Development of HOTS-Based Science Learning Assessment Instruments Using Online Media in Class V of SDN 99/III Sungai Pegeh, Kerinci Regency
Abstrak
PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN PEMBELAJARAN IPA BERBASIS HOTS MENGGUNAKAN MEDIA ONLINE DI KELAS V SDN 99/III SUNGAI PEGEH KABUPATEN KERINCI Fingki Agma Putri1, Siska Angreni1 1Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Bung Hatta E-Mail :fingky.agmaputri03@gmail.com ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan instrumen penilaian higher order thinking skill (HOTS) pada kelas V SD yang memenuhi kriteria valid, dan praktis. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D). Prosedur pengembangan menggunakan 4-D yang dimodifikasi menjasi 3-D yaitu define, design, dan develop. Penelitian ini dilakukan pada semester genap tahun ajaran 2024/2025 dengan materi “Harmoni dalam Ekosistem”. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 99/III Sungai Pegeh. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar validasi dan praktikalitas. Berdasarkan hasil penelitian pengembangan instrumen penilaian HOTS pada kelas V SD dihasilkan rata-rata kevalidan instrumen adalah 3,68 yang memenuhi kriteria sangat valid, dengan persentase kevalidan oleh validator ahli bahasa sebesar 3,90 (Sangat Valid), Validator ahli materi sebesar 3,86 (Sangat Valid), dan validator ahli media sebesar 3,28 (Valid). Persentase kepraktisan guru sebesar 98,08% memenuhi kriteria sangat praktis, dan persentase kepraktisan siswa sebesar 98,71% memenuhi kriteria sangat praktis. Jadi, dapat disimpulkan bahwa instrumen penilaian HOTS yang dikembangkan untuk kelas V SD sudah valid dan praktis. Instrumen penilaian HOTS ini dapat digunakan dalam pembelajaran. Maka disarankan untuk guru menggunakan instrumen penilaian HOTS ini untuk mengetahui hasil belajar siswa. Kata Kunci : Instrumen, Penilaian, HOTS.Referensi
Alfurqan, A., Tamrin, M., Trinova, Z. (2021). Implementation of Problem Solving Methods in The Learning of Slamic Religious Education (PAI) Students of Class VI Elementary School. Jurnal CERDAS Proklamator, Vol. 9, No. 1, Edisi Juni 2021, Hal.53-59
Alfurqan, A., Tamrin, M., Trinova, Z., & Zuhdiyah, Z. (2019). The problematics of Islamic religious education teacher in using of instructional media at SD Negeri 06 Pancung Soal Pesisir Selatan. Al-Ta Lim Journal, Volume 26, Number 1, February, 2019, Page 56-64
Alfurqan, A., Trinova, Z., Tamrin, M., & Khairat, A (2020). Membangun Sebuah Pengajaran Filosofi Personal: Konsep dari Pengembangan dan Pendidikan Dasar. Jurnal Tarbiyah al-Awlad, Volume 10, Nomor 2, 2020, Page 213-222
Alfurqan, A., Zein, Z., & Salam, A. (2019). Implementasi Khazanah Surau Terhadap Pendidikan Islam Modern. TARBAWY: Indonesian Journal of Islamic Education, 6(2), 127-141.
Azkiya, H., & Tamrin, M. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Aktif Tipe Card Sort Dan Motivasi Belajar Dalam Mata Kuliah Keterampilan Berbahasa Indonesia Ke-Sd-an Mahasiswa Prodi Pgsd. Puitika, 13(2), 162. https://doi.org/10.25077/puitika.13.2.162--173.2017
Azkiya, H, dan M. Tamrin. 2018. Upaya Mengoptimalisasikan Pendidikan Berbasis Karakter Siswa TPQ/TQA Masjid Darul Mukhlisin Padang. Jurnal gervasi, Volume 2 Nomor 1, Juni 2018. Halaman 47-56
Azkiya, H, Tamrin, M., Yuza, A. & Madona, Ade Sri. (2022). Pengembangan E-Modul Berbasis Nilai-Nilai Pendidikan Multikultural di Sekolah Dasar Islam. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 7(2), 409–427. https://doi.org/10.25299/al-thariqah.2022.vol7(2).10851
Kartika, M., & Alfurqan, A. (2022). Problematika Peserta Didik dalam Membaca Al-Qur’an di SMP Negeri 1 Lembah Melintang. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 9378-9385.
Ramadhani, A. S., & Alfurqan, A. (2022). Pengaruh Penggunaan Model Kooperatif Tipe STAD terhadap Hasil Belajar PAI di SDN 16 Kota Padang. MANAZHIM, 4(1), 133-144.
Sari, W. W., Alfurqan, A., & Arsiyah, A. (2021). Proses Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Pada Sekolahalam Minangkabau di Kota Padang. Al-Idarah: Jurnal Kependidikan Islam, 11(2), 215-225.
Sarina, D., Hidayat, A., Zen, A. R., Gusvita, A., Safni, P., Yanda, T. A., & Alfurqan, A. (2021). Persepsi Wali Santri Terhadap Pendidikan Seks pada Anak di TPQ Baitul Amal Kota Padang. Az-Zahra: Journal of Gender and Family Studies, 2(1), 12-25.
Shobri, F., & Alfurqan, A. (2023). Peran Guru Pendidikan Agama Islam pada Program Sekolah Penggerak di SD Negeri 03 Kandis. Journal on Education, 5(3), 7938-7945.
Tamrin, M., Amrina, Z., Arifin., E. (2014). Problematika Pemanfaatan Media Pembelajaran di SD 29 Ganting Utara Kecamatan Padang Timur Kota Padang. Jurnal Cerdas Proklamator, Volume 2, Nomor 2, Desember, 2014, Halaman 114-132
Tamrin, M., Azkiya, H., & Sari, S. (2017). Problems faced by the teacher in maximizing the use of learning media in Padang. Al-Ta Lim Journal, Volume 24, Number 1, February, 2017, Page 60-66
Tamrin, M., Nurman, R. (2021). Development of IPS Learning Module with Contextual Teaching and Approach Learning for Class IV SD Students. Jurnal CERDAS Proklamator, Vol. 9, No. 1, Edisi Juni 2021, M. Tamrin, Hal.45-52
Yuniendel, R. K., Trinova, Z., Wiyanti, V., & Tamrin, M. (2022). Analisis strategi lightening the learning climate pada pembelajaran pendidikan agama islam. Journal of Innovation Research and Knowledge, 1(11), 1497-1504.
Zalillah, D., & Alfurqan, A. (2022). Penggunaan Game Interaktif Wordwall dalam Evaluasi Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SDN 17 Gurun Laweh Padang. Manazhim, 4(2), 491-504.