Improving the Early Writing Skills of Grade I Students Through the Media of Picture Letter Cards at SDN 13 Seberang Padang Utara

Penulis

  • Anjela Afitri Universitas Bung Hatta
  • Wirnita Universitas Bung Hatta

Abstrak

PENIN GK ATAN KEM AMPU AN MENULI S AWAL SISWA KELAS I MELALUI MEDIA KARTU HURUF BERGAMBAR SDN 13 SEBERANG PADANG UTARA Anjela Afitri 1, Wirnita2 Sayuti Dt Rj Pangulu3 Risa Yulisna4 1Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Bung Hatta Email: afitrianjela@gmail.com wirnita.eska@bunghatta.ac.ic ABSTRAK Penelitian ini dilatarbelakangi karena rendahnya kemampuan menulis awal siswa dikelas I SDN 13 Seberang Padang Utara yang disebabkan pada saat proses pembelajaran guru konvensional dalam menerangkan pelajaran dan kurang bervariasi dalam menerapkan metode dalam pembelajaran menulis. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan menulis siswa dalam menulis kata dengan menggunakan media kartu huruf bergambar. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori menulis awal yang dikemukakan oleh Popp (2008:12) dan media kartu huruf bergambar dikemukakan oleh Andayani (2015). Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilakukan oleh dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari dua pertemuan dan tes akhir. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas I SDN 13 Seberang Padang Utara yang berjumlah 18 orang. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi aktivitas guru, lembar observasi aktivitas siswa, dan tes kemampuan menulis dan mengenal kata. Ketuntasan hasil belajar kemampuan menulis dan mengenal kata pada siklus I dan II, diperoleh presentase kemampuan menulis dan mengenal kata pada siklus I sebesar 50% dengan rata-rata hasil belajar 77,22 dan meningkat pada siklus 2 sebesar 88,8% dengan rata-rata hasil belajar 94,4. Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa pembelajaran Bahasa Indonesia dalam menulis dan mengenal kata menggunakan media kartu huruf bergambar dapat meningkatkan kemampuan menulis awal siswa kelas I SDN 13 Seberang Padang Utara. Kata kunci : kemampuan menulis awal, media kartu huruf bergambar, bahasa Indonesia.

Referensi

Aisy, H. (2023). Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Eksposisi Menggunakan Model Pembelajaran Number Heads Together (NHT) Berbatuan Media Film Animasi Pada Siswa Kelas IV SD. Vol. 6, No. 2, pp. 49-58, September 2023, 6.

Alawia, A. (2019). PENERAPAN MEDIA GAMBAR LINGKUNGAN SEKITAR DALAM. Vol 2, No.2, Oktober 2019, 2.

Ali, M. (2021). PENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA DAN MENULIS. PERNIK Jurnal PAUD, VOL 4 NO. 1 SEPTEMBER 2021, 4.

Anissa, A., Ridlwan, M., & Abidin, R. (2023). PENERAPAN PERMAINAN MEDIA KARTU HURUF BERGAMBAR UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS PERMULAAN PADA KELOMPOK A TK HARAPAN JEJEL NGIMBANG LAMONGAN. PROCEEDING UMSURABAYA.

Arikunto. (2020). Penelitian Tindakan Kelas. PT. Bumi Aksara.

Febrianti, F. (2019, May). Efektivitas penggunaan media grafis dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP (Vol. 2, No. 1, pp. 667-677).

Eska, W. (2014). Keterampilan berbahasa presenter penyaji berita pada lembaga penyiaran televisi. Jurnal ipteks terapan, 8(4), 235-241.

Alfurqan, A., Tamrin, M., Trinova, Z. (2021). Implementation of Problem Solving Methods in The Learning of Slamic Religious Education (PAI) Students of Class VI Elementary School. Jurnal CERDAS Proklamator, Vol. 9, No. 1, Edisi Juni 2021, Hal.53-59

Alfurqan, A., Tamrin, M., Trinova, Z., & Zuhdiyah, Z. (2019). The problematics of Islamic religious education teacher in using of instructional media at SD Negeri 06 Pancung Soal Pesisir Selatan. Al-Ta Lim Journal, Volume 26, Number 1, February, 2019, Page 56-64

Alfurqan, A., Trinova, Z., Tamrin, M., & Khairat, A (2020). Membangun Sebuah Pengajaran Filosofi Personal: Konsep dari Pengembangan dan Pendidikan Dasar. Jurnal Tarbiyah al-Awlad, Volume 10, Nomor 2, 2020, Page 213-222

Alfurqan, A., Zein, Z., & Salam, A. (2019). Implementasi Khazanah Surau Terhadap Pendidikan Islam Modern. TARBAWY: Indonesian Journal of Islamic Education, 6(2), 127-141.

Azkiya, H., & Tamrin, M. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Aktif Tipe Card Sort Dan Motivasi Belajar Dalam Mata Kuliah Keterampilan Berbahasa Indonesia Ke-Sd-an Mahasiswa Prodi Pgsd. Puitika, 13(2), 162. https://doi.org/10.25077/puitika.13.2.162--173.2017

Azkiya, H, dan M. Tamrin. 2018. Upaya Mengoptimalisasikan Pendidikan Berbasis Karakter Siswa TPQ/TQA Masjid Darul Mukhlisin Padang. Jurnal gervasi, Volume 2 Nomor 1, Juni 2018. Halaman 47-56

Azkiya, H, Tamrin, M., Yuza, A. & Madona, Ade Sri. (2022). Pengembangan E-Modul Berbasis Nilai-Nilai Pendidikan Multikultural di Sekolah Dasar Islam. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 7(2), 409–427. https://doi.org/10.25299/al-thariqah.2022.vol7(2).10851

Kartika, M., & Alfurqan, A. (2022). Problematika Peserta Didik dalam Membaca Al-Qur’an di SMP Negeri 1 Lembah Melintang. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 9378-9385.

Ramadhani, A. S., & Alfurqan, A. (2022). Pengaruh Penggunaan Model Kooperatif Tipe STAD terhadap Hasil Belajar PAI di SDN 16 Kota Padang. MANAZHIM, 4(1), 133-144.

Sari, W. W., Alfurqan, A., & Arsiyah, A. (2021). Proses Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Pada Sekolahalam Minangkabau di Kota Padang. Al-Idarah: Jurnal Kependidikan Islam, 11(2), 215-225.

Sarina, D., Hidayat, A., Zen, A. R., Gusvita, A., Safni, P., Yanda, T. A., & Alfurqan, A. (2021). Persepsi Wali Santri Terhadap Pendidikan Seks pada Anak di TPQ Baitul Amal Kota Padang. Az-Zahra: Journal of Gender and Family Studies, 2(1), 12-25.

Shobri, F., & Alfurqan, A. (2023). Peran Guru Pendidikan Agama Islam pada Program Sekolah Penggerak di SD Negeri 03 Kandis. Journal on Education, 5(3), 7938-7945.

Tamrin, M., Amrina, Z., Arifin., E. (2014). Problematika Pemanfaatan Media Pembelajaran di SD 29 Ganting Utara Kecamatan Padang Timur Kota Padang. Jurnal Cerdas Proklamator, Volume 2, Nomor 2, Desember, 2014, Halaman 114-132

Tamrin, M., Azkiya, H., & Sari, S. (2017). Problems faced by the teacher in maximizing the use of learning media in Padang. Al-Ta Lim Journal, Volume 24, Number 1, February, 2017, Page 60-66

Tamrin, M., Nurman, R. (2021). Development of IPS Learning Module with Contextual Teaching and Approach Learning for Class IV SD Students. Jurnal CERDAS Proklamator, Vol. 9, No. 1, Edisi Juni 2021, M. Tamrin, Hal.45-52

Yuniendel, R. K., Trinova, Z., Wiyanti, V., & Tamrin, M. (2022). Analisis strategi lightening the learning climate pada pembelajaran pendidikan agama islam. Journal of Innovation Research and Knowledge, 1(11), 1497-1504.

Zalillah, D., & Alfurqan, A. (2022). Penggunaan Game Interaktif Wordwall dalam Evaluasi Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SDN 17 Gurun Laweh Padang. Manazhim, 4(2), 491-504.

Gunaya, I. N. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Picture And Picture Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Karangan Deskripsi . ISSN 2615-0891 (E) Vol. 4 No. 1 (2021).

##submission.additionalFiles##

Diterbitkan

2025-06-16