DESAIN ULANG KEMASAN KOPI DAS DENGAN METODE KANSEI ENGINEERING DI USAHA KOPI BUBUK DAS
Keywords:
desain kemasan, kansei engineering, pemasaran produk.Abstract
Usaha bubuk kopi DAS adalah usaha industri rumahan yang memproduksi bubuk kopi. Salah satu pengembangan kemasan yang ingin dicapai dari bubuk kopi DAS adalah untuk meningkatkan dan mengembangkan usaha dengan memperluas target pasar yang baru, dikarenakan pemasaran produk saat ini belum dikemas dengan baik, dikarenakan kurangnya informasi pada kemasan baik dari segi ketahanan produk dan berupa informasi seperti halalnya produk ataupun bisa dikatakan kurang menarik, selain itu secara fungsi dari kemasan yang lama lebih mudah bocor dan bentuk kemasan masih menggunakan kemasan tipe lama tidak terlalu dapat bersaing dengan tipe kemasan modern, Tujuan penelitian yang ingin dicapai pada penelitian ini adalah mengidentifikasi kansei word yang mempengaruhi desain kemasan dan merancang desain kemasan produk bubuk kopi yang diminati konsumen.References
Ady, Wakhid Agung Guna.
Pengembangan Desain
Kursi Roda Khusunya pada
Lansia Berdasarkan Citra
(Image) Produk dengan
Metode Kansei Engineering.
Skripsi. Surakarta.
Agustina, W. 2009. Desain
Kemasan dan Label Produk
Makanan. Kumpulan Modul
pelatihan. UPT B2PTTG-
LIPI Subang.
Cenadi, Christine Suharto.
Peranan Desain
Kemasan dalam Dunia Pemasaran. Jurnal Vol. 2, No.
, Januari 2000: 92 – 103.
M. Nagamachi, Kansei
Engineering: A new
ergonomic consumer-oriented
technology for product
development, International
Journal of Industrial
Ergonomics Vol.15 No.1, pp
-11, 1995.
Nurfathia Rahmayani,
Yuniar, Arie Desrianty.2015.
Rancangan Kemasan Bedak
Tabur (Loose Powder)
Dengan Menggunakan
Metode Kansei Engineering.
Downloads
Published
2023-03-12
Issue
Section
Executive Summary