Manajemen Baterai Pada Pembangkit Listrik Tenaga Surya 920 Wp Dengan Beban Alat Pengering Ikan Otomatis 600 Watt_Kurnia Randi

Authors

  • Kurnia Randi Universitas Bung Hatta
  • Mirza Zoni Universitas Bung Hatta

Keywords:

Baterai; Charging; discharging;overcharging; overdischarging

Abstract

Baterai adalah komponen PLTS yang berfungsi menyimpan energi listrik yang dihasilkan oleh panel surya, baterai yang dipergunakan pada PLTS mengalami proses siklus mengisi (charging) dan mengosongkan (discharging). Proses charging dan discharging disebut satu siklus baterai. Kerusakan baterai merupakan permasalahan yang sering terjadi pada PLTS. Manajemen Pengisian Baterai pada PLTS 920 Wp, pada PLTS ini digunakan untuk mesin pengering ikan otomatis 600 W. Untuk dapat digunakan sebuah baterai tentu harus silakukan proses charging atau pengisian, pada proses pengisian digunakan alat charger controller (SCC). Pada alat ini dapat dilakukan penyetingan untuk menghindari terjadi overcharge dan over discharge, karakteristik pada SCC tidak akan menyala atau tidak akan membaca kapasitas baterai jika tegangan baterai dibawah 10 volt, batas tegang terendah pada baterai disetting 9,1 volt.

References

. M. Ahdil Falach S, 2019.Hubungan Antara Pola Pengisian Dan Pengosongan Baterai Pada Kondisi Pengisian Penuh Terhadap Umur Baterai Vrla.

. Asma Ainuddin, Salama Manjang, Faizal Arya Samman,2017. Sistem Pengendali Pengisian Baterai Pada Pembangkit Listrik Tenaga Surya. Makasar : Asma Ainuddin.

Downloads

Published

2021-11-17