IDENTIFIKASI VARIABEL KUALITAS PELAYANAN PADA OBJEK WISATA PEMANDIAN AIR TERJUN AEK SIJORNI

Authors

  • Wahyuni Ramadhani Nst
  • Dessi Mufti

Keywords:

Dimensi Kualitas Pelayanan, Metode Servqual

Abstract

Objek wisata pemandian air terjun Aek Sijorni merupakan salah satu objek wisata yang menawarkan keindahan alam dengan udara yang sejuk dan air terjun bertingkat dengan air yang jernih. Kualitas pelayanan suatu objek wisata dapat diketahui dengan memahami apa yang dirasakan wisatawan terhadap pelayanan yang diterima wisatawan. Penelitian ini mengidentifikasi variabel kualitas pelayanan yang diberikan oleh objek wisata pemandian air terjun Aek Sijorni dengan servqual. Hasil identifikasi variabel dimensi kualitas pelayanan objek wisata adalah tangible 8 variabel, responsiveness 4 variabel, reliability 3 variabel, assurance 3 variabel dan emphaty 3 variabel.

References

Ardhana, O., & ASTUTI, S. R. T. (2010).

Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga

dan Lokasi Terhadap Kepuasan Pelanggan

(UNDIP: Fakultas Ekonomika dan Bisnis).

Tjiptono, F. (2011). Service, Quality dan

Satisfaction, Edisi Ketiga. Yogyakarta: Andi.

Parasuraman, A., Zeithaml, V. A., & Berry, L.

(1988). Servqual: A multiple-item scale for

measuring consumer perceptions of service

quality. 1988, 64 (1), 12-40.

Wibisono, D. (2018). Metode Servqual dan QFD

Deny Wibisono Jl. Nangka No. 58 C Tanjung

Barat, Jagakarsa, Jakarta Selatan. 10 (1), 57-74

Downloads

Published

2023-03-12