ANALISIS RISIKO PASAR TERHADAP PRODUK BARU DI PT. XY
Keywords:
Produk Baru, Relative Importance Indeks (RII), Mitigasi Risiko.Abstract
PT. XY melakukan inovasi produk house hold care yaitu produk sabun cuci piring dengan merek OKEMAM. Dalam produk baru banyak risiko yang dapat terjadi, diperlukan identifikasi risiko pada produk baru. Dari hasil wawancara dan kuesioner dengan pihak perusahaan terdapat 6 faktor risiko dan 29 variabel kejadian risiko. Relative Importance Indeks (RII) digunakan untuk menentukan faktor risko kritis, didapatkan faktor demand dengan nilai rata-rata RII sebesar 0,641 dan variabel risiko kritis yaitu tinggkat permintaan pasar yang tidak pasti dengan nilai RII sebesar 0,687. Mitigasi risiko menggunakan metode PDCA untuk solusi tindakan perbaiakan, PDCA memiliki 4 tahapan Plan, Do, Check, dan Act.References
Fauziah, Yulia, 2018, Manajemen Risiko
Pemasaran Keripik Buah So Kressh Dengan
Metode Fuzzy Failure Mode and Effect
Analysis (FUZZY-FMEA) dan Fuzzy
Analytical Hierarchy Process (FUZZY-AHP)
(Studi Kasus Di CV Kajeye Food, Malang),
Tugas Akhir Teknik Industri, Universitas
Brawijaya.
Cahyabuana, Brigitta Deviant, 2015,
Konsistensi Penggunaan Metode FMEA
(Failure Mode Effects and Analysis) Terhadap
Penilaian Risiko Teknologi Informasi (Studi
Kasus: Bank XYZ), Jurnal Teknologi
Informasi, 524-531.
Downloads
Published
2023-03-12
Issue
Section
Executive Summary