PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF TIPE THE FIRING LINE DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS VIII SMP BUNDA PADANG TAHUN AJARAN 2012/2013

Penulis

  • Rumaya sari
  • Niniwati .
  • Puspa Amelia

Abstrak

Rendahnya hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Bunda Padang disebabkan kurangnya aktivitas siswa mengikuti pelajaran. Salah satu cara untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan penerapan strategi The Firing Line. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana aktivitas dan hasil belajar matematika siswa selama menerapkan strategi pembelajaran Aktif Tipe The Firing Line dikelas VIII SMP Bunda Padang. Jenis penelitian adalah eksperimen. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas VIII SMP Bunda Padang tahun ajaran 2012/2013, dan sampel adalah siswa kelas VIII1 dan kelas VIII2. Instrumen yang digunakan berupa lebar observasi dan tes hasil belajar. Berdasarkan analisis aktivitas belajar matematika siswa diperoleh gambaran, aktivitas belajar matematika siswa kelas VIII SMP Bunda Padang tahun ajaran 2012/2013 dengan menerapkan strategi pembelajaran aktif tipe The Firing Line cukup baik. Sedangkan data hasil belajar matematika siswa kedua kelas sampel berdistribusi normal dan variansinya homogen. Pengujian hipotesis digunakan rumus t-tes dengan tingkat kepercayaan 95% (α=0,05), diperoleh harga thitung=-1,46 dan ttabel=1,692 karena thitung <  ttabel. maka hipotesis penelitian ditolak.

Berdasarkan uraian di atas, disimpulkan hasil belajar matematika siswa yang menerapkan strategi pembelajaran aktif tipe The Firing Line tidak lebih baik dari pada hasil belajar matematika yang menerapkan pembelajaran konvensional di kelas VIII SMP Bunda Padang tahun ajaran 2012/2013.

Kata kunci : Penerapan, Aktivitas belajar, Hasil belajar, The Firing Line

##submission.downloads##

Diterbitkan

2013-03-21