Development of Student Worksheets (LKPD) Based on Problem Based Learning (PBL) in Grade IV Science Learning at SDN 54 Anak Air

Penulis

  • Gustri Marlovy Universitas Bung Hatta
  • Rona Taula Sari Universitas Bung Hatta

Abstrak

PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA PEMBELAJARAN IPA KELAS IV DI SDN 54 ANAK AIR Gustri Marlovy1, Rona Taula Sari 2 1 Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar 2 Program Studi Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Bung Hatta Email: gustrimarlovy933@gmail.com ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Problem Based Learning (PBL) pada Pembelajaran IPA Kelas IV SDN 54 Anak Air. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan atau Reseach And Development (R&D) dengan menggunakan model yang digunakan adalah tipe 4-D yaitu : define, design, develop, dan disseminate. Pada penelitian ini hanya dibatasi sampai tahap develop yaitu sampai pada tahap praktikalitas. Instrumen penelitian ini meliputi lembar validitas dan lembar praktikalitas. Pada proses validasi, LKPD divalidasi oleh 3 orang ahli yang meliputi ahli materi, ahli media dan ahli bahasa. Pada proses praktikalitas, LKPD di uji coba kepada guru dan peserta didik. Berdasarkan LKPD yang telah dikembangkan dapat diketahui bahwa rata-rata presentase dari validasi aspek materi diperoleh sebesar 3,63% dengan kriteria sangat valid, aspek media diperoleh sebesar 3,38% dengan kriteria valid, dan aspek bahasa diperoleh sebesar 3,86% dengan kriteria sangat valid. Sedangkan rata-rata dari hasil praktikalitas oleh guru diperoleh 95% dengan kriteria sangat praktis dan hasil praktikalitas oleh peserta didik diperoleh 93% dengan kriteria praktis. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Problem Based Learning (PBL) pada Pembelajaran IPA Kelas IV SD dapat dikembangkan sebagai salah satu bahan ajar. Kata Kunci : LKPD, IPA, Problem Based Learning

Referensi

Alfurqan, A., Tamrin, M., Trinova, Z. (2021). Implementation of Problem Solving Methods in The Learning of Slamic Religious Education (PAI) Students of Class VI Elementary School. Jurnal CERDAS Proklamator, Vol. 9, No. 1, Edisi Juni 2021, Hal.53-59

Alfurqan, A., Tamrin, M., Trinova, Z., & Zuhdiyah, Z. (2019). The problematics of Islamic religious education teacher in using of instructional media at SD Negeri 06 Pancung Soal Pesisir Selatan. Al-Ta Lim Journal, Volume 26, Number 1, February, 2019, Page 56-64

Alfurqan, A., Trinova, Z., Tamrin, M., & Khairat, A (2020). Membangun Sebuah Pengajaran Filosofi Personal: Konsep dari Pengembangan dan Pendidikan Dasar. Jurnal Tarbiyah al-Awlad, Volume 10, Nomor 2, 2020, Page 213-222

Alfurqan, A., Zein, Z., & Salam, A. (2019). Implementasi Khazanah Surau Terhadap Pendidikan Islam Modern. TARBAWY: Indonesian Journal of Islamic Education, 6(2), 127-141.

Azkiya, H., & Tamrin, M. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Aktif Tipe Card Sort Dan Motivasi Belajar Dalam Mata Kuliah Keterampilan Berbahasa Indonesia Ke-Sd-an Mahasiswa Prodi Pgsd. Puitika, 13(2), 162. https://doi.org/10.25077/puitika.13.2.162--173.2017

Azkiya, H, dan M. Tamrin. 2018. Upaya Mengoptimalisasikan Pendidikan Berbasis Karakter Siswa TPQ/TQA Masjid Darul Mukhlisin Padang. Jurnal gervasi, Volume 2 Nomor 1, Juni 2018. Halaman 47-56

Azkiya, H, Tamrin, M., Yuza, A. & Madona, Ade Sri. (2022). Pengembangan E-Modul Berbasis Nilai-Nilai Pendidikan Multikultural di Sekolah Dasar Islam. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 7(2), 409–427. https://doi.org/10.25299/al-thariqah.2022.vol7(2).10851

Kartika, M., & Alfurqan, A. (2022). Problematika Peserta Didik dalam Membaca Al-Qur’an di SMP Negeri 1 Lembah Melintang. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 9378-9385.

Ramadhani, A. S., & Alfurqan, A. (2022). Pengaruh Penggunaan Model Kooperatif Tipe STAD terhadap Hasil Belajar PAI di SDN 16 Kota Padang. MANAZHIM, 4(1), 133-144.

Sari, W. W., Alfurqan, A., & Arsiyah, A. (2021). Proses Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Pada Sekolahalam Minangkabau di Kota Padang. Al-Idarah: Jurnal Kependidikan Islam, 11(2), 215-225.

Sarina, D., Hidayat, A., Zen, A. R., Gusvita, A., Safni, P., Yanda, T. A., & Alfurqan, A. (2021). Persepsi Wali Santri Terhadap Pendidikan Seks pada Anak di TPQ Baitul Amal Kota Padang. Az-Zahra: Journal of Gender and Family Studies, 2(1), 12-25.

Shobri, F., & Alfurqan, A. (2023). Peran Guru Pendidikan Agama Islam pada Program Sekolah Penggerak di SD Negeri 03 Kandis. Journal on Education, 5(3), 7938-7945.

Tamrin, M., Amrina, Z., Arifin., E. (2014). Problematika Pemanfaatan Media Pembelajaran di SD 29 Ganting Utara Kecamatan Padang Timur Kota Padang. Jurnal Cerdas Proklamator, Volume 2, Nomor 2, Desember, 2014, Halaman 114-132

Tamrin, M., Azkiya, H., & Sari, S. (2017). Problems faced by the teacher in maximizing the use of learning media in Padang. Al-Ta Lim Journal, Volume 24, Number 1, February, 2017, Page 60-66

Tamrin, M., Nurman, R. (2021). Development of IPS Learning Module with Contextual Teaching and Approach Learning for Class IV SD Students. Jurnal CERDAS Proklamator, Vol. 9, No. 1, Edisi Juni 2021, M. Tamrin, Hal.45-52

Yuniendel, R. K., Trinova, Z., Wiyanti, V., & Tamrin, M. (2022). Analisis strategi lightening the learning climate pada pembelajaran pendidikan agama islam. Journal of Innovation Research and Knowledge, 1(11), 1497-1504.

Zalillah, D., & Alfurqan, A. (2022). Penggunaan Game Interaktif Wordwall dalam Evaluasi Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SDN 17 Gurun Laweh Padang. Manazhim, 4(2), 491-504.

##submission.additionalFiles##

Diterbitkan

2025-06-16