KORELASI KECEPATAN MEMBACA DENGAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS VII SMP NEGERI 22 PADANG

Penulis

  • Oktaria Siska
  • Gusnetti .
  • Syofiani .

Abstrak

ABSTRAK

Penilitian ini dilatarbelakangi sebagian besar siswa malas membaca, sehingga mareka mempunyai kebiasaan membaca dan pemahaman yang rendah. Rendahnya minat membaca siswa akan mempengaruhi terhadap kecepatan membaca dan minimnya pemahaman bacaan yang diperoleh siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan korelasi kecepatan membaca dengan kemampuan membaca pemahaman siswa kelas VII SMP Negeri 22 Padang. Teori yang digunakan adalah teori membaca yang dikemukakan oleh Agustina, Nurhadi, Soedarso, dan Tarigan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Berdasarkan analisis yang telah dilakukan diketahui bahwa: (1)  kecepatan membaca siswa kelas VII SMP Negeri 22 Padang berada pada kualifikasi tinggi, yaitu berkisar antara 175 – 251 kpm. Dengan rata-rata , (2) kemampuan membaca pemahaman siswa kelas VII SMP Negeri 22 Padang berada pada klasifikasi baik, dengan nilai rata-rata hitung (M) adalah 75,89, dan (3) terdapat korelasi positif antara kecepatan membaca dengan kemampuan membaca pemahaman siswa kelas VII SMP Negeri 22 Padang. Hasil pengkorelasian antara kecepatan membaca dengan kemampuan membaca pemahaman diperoleh nilai r = 0,283. Berdasarkan hasil perhitungan diperoleh hahwa thitung 1,44 dan  ttabel 1,32 maka thitung lebih besar dari nilai ttabel.  Dengan artian H0 ditolak dan H1 diterima.

Kata kunci: Kecepatan Membaca, Membaca Pemahaman

##submission.downloads##

Diterbitkan

2013-03-21