contextual Teaching and Approach Learning for Class IV SD Students. Jurnal CERDAS Proklamator, Vol. 9, No. 1, Edisi Juni 2021, M. Tamrin, Hal.45-52
Yuniendel, R. K., Trinova, Z., Wiyanti, V., & Tamrin, M. (2022). Analisis strategi lightening the learning climate pada pembelajaran pendidikan agama islam. Journal of Innovation Research and Knowledge, 1(11), 1497-1504.
Zalillah, D., & Alfurqan, A. (2022). Penggunaan Game Interaktif Wordwall dalam Evaluasi Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SDN 17 Gurun Laweh Padang. Manazhim, 4(2), 491-504.