PENINGKATAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODELPEMBELAJARAN PORTOFOLIO DALAM PEMBELAJARAN IPA DIKELAS V SD NEGERI 01 SINTUK TOBOH GADANG.

Penulis

  • Geni Febri Yudani
  • Gusmaweti .
  • Erwinsyah Satria

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh proses pembelajaran yang dilakukan guru cenderung menggunakan metode ceramah, sehingga aktivitas siswa rendah dalam mengemukakan pendapat dalam menganalisis masalah sesuai dengan materi ajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penggunaan model portofolio dalam meningkatkan motivasi bertanya.

            Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas V Sintuk Toboh Gadang dengan jumlah siswa 24 orang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian adalah format observasi proses pembelajaran oleh guru, format observasi untuk siswa, angket motivasi siswa, dan tes hasil belajar.

            Hasil analisis data, dilihat dari motivasi siswa siklus I dan siklus II meningkat dengan rata-rata siklus I adalah 28,8% dan siklus II adalah 66,182%  sedangkan tes hasil belajar siswa meningkat dari siklus I adalah 61,70 dan siklus II adalah 74,00

Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model portofolio dapat meningkatkan motivasi dan hasil pembelajaran siswa kelas V SD Negeri 01 Sintuk Toboh Gadang.

 

Kata kunci : Motivasi, Hasil, Portofolio, IPA

##submission.downloads##

Diterbitkan

2013-03-21