PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS VIII SMPN 2 VII KOTO SUNGAI SARIK KABUPATEN PADANG PARIAMAN
Abstrak
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya kepedulian siswa dalam pembelajaran matematika, siswa kurang aktif dalam proses pembelajaran. Hal ini mengakibatkan rendahnya hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMPN 2 VII Koto Sungai Sarik Kabupaten Padang Pariaman. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah hasil belajar matematika siswa setelah menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share lebih baik dari siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional pada siswa kelas VIII SMPN 2 VII Koto Sungai Sarik Kabupaten Padang Pariaman. Jenis penelitian adalah penelitian eksperimen. Populasi penelitian ini seluruh siswa kelas VIII SMPN 2 VII Koto Sungai Sarik pada tahun pelajaran 2012/2013. Sampel penelitian diambil dua kelas dari tiga kelas secara acak. Instrumen yang digunakan yaitu tes hasil belajar. Uji hipotesis dilakukan dengan uji-t terhadap data hasil belajar siswa pada kedua kelas sampel, diperoleh bahwa thitung = 3,7568 dan ttabel = 1,673 pada taraf 0,05, karena thitung > ttabel maka hipotesis yang diajukan diterima. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar matematika siswa setelah menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share lebih baik dari siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional pada siswa kelas VIII SMPN 2 VII Koto Sungai Sarik Kabupaten Padang Pariaman.
Kata Kunci: Pembelajaran Kooperatf, Think Pair Share, Hasil belajar Matematika