PENERAPAN TEKNIK QUICK ON THE DRAW DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMPN 1 PANTAI CERMIN KABUPATEN SOLOK

Penulis

  • Rismawati .
  • Niniwati .
  • Fauziah .

Abstrak

Siswa masih kurang aktif selama proses pembelajaran berlangsung. Hal ini berdampak
pada hasil belajar matematika siswa yang masih rendah. Untuk mengatasi masalah ini diterapkan
suatu teknik pembelajaran yaitu teknik quick on the draw. Tujuan penelitian untuk mengetahui
aktivitas dan hasil belajar matematika siswa setelah menerapkan pembelajaran dengan teknik
quick on the draw pada siswa kelas VII SMPN 1 Pantai Cermin. Jenis penelitian adalah
penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas VII SMPN 1
Pantai CerminTahun Pelajaran 2012/2013. Sampel terdiri dari dua kelas yang dipilih secara
acak. Pengumpulan data berupa lembar observasi dan tes hasil belajar. Dari hasil penelitian,
persentase aktivitas siswa kelas eksperimen pada umumnya mengalami peningkatan pada setiap
pertemuan. Berdasarkan data hasil belajar, kelas eksperimen memiliki rata-rata nilai 66,44 dan
kelas kontrol memiliki rata-rata nilai 58,56. Pengujian hipotesis dilakukan dengan uji perbedaan
rata-rata pada taraf  = 0,05. Dari hasil perhitungan diperoleh t hitung = 1,77 dan t tabel = 1,6693
karena t hitung > t tabel berarti hipotesis H0 ditolak dan hipotesis H1 diterima, yaitu hasil belajar
matematika siswa yang menerapkan teknik pembelajaran quick on the draw lebih baik dari pada
hasil belajar matematika siswa dengan menerapkan pembelajaran konvensional.
Kata Kunci:Penerapan, Aktivitas Belajar, Hasil Belajar, Teknik Quick On The Draw

##submission.downloads##

Diterbitkan

2013-03-21