PENGARUH PENERAPAN STRATEGI ENQUIRY DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DI SMA EKASAKTI PADANG

Penulis

  • Haniva .
  • Yusrizal .
  • Muslim .

Abstrak

Ada beberapa faktor yang menyebabkan rendahnya hasil belajar siswa diantaranya: (1) kurangnya motivasi siswa dalam belajar PKn, (2) masih banyaknya siswa yang kurang mau berpartisipasi, (3) aktivitas belajar siswa yang kurang efektif. Dengan adanya pembelajaran tersebut diharapkan siswa mampu mengkontruksikan pengetahuannya sendiri, sehingga dapat termotivasi dalam belajar.Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: Apakah dengan menggunakan strategi enquiry discovery learning dalam pembelajaran PKn di kelas XI.IPS.2 dapat mempengaruhui hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan (1) mengidentifikasi pengaruh strategi enquiry discovery learning  dalam pembelajarann PKn terhadap hasil belajar siswa PKn kelas XI.IPS.2  (2) untuk melihat aktivitas siswa selama diterapkan pembelajaran strategi enquiry discovery learning dalam pembelajaran PKn. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen. Sampel dalam penelitian ini adalah kels XI.IPS.2 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI.IPS.1 sebagai kelas kontrol. Berdasarkan hasil penelitian terdapat pengaruh hasil belajar siswa dalam pembalajaran PKn, untuk uji hipotesis digunakan uji normalitas dan uji homogenitas dengan rumus t-tes, dari analisis diperoleh thitung = 3,87 dan ttabel = 2,00 pada taraf nyata 0,05. Ternyata  thitung > ttabel, artinya hipotesis diterima. Jadi dapat disimpulkan bahwa hasil belajar PKn  siswa yang menggunakan pembelajaran strategi enquiry discovery learning dalam pembelajaran PKn. lebih baik,jika dibandingkan siswa yang pembelajarannya menggunakan pembelajaran Konvensional.

 

Kata kunci: Hasil belajar,  strategi  enquiry discovery learning

##submission.downloads##

Diterbitkan

2013-03-21