PERANCANGAN ULANG DESAIN KEMASAN PRODUK BAREH RANDANG PAYAKUMBUH DENGAN METODE QUALITY FUNCTION DEPLOYMENT (QFD) 4 PHASE

Authors

  • Dewi Wulan Dari
  • Yesmizarti Muchtiar

Keywords:

Promosi, QFD 4 Phase, Desain Kemasan.

Abstract

Bareh Randang merupakan makanan khas yang diproduksi di Kota Payakumbuh. Salah satu UMKM yang memproduksi Bareh Randang adalah UMKM “Utama”. Produk Bareh Randang menggunakan kemasan yang sederhana. Pengemasan hanya digunakan sebagai fungsi pelindung produk dan belum memperhatikan fungsi kemasan sebagai media komunikasi dan informasi promosi pada masyarakat. Metode Quality Function Deployment (QFD) 4 phase digunakan untuk mengetahui keinginan konsumen dan merancang kemasan mulai dari tahap perencanaan desain, perencanaan spesifikasi komponen, perencanaan proses dan perencanaan produksi. Penggunaan QFD didapatkan desain kemasan yang baru dengan memperhatikan kriteria yaitu penggunaan kemasan food grade dengan zipper lock, menambahkan gambar, menampilkan informasi produk dan informasi produsen.

References

Julianti, S, 2014, The Art of Packaging, PT Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

Verbeke, W. 2006. “Functional Foods: Consumer Willingness to Compromise on Taste for Health,” Food Qual. Prefer, 17: 126—131.

Klimchuk, Marianne Rosner & Krasovec, Sandra A., 2007. Desain Kemasan: Perencanaan Merek Produk yang Berhasil Mulai dari Konsep sampai Penjualan. Trans. Bob Sabran. Penerbit Erlangga, Jakarta.

Cohen, Louis, 1995, Quality Function Deployment: How to Make QFD Work For You, Addison-Wesley Publishing Company.

Downloads

Published

2022-08-14