The effect of the Problem Based Learning model on the results of learning science in grade IV students of SD Negeri 20 Dadok Tunggul Hitam, Padang City

Penulis

  • Widia Astuti Universitas Bung Hatta
  • Heri Effendi Universitas Bung Hatta

Abstrak

PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR IPAS SISWA KELAS IV SD NEGERI 20 DADOK TUNGGUL HITAM KOTA PADANG Widia Astuti1 , Heri Effendi1 1Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Bung Hatta Email : widiawiwit65@gmai.com ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran problem based learning terhadap hasil belajar IPAS siswa kelas IV di SD Negeri 20 Dadok Tunggul Hitam Kota Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen menggunakan desain quasi eksperimental. Sampel penelitian adalah siswa kelas IV SD Negeri 20 Dadok Tunggul Hitam Kota Padang. Dua kelas menjadi peneltian adalah kelas IV B sebagai kelas eksperimen dan IV A sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data penelitian menggunakan tes hasil belajar berupa soal objektif sebanyak 20 butir soal. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh rata-rata siswa di kelas eksperimen sebesar 83,3, sedangkan kelas kontrol diperoleh sebesar 75. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan uji-t menggunakan bantuan SPSS versi 25. Dengan nilai sig (2- tailed) < 0,05 (0,025 < 0,05). Dari hasil penelitian terbukti bahwa penggunaan model pembelajaran problem based learning memberikan pengaruh terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran IPAS di kelas IV SD Negeri 20 Dadok Tunggul Hitam Kota Padang tahun ajaran 2024/2025. Kata Kunci : Model Problem Based Learning, Hasil belajar IPAS

Referensi

Alfurqan, A., Tamrin, M., Trinova, Z. (2021). Implementation of Problem Solving Methods in The Learning of Slamic Religious Education (PAI) Students of Class VI Elementary School. Jurnal CERDAS Proklamator, Vol. 9, No. 1, Edisi Juni 2021, Hal.53-59

Alfurqan, A., Tamrin, M., Trinova, Z., & Zuhdiyah, Z. (2019). The problematics of Islamic religious education teacher in using of instructional media at SD Negeri 06 Pancung Soal Pesisir Selatan. Al-Ta Lim Journal, Volume 26, Number 1, February, 2019, Page 56-64

Alfurqan, A., Trinova, Z., Tamrin, M., & Khairat, A (2020). Membangun Sebuah Pengajaran Filosofi Personal: Konsep dari Pengembangan dan Pendidikan Dasar. Jurnal Tarbiyah al-Awlad, Volume 10, Nomor 2, 2020, Page 213-222

Alfurqan, A., Zein, Z., & Salam, A. (2019). Implementasi Khazanah Surau Terhadap Pendidikan Islam Modern. TARBAWY: Indonesian Journal of Islamic Education, 6(2), 127-141.

Azkiya, H., & Tamrin, M. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Aktif Tipe Card Sort Dan Motivasi Belajar Dalam Mata Kuliah Keterampilan Berbahasa Indonesia Ke-Sd-an Mahasiswa Prodi Pgsd. Puitika, 13(2), 162. https://doi.org/10.25077/puitika.13.2.162--173.2017

Azkiya, H, dan M. Tamrin. 2018. Upaya Mengoptimalisasikan Pendidikan Berbasis Karakter Siswa TPQ/TQA Masjid Darul Mukhlisin Padang. Jurnal gervasi, Volume 2 Nomor 1, Juni 2018. Halaman 47-56

Azkiya, H, Tamrin, M., Yuza, A. & Madona, Ade Sri. (2022). Pengembangan E-Modul Berbasis Nilai-Nilai Pendidikan Multikultural di Sekolah Dasar Islam. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 7(2), 409–427. https://doi.org/10.25299/al-thariqah.2022.vol7(2).10851

Kartika, M., & Alfurqan, A. (2022). Problematika Peserta Didik dalam Membaca Al-Qur’an di SMP Negeri 1 Lembah Melintang. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 9378-9385.

Ramadhani, A. S., & Alfurqan, A. (2022). Pengaruh Penggunaan Model Kooperatif Tipe STAD terhadap Hasil Belajar PAI di SDN 16 Kota Padang. MANAZHIM, 4(1), 133-144.

Sari, W. W., Alfurqan, A., & Arsiyah, A. (2021). Proses Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Pada Sekolahalam Minangkabau di Kota Padang. Al-Idarah: Jurnal Kependidikan Islam, 11(2), 215-225.

Sarina, D., Hidayat, A., Zen, A. R., Gusvita, A., Safni, P., Yanda, T. A., & Alfurqan, A. (2021). Persepsi Wali Santri Terhadap Pendidikan Seks pada Anak di TPQ Baitul Amal Kota Padang. Az-Zahra: Journal of Gender and Family Studies, 2(1), 12-25.

Shobri, F., & Alfurqan, A. (2023). Peran Guru Pendidikan Agama Islam pada Program Sekolah Penggerak di SD Negeri 03 Kandis. Journal on Education, 5(3), 7938-7945.

Tamrin, M., Amrina, Z., Arifin., E. (2014). Problematika Pemanfaatan Media Pembelajaran di SD 29 Ganting Utara Kecamatan Padang Timur Kota Padang. Jurnal Cerdas Proklamator, Volume 2, Nomor 2, Desember, 2014, Halaman 114-132

Tamrin, M., Azkiya, H., & Sari, S. (2017). Problems faced by the teacher in maximizing the use of learning media in Padang. Al-Ta Lim Journal, Volume 24, Number 1, February, 2017, Page 60-66

Tamrin, M., Nurman, R. (2021). Development of IPS Learning Module with Contextual Teaching and Approach Learning for Class IV SD Students. Jurnal CERDAS Proklamator, Vol. 9, No. 1, Edisi Juni 2021, M. Tamrin, Hal.45-52

Yuniendel, R. K., Trinova, Z., Wiyanti, V., & Tamrin, M. (2022). Analisis strategi lightening the learning climate pada pembelajaran pendidikan agama islam. Journal of Innovation Research and Knowledge, 1(11), 1497-1504.

Zalillah, D., & Alfurqan, A. (2022). Penggunaan Game Interaktif Wordwall dalam Evaluasi Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SDN 17 Gurun Laweh Padang. Manazhim, 4(2), 491-504.

Susilowati, D. (2023). ‘‘Peningkatan Keaktifan Belajar Peserta Didik Melalui Implementasi Metode Eksperimen Pada Mata Pelajaran Ipas. Khazanah Pendidikan, 17(1), 186’’.

Sugiyono(2019). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.

Riyanto, M., Asbari, M., & Latif, D. (2024). ‘‘Efektivitas Problem Based Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa’’. Journal of Information Systems and Management (JISMA), 3(1), 1-5.

##submission.additionalFiles##

Diterbitkan

2025-06-16