Analysis of Student Errors in Solving Mathematics Problems Using Newman's Error Stages of Class V A SDN Gunung Sarik
Abstrak
ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA MENGGUNAKAN TAHAPAN KESALAHAN NEWMAN KELAS VA SDN 36 GUNUNG SARIK Adienda Sepniria Putri1, Rieke Alyusfitri1 1Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Bung Hatta Email: Adiendasepniriaputri24@gmail.com ABSTRAK Rendahnya hasil belajar matematika siswa dalam menyelesaikan soal cerita pada materi bilangan. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih banyak siswa melakukan kesalahan dalam menyelesaikan soal uraian matematik materi keliling dan luas bangun datar. Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui kesalahan yang dilakukan siswa dan faktor penyebabnya dalam menyelesaikan soal matematika menggunakan tahapan kesalahan Newman. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V A SDN 36 Gunung Sarik yang berjumlah 7 siswa. Adapun teknik pengumpulan data dengan memberikan tes uraian berupa soal cerita dan wawancara. Reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan adalah bagian dari teknik analisis data yang digunakan. Adapun jumlah skor jenis-jenis kesalahan siswa berdasarkan prosedur Newman (1) kesalahan membaca berjumlah 30 (2) kesalahan memahami berjumlah 26 (3) kesalahan transformasi berjumlah 23 (4) kesalahan keterampilan proses berjumlah 25 (5) kesalahan penulisan jawaban akhir berjumlah 19. Hasil Penelitian Ketidakmampuan siswa untuk membaca secara akurat seringkali menjadi akar penyebab kesalahan pertama mereka. Kesalahan membaca memiliki skor paling tinggi yaitu 30 maka dapat disimpulkan bahwa dalam tahapan ini dibuat ketika seorang siswa tidak dapat menguraikan kata-kata kunci pertanyaan itu. Penyebab kedua adalah kegagalan mendiagnosis masalah dengan benar. Kata Kunci: Analisis Kesalahan Siswa, Bangun Datar, Tahapan NewmanReferensi
Alfurqan, A., Tamrin, M., Trinova, Z. (2021). Implementation of Problem Solving Methods in The Learning of Slamic Religious Education (PAI) Students of Class VI Elementary School. Jurnal CERDAS Proklamator, Vol. 9, No. 1, Edisi Juni 2021, Hal.53-59
Alfurqan, A., Tamrin, M., Trinova, Z., & Zuhdiyah, Z. (2019). The problematics of Islamic religious education teacher in using of instructional media at SD Negeri 06 Pancung Soal Pesisir Selatan. Al-Ta Lim Journal, Volume 26, Number 1, February, 2019, Page 56-64
Alfurqan, A., Trinova, Z., Tamrin, M., & Khairat, A (2020). Membangun Sebuah Pengajaran Filosofi Personal: Konsep dari Pengembangan dan Pendidikan Dasar. Jurnal Tarbiyah al-Awlad, Volume 10, Nomor 2, 2020, Page 213-222
Alfurqan, A., Zein, Z., & Salam, A. (2019). Implementasi Khazanah Surau Terhadap Pendidikan Islam Modern. TARBAWY: Indonesian Journal of Islamic Education, 6(2), 127-141.
Azkiya, H., & Tamrin, M. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Aktif Tipe Card Sort Dan Motivasi Belajar Dalam Mata Kuliah Keterampilan Berbahasa Indonesia Ke-Sd-an Mahasiswa Prodi Pgsd. Puitika, 13(2), 162. https://doi.org/10.25077/puitika.13.2.162--173.2017
Azkiya, H, dan M. Tamrin. 2018. Upaya Mengoptimalisasikan Pendidikan Berbasis Karakter Siswa TPQ/TQA Masjid Darul Mukhlisin Padang. Jurnal gervasi, Volume 2 Nomor 1, Juni 2018. Halaman 47-56
Azkiya, H, Tamrin, M., Yuza, A. & Madona, Ade Sri. (2022). Pengembangan E-Modul Berbasis Nilai-Nilai Pendidikan Multikultural di Sekolah Dasar Islam. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 7(2), 409–427. https://doi.org/10.25299/al-thariqah.2022.vol7(2).10851
Kartika, M., & Alfurqan, A. (2022). Problematika Peserta Didik dalam Membaca Al-Qur’an di SMP Negeri 1 Lembah Melintang. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 9378-9385.
Ramadhani, A. S., & Alfurqan, A. (2022). Pengaruh Penggunaan Model Kooperatif Tipe STAD terhadap Hasil Belajar PAI di SDN 16 Kota Padang. MANAZHIM, 4(1), 133-144.
Sari, W. W., Alfurqan, A., & Arsiyah, A. (2021). Proses Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Pada Sekolahalam Minangkabau di Kota Padang. Al-Idarah: Jurnal Kependidikan Islam, 11(2), 215-225.
Sarina, D., Hidayat, A., Zen, A. R., Gusvita, A., Safni, P., Yanda, T. A., & Alfurqan, A. (2021). Persepsi Wali Santri Terhadap Pendidikan Seks pada Anak di TPQ Baitul Amal Kota Padang. Az-Zahra: Journal of Gender and Family Studies, 2(1), 12-25.
Shobri, F., & Alfurqan, A. (2023). Peran Guru Pendidikan Agama Islam pada Program Sekolah Penggerak di SD Negeri 03 Kandis. Journal on Education, 5(3), 7938-7945.
Tamrin, M., Amrina, Z., Arifin., E. (2014). Problematika Pemanfaatan Media Pembelajaran di SD 29 Ganting Utara Kecamatan Padang Timur Kota Padang. Jurnal Cerdas Proklamator, Volume 2, Nomor 2, Desember, 2014, Halaman 114-132
Tamrin, M., Azkiya, H., & Sari, S. (2017). Problems faced by the teacher in maximizing the use of learning media in Padang. Al-Ta Lim Journal, Volume 24, Number 1, February, 2017, Page 60-66
Tamrin, M., Nurman, R. (2021). Development of IPS Learning Module with Contextual Teaching and Approach Learning for Class IV SD Students. Jurnal CERDAS Proklamator, Vol. 9, No. 1, Edisi Juni 2021, M. Tamrin, Hal.45-52
Yuniendel, R. K., Trinova, Z., Wiyanti, V., & Tamrin, M. (2022). Analisis strategi lightening the learning climate pada pembelajaran pendidikan agama islam. Journal of Innovation Research and Knowledge, 1(11), 1497-1504.
Zalillah, D., & Alfurqan, A. (2022). Penggunaan Game Interaktif Wordwall dalam Evaluasi Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SDN 17 Gurun Laweh Padang. Manazhim, 4(2), 491-504.
Sutianah, C. (2021). Belajar dan Pembelajaran (Tim Qiara Media (ed.); 1st ed.). CV. Penerbit Qiara Media.
Karnasih, I. (2015. Analisis Kesalahan Newman Pada Soal Cerita Matematis (Newman Error Analysis in Mathematical Word Problems). Jurnal PARADIKMA, 8(1), 31-51.
Margono, 2004, Metodologi Penelitian Pendidikan, Jakarta :Rineka Cipta.