ANALISIS RISIKO PASAR TERHADAP PRODUK BARU DI PT. XY

Authors

  • Engli Putri
  • M. Nursaifi Yulius

Keywords:

Produk Baru, Relative Importance Indeks (RII), Mitigasi Risiko.

Abstract

PT. XY melakukan inovasi produk house hold care yaitu produk sabun cuci piring dengan merek OKEMAM. Dalam produk baru banyak risiko yang dapat terjadi, diperlukan identifikasi risiko pada produk baru. Dari hasil wawancara dan kuesioner dengan pihak perusahaan terdapat 6 faktor risiko dan 29 variabel kejadian risiko. Relative Importance Indeks (RII) digunakan untuk menentukan faktor risko kritis, didapatkan faktor demand dengan nilai rata-rata RII sebesar 0,641 dan variabel risiko kritis yaitu tinggkat permintaan pasar yang tidak pasti dengan nilai RII sebesar 0,687. Mitigasi risiko menggunakan metode PDCA untuk solusi tindakan perbaiakan, PDCA memiliki 4 tahapan Plan, Do, Check, dan Act.

References

Fauziah, Yulia, 2018, Manajemen Risiko

Pemasaran Keripik Buah So Kressh Dengan

Metode Fuzzy Failure Mode and Effect

Analysis (FUZZY-FMEA) dan Fuzzy

Analytical Hierarchy Process (FUZZY-AHP)

(Studi Kasus Di CV Kajeye Food, Malang),

Tugas Akhir Teknik Industri, Universitas

Brawijaya.

Cahyabuana, Brigitta Deviant, 2015,

Konsistensi Penggunaan Metode FMEA

(Failure Mode Effects and Analysis) Terhadap

Penilaian Risiko Teknologi Informasi (Studi

Kasus: Bank XYZ), Jurnal Teknologi

Informasi, 524-531.

Downloads

Published

2023-03-12