PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP PEMBELAJARAN BIOLOGI SISWA KELAS X SMAN 13 PADANG
Abstrak
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar dan kurangnya
keaktifan siswa dalam proses pembelajaran yang rata-ratanya masih dibawah
KKM yang telah ditetapkan yaitu 75. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat
perbedaan hasil belajar antara penerapan model pembelajaran kooperatif tipe
Jigsaw dengan model pembelajaran Konvensional dikelas X SMA Negeri 13
Padang. Jenis penelitian adalah penelitan eksperimen dengan rancangan penelitian
Randomized Control Group Only Design. Populasi seluruh siswa kelas X SMA
Negeri 13 Padang yang terdiri dari 5 kelas. Penentuan kelas sampel dengan
Random didapatkan kelas sampel penelitian ini adalah kelas X2 sebagai kelas
eksperimen dan kelas X4 sebagai kelas kontrol dengan jumlah siswa 34 dan 33
orang. Data penelitian ini adalah data primer berupa hasil analisis data tes akhir
dalam bentuk objektif selanjutnya diolah dengan uji-t. Hasil analisis diperoleh
thitung yaitu 2,45 sedangkan ttabel 2,00 maka thitung > ttabel. Oleh karena itu, hipotesis
yang diajukan diterima dengan α 0,05. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan,
model pembelajaran tipe Jigsaw memberikan hasil belajar yang lebih baik dengan
rata-ratanya 80,59 dari pada yang diajarkan dengan menggunakan model
pembelajaran Konvensional dengan rata-ratanya 75,27. Disarankan guru dapat
menerapkan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw.
Kata Kunci: Model pembelajaran, kooperatif, Jigsaw