DIAGNOSIS KESULITAN SISWA KELAS X8 SMA KARTIKA I-5 PADANG DALAM MEMAHAMI MATERI BILANGAN BERPANGKAT

Penulis

  • Efu aldria Putra
  • Mukhni .
  • Khairudin .

Abstrak

Penelitian ini dilakukan karena hasil belajar matematika siswa pada materi bilangan
berpangkat masih banyak yang dibawah KKM. Jika diberikan tes masih banyak siswa yang
melakukan kesalahan dalam menjawab. Hal ini terjadi karena pada saat pembelajaran masih
banyak siswa yang kesulitan dalam belajar materi bilangan berpangkat. Oleh karena itu,
diduga siswa mengalami kesulitan dalam memahami konsep aljabar.
Tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui apakah kesulitan siswa kelas X8 SMA
Kartika I-5 Padang merupakan penyebab terjadinya kesalahan siswa dalam menjawab tes
materi bilangan berpangkat. Jenis penelitian adalah deskriptif. Populasi adalah siswa kelas X8
SMA Kartika I-5 Padang pada tahun pelajaran 2012/2013. Sampel adalah siswa yang dipilih
berdasarkan banyak kesalahan jawaban yang dilakukan setelah tes. Instrumen yang
digunakan yaitu tes hasil belajar dan lembar wawancara. Teknik analisis data menggunakan
reduksi data, penyajian data, verifikasi data dan penarikan kesimpulan. Hasil analisis data
menggambarkan siswa berkesulitan belajar matematika lebih banyak melakukan kesalahan
dalam menjawab tes. Sehingga dapat disimpulkan bahwa kesulitan siswa merupakan
penyebab kesalahan siswa dalam menjawab tes materi bilangan berpangkat.
Kata Kunci : Kesulitan Siswa, Kesalahan Jawaban Tes

##submission.downloads##

Diterbitkan

2013-03-21