PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF TIPE EVERYONE IS A TEACHER HERE DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS X SMAN 1 KECAMATAN GUGUAK KABUPATEN LIMA PULUH KOTA
Abstrak
Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya interaksi antara guru dengan siswa, ketika siswa diberi kesempatan untuk bertanya tentang materi yang tidak mereka pahami siswa hanya memilih diam. Cara belajar seperti ini berdampak pada rendahnya hasil belajar matematika siswa kelas X SMAN 1 Kecamatan Guguak. Tujuan penelitian untuk mengetahui bagaimana aktivitas siswa selama diterapkannya strategi pembelajaran aktif tipe Everyone Is A Teacher Here pada kelas X SMAN 1 Kecamatan Guguak dan untuk mengetahui apakah hasil belajar matematika siswa menggunakan strategi ini lebih baik dari siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional. Jenis penelitian ini eksperimen. Populasi penelitian ini seluruh siswa kelas X SMAN 1 Kecamatan Guguak tahun pelajaran 2012/2013. Sampelnya diambil dua lokaldari Sembilan lokal secara acak. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi aktivitasdan tes hasil belajar. Berdasarkan data aktivitas belajar siswa di kelas eksperimen, diketahui adanya peningkatan aktivitas dalam pembelajaran. Untuk pengujian hipotesis digunakan uji perbedaan rata-rata. Dari analisis dapat disimpulkan bahwa hasil belajar matematika siswa kelas X SMAN 1 Kecamatan Guguak yang menggunakan strategi pembelajaran aktif tipe Everyone IsA Teacher Here lebih baik dari pada hasil belajar matematika siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional.
Kata Kunci : Pembelajaran Aktif, Everyone Is A Teacher Here, Aktivitas Belajar Siswa, Hasil Belajar.