DESAIN ULANG KEMASAN KOPI DAS DENGAN METODE KANSEI ENGINEERING DI USAHA KOPI BUBUK DAS

Authors

  • David Firdaus
  • Aidil Ikhsan

Keywords:

desain kemasan, kansei engineering, pemasaran produk.

Abstract

Usaha bubuk kopi DAS adalah usaha industri rumahan yang memproduksi bubuk kopi. Salah satu pengembangan kemasan yang ingin dicapai dari bubuk kopi DAS adalah untuk meningkatkan dan mengembangkan usaha dengan memperluas target pasar yang baru, dikarenakan pemasaran produk saat ini belum dikemas dengan baik, dikarenakan kurangnya informasi pada kemasan baik dari segi ketahanan produk dan berupa informasi seperti halalnya produk ataupun bisa dikatakan kurang menarik, selain itu secara fungsi dari kemasan yang lama lebih mudah bocor dan bentuk kemasan masih menggunakan kemasan tipe lama tidak terlalu dapat bersaing dengan tipe kemasan modern, Tujuan penelitian yang ingin dicapai pada penelitian ini adalah mengidentifikasi kansei word yang mempengaruhi desain kemasan dan merancang desain kemasan produk bubuk kopi yang diminati konsumen.

References

Ady, Wakhid Agung Guna.

Pengembangan Desain

Kursi Roda Khusunya pada

Lansia Berdasarkan Citra

(Image) Produk dengan

Metode Kansei Engineering.

Skripsi. Surakarta.

Agustina, W. 2009. Desain

Kemasan dan Label Produk

Makanan. Kumpulan Modul

pelatihan. UPT B2PTTG-

LIPI Subang.

Cenadi, Christine Suharto.

Peranan Desain

Kemasan dalam Dunia Pemasaran. Jurnal Vol. 2, No.

, Januari 2000: 92 – 103.

M. Nagamachi, Kansei

Engineering: A new

ergonomic consumer-oriented

technology for product

development, International

Journal of Industrial

Ergonomics Vol.15 No.1, pp

-11, 1995.

Nurfathia Rahmayani,

Yuniar, Arie Desrianty.2015.

Rancangan Kemasan Bedak

Tabur (Loose Powder)

Dengan Menggunakan

Metode Kansei Engineering.

Downloads

Published

2023-03-12