Perancangan Pengontrolan Kecepatan Motor DC Pada Elevator Berbasis PID (Proporsional Integral Derivatif)

Authors

  • Fauzi Kris Setiawan universitas Bung Hatta
  • mirza zoni universitas Bung Hatta
  • Hidayat universitas Bung Hatta

Keywords:

Sistem kontrol, PID,Motor DC, Metode Ziegler Nichols

Abstract

Sistem kontrol merupakan suatu sistem yang digunakan untuk mempermudah dan mempercepat suatu proses yang diharapkan dan bisa menghasilkan output yang bagus, stabil dan akurat. Salah satu sistem kontrol yang banyak digunakan adalah sistem kontrol PID yaitu Proportional, Integral, dan Derivative, Kontroller PID merupakan kontroller berumpan balik dimana kontrol PID membutuhkan penyesuaian parameter penguatan gain proporsional (Kp), gain integral (Ki), gain Derivatif (Kd). kontroller PID sering digunakan untuk aplikasi kontrol motor karena algoritma kontrol mudah dipahami dan bentuk yang sederhana,penelitian ini membahas tentang bagaimana cara sistem pengontrolan kecepatan motor dc pada elevator dengan beban berubah-ubah, untuk bisa mengontrol kecepatan motor dc tersebut maka dibutuhkan suatu pengendali yaitu menggunakan algoritma PID,supaya kecepatan motor dc dengan beban yang berubah-ubah bisa mencapai nilai setpoint. Pada penelitian ini untuk mendapatkan parameter PID menggunkaan metode Ziegler Nichols 1 dengan cara melakukan simulasi dengan software matlab,sehingga mendapatkan parameter PID yang sesuai, parameter PID yang didapatkan menggunakan metode Ziegler Nichols 1 yaitu Kp=18 Ki=169 dan Kd=0,4.

Author Biographies

Fauzi Kris Setiawan, universitas Bung Hatta

universitas Bung Hatta

mirza zoni, universitas Bung Hatta

universitas Bung Hatta

Hidayat, universitas Bung Hatta

universitas Bung Hatta

References

Waluyo, A. F. (2013). Analisis Penalaan Kontrol PID pada Simulasi kendali kecepatan putaran motor DC berbeban menggunakan metode heuristik.©Teknik Elekro Itenas | Vol. 1 | No.2 , 14.

Muhammad Ruswandi Djalal1, D. A. (2015). Desain Optimal Kontroler PIDMotor DC menggunakan cuckoo search Algorithm. Prosiding SENTIA 2015 – Politeknik Negeri Malang , 6.

Gany Rahmatillah, B. S. (2020). Sistem Pengendalian Kecepatan Motor Dc Pada Prototipe Lift Menggunakan Kontroler Pi Berbasis Arduino. Jurnal Teknik Elektro, Volume 09, Nomor 02, Tahun 2020, 269-276 , 8.

Wasesa, T. (2014). Perancangan Pengaturan Kecepatan Motor Induksi Satu Fasa dengan PWM menggunakan Pengendali PID Berbasis Arduino. Skripsi Universitas Bengkulu , 49.

Andi Adriansyah1, O. H. (2013). Rancang bangun Prototipe elevatormenggunakan microcontroller arduino ATMEGA 328P. Jurnal Teknologi Elektro, Universitas Mercu , 13.

Triyono,(3015) Aplikasi Kontrol Pid Dengan Software Matlab – 96

Downloads

Published

2021-03-29