PENERAPAN STRATEGI THINKING ALOUD PAIR PROBLEM SOLVING DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS II AKUNTANSI SMK KARTIKA 1-2 PADANG

Penulis

  • Muhamad Qudri
  • Niniwati .
  • Khairudin .

Abstrak

Mata pelajaran matematika sampai sekarang masih kurang diminati oleh sebagian siswa karena masih banyak yang tidak memahami materi yang diberikan oleh guru. Selain itu, siswa banyak mengeluh tentang rumus-rumus yang sering ditemukan dalam proses pembelajaran dan menyulitkan siswa dalam menjelaskan konsep pemecahan masalah. Akibatnya siswa tidak dapat memecahkan masalah dengan baik sehingga berdampak pada hasil belajar siswa banyak yang rendah. Salah satu model pembelajaran yang dapat mengatasi permasalahan tersebut adalah Strategi Thinking Aloud Pair Problem Solving. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar matematika siswa yang pembelajarannya menggunakan Strategi Thinking Aloud Pair Problem Solving lebih baik dari hasil belajar matematika yang pembelajarannya menggunakan pembelajaran konvensional pada siswa kelas II Akuntansi SMK Kartika 1-2 Padang.

Jenis penelitian adalah penelitian eksperimen. Berdasarkan data hasil belajar siswa pada kedua kelas sampel, setelah dilakukan uji hipotesis dengan uji-t pada taraf α = 0,05 diperoleh t hitung = 1,7206 dan t (0,95;57) = 1,6687 , karena t hitung  t tabel maka hipotesis yang diajukan diterima.

Berdasarkan uraian dibatas dapat disimpulkan bahwa hasil belajar natenatika siswa setelah menerapkan strategi thinking aloud pair problem solving pada siswa kelas II Akuntansi SMK Kartika 1-2 Padang lebih baik dari siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional pada siswa kelas II SMK Kartika 1-2 Padang tahun pelajaran 2012/2013

 

Kata Kunci: Strategi, Thinking Aloud Pair Problem Solving, Hasil Belajar Matematika

##submission.downloads##

Diterbitkan

2013-03-20