IDENTIFIKASI VARIABEL KUALITAS PELAYANAN PADA OBJEK WISATA PEMANDIAN AIR TERJUN AEK SIJORNI
Keywords:
Dimensi Kualitas Pelayanan, Metode ServqualAbstract
Objek wisata pemandian air terjun Aek Sijorni merupakan salah satu objek wisata yang menawarkan keindahan alam dengan udara yang sejuk dan air terjun bertingkat dengan air yang jernih. Kualitas pelayanan suatu objek wisata dapat diketahui dengan memahami apa yang dirasakan wisatawan terhadap pelayanan yang diterima wisatawan. Penelitian ini mengidentifikasi variabel kualitas pelayanan yang diberikan oleh objek wisata pemandian air terjun Aek Sijorni dengan servqual. Hasil identifikasi variabel dimensi kualitas pelayanan objek wisata adalah tangible 8 variabel, responsiveness 4 variabel, reliability 3 variabel, assurance 3 variabel dan emphaty 3 variabel.References
Ardhana, O., & ASTUTI, S. R. T. (2010).
Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga
dan Lokasi Terhadap Kepuasan Pelanggan
(UNDIP: Fakultas Ekonomika dan Bisnis).
Tjiptono, F. (2011). Service, Quality dan
Satisfaction, Edisi Ketiga. Yogyakarta: Andi.
Parasuraman, A., Zeithaml, V. A., & Berry, L.
(1988). Servqual: A multiple-item scale for
measuring consumer perceptions of service
quality. 1988, 64 (1), 12-40.
Wibisono, D. (2018). Metode Servqual dan QFD
Deny Wibisono Jl. Nangka No. 58 C Tanjung
Barat, Jagakarsa, Jakarta Selatan. 10 (1), 57-74
Downloads
Published
2023-03-12
Issue
Section
Executive Summary