Efforts to Improve Problem Solving Skills in Mathematics Learning for Grade V Using the Cooperative Model of the Time Games Tournament (TGT) Type at SDN 036/XI Paling Serumpun Kota Sungai
Abstrak
UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS V MENGGUNAKAN MODEL KOOPERATIF TIPE TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) DI SDN 036/XI PALING SERUMPUN KOTA SUNGAI PENUH. Anggel Natasya1, Syafni Gustina Sari1 1Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Bung Hatta Email : anggelnatasya8@gmail.com ABSTRAK Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan pemecahan masalah siswa pada mata pelajaran Matematika di kelas V SDN 036/XI Paling Serumpun. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripkan peningkatan kemampuan pemecahan masalah. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 036/XI Paling Serumpun yang berjumlah 12 orang. Instrumen penelitian ini adalah lembar observasi aktivitas guru terhadap kegiatan pembelajaran, dan tes kemampuan pemecahan masalah. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran oleh guru dalam pembelajaran matematika dengan menggunakan model pembelajaran Kooperatif Tipe Time Games Tournament terdapat peningkatan. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan aktivitas guru pada siklus I 67,27% dengan kriteria baik dan siklus II mencapai 86,53 dengan kriteria sangat baik. Peningkatan nilai rata-rata kemampuan pemecahan masalah siswa pada siklus I yaitu 47,33 dan siklus II 76,66. Hasil penelitian ini dapat disimpilkan bahwa dengan menggunakan model Kooperatif tipe Time Games Tournament di kelas V SDN 036/XI Paling Serumpun dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa. Berdasarkan hasil penelitian ini maka dapat disarankan agar model kooperatif Tipe Time Games Tournament dapat digunakan guru untuk proses belajar mengajar di kelas. Kata Kunci: Kemampuan Pemecahan Masalah, Kooperatif Tipe Team Games Tournament dan matematika.Referensi
Arikunto, dkk. (2017). Penelitian Tindkan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Alfurqan, A., Tamrin, M., Trinova, Z. (2021). Implementation of Problem Solving Methods in The Learning of Slamic Religious Education (PAI) Students of Class VI Elementary School. Jurnal CERDAS Proklamator, Vol. 9, No. 1, Edisi Juni 2021, Hal.53-59
Alfurqan, A., Tamrin, M., Trinova, Z., & Zuhdiyah, Z. (2019). The problematics of Islamic religious education teacher in using of instructional media at SD Negeri 06 Pancung Soal Pesisir Selatan. Al-Ta Lim Journal, Volume 26, Number 1, February, 2019, Page 56-64
Alfurqan, A., Trinova, Z., Tamrin, M., & Khairat, A (2020). Membangun Sebuah Pengajaran Filosofi Personal: Konsep dari Pengembangan dan Pendidikan Dasar. Jurnal Tarbiyah al-Awlad, Volume 10, Nomor 2, 2020, Page 213-222
Alfurqan, A., Zein, Z., & Salam, A. (2019). Implementasi Khazanah Surau Terhadap Pendidikan Islam Modern. TARBAWY: Indonesian Journal of Islamic Education, 6(2), 127-141.
Azkiya, H., & Tamrin, M. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Aktif Tipe Card Sort Dan Motivasi Belajar Dalam Mata Kuliah Keterampilan Berbahasa Indonesia Ke-Sd-an Mahasiswa Prodi Pgsd. Puitika, 13(2), 162. https://doi.org/10.25077/puitika.13.2.162--173.2017
Azkiya, H, dan M. Tamrin. 2018. Upaya Mengoptimalisasikan Pendidikan Berbasis Karakter Siswa TPQ/TQA Masjid Darul Mukhlisin Padang. Jurnal gervasi, Volume 2 Nomor 1, Juni 2018. Halaman 47-56
Azkiya, H, Tamrin, M., Yuza, A. & Madona, Ade Sri. (2022). Pengembangan E-Modul Berbasis Nilai-Nilai Pendidikan Multikultural di Sekolah Dasar Islam. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 7(2), 409–427. https://doi.org/10.25299/al-thariqah.2022.vol7(2).10851
Kamarullah, K. (2017). Mathematics education in our schools. Al Khawarizmi: Journal of Mathematics Education and Learning, 1(1), 21-23.
Kartika, M., & Alfurqan, A. (2022). Problematika Peserta Didik dalam Membaca Al-Qur’an di SMP Negeri 1 Lembah Melintang. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 9378-9385.
Ramadhani, A. S., & Alfurqan, A. (2022). Pengaruh Penggunaan Model Kooperatif Tipe STAD terhadap Hasil Belajar PAI di SDN 16 Kota Padang. MANAZHIM, 4(1), 133-144.
Sari, W. W., Alfurqan, A., & Arsiyah, A. (2021). Proses Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Pada Sekolahalam Minangkabau di Kota Padang. Al-Idarah: Jurnal Kependidikan Islam, 11(2), 215-225.
Sarina, D., Hidayat, A., Zen, A. R., Gusvita, A., Safni, P., Yanda, T. A., & Alfurqan, A. (2021). Persepsi Wali Santri Terhadap Pendidikan Seks pada Anak di TPQ Baitul Amal Kota Padang. Az-Zahra: Journal of Gender and Family Studies, 2(1), 12-25.
Shobri, F., & Alfurqan, A. (2023). Peran Guru Pendidikan Agama Islam pada Program Sekolah Penggerak di SD Negeri 03 Kandis. Journal on Education, 5(3), 7938-7945.
Tamrin, M., Amrina, Z., Arifin., E. (2014). Problematika Pemanfaatan Media Pembelajaran di SD 29 Ganting Utara Kecamatan Padang Timur Kota Padang. Jurnal Cerdas Proklamator, Volume 2, Nomor 2, Desember, 2014, Halaman 114-132
Tamrin, M., Azkiya, H., & Sari, S. (2017). Problems faced by the teacher in maximizing the use of learning media in Padang. Al-Ta Lim Journal, Volume 24, Number 1, February, 2017, Page 60-66
Tamrin, M., Nurman, R. (2021). Development of IPS Learning Module with Contextual Teaching and Approach Learning for Class IV SD Students. Jurnal CERDAS Proklamator, Vol. 9, No. 1, Edisi Juni 2021, M. Tamrin, Hal.45-52
Yuniendel, R. K., Trinova, Z., Wiyanti, V., & Tamrin, M. (2022). Analisis strategi lightening the learning climate pada pembelajaran pendidikan agama islam. Journal of Innovation Research and Knowledge, 1(11), 1497-1504.
Zalillah, D., & Alfurqan, A. (2022). Penggunaan Game Interaktif Wordwall dalam Evaluasi Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SDN 17 Gurun Laweh Padang. Manazhim, 4(2), 491-504.
Roebyanto, Goenawan. Sri, Harmini. (2017). Pemecahan Masalah Matematika. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Rohim, D.C., Suhirno, S., & Yulfianto, L. I. (2021). Keefektifan Model RME Berbasis Literasi Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Analis Ilmu Pendidikan Dasar, 2(1), 12-19.
Shoimin, A. (2020). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruz Media.
Susanto, A. (2017). Pembelajaran Matematika dengan pemecahan matematika, (online). Vol.2, no 1.