PERBAIKAN DESAIN KEMASAN KUE SAPIK DI USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH (PONDOK KUE SAPIK XYZ)

Authors

  • Taufiq Dwi Firman
  • Dessi Mufti

Keywords:

UMKM, Kue Sapik, VIW

Abstract

Desain kemasan yang unik merupakan inovatif yang menghubungkan elemen bentuk, struktur, bahan, warna, gambar, dan informasi produk sehingga produk dapat dipasarkan. Kue Sapik XYZ merupakan usaha yang memproduksi makanan ringan, dengan kemasan plastik bening dengan ukuran 15 x 25 cm. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa dan mendesain kemasan baru berdasarkan aspek Visibility, Information dan Workability (VIW). Berdasarkan Visibility Rancangan desain kemasan kue sapik dibuat menggunakan warna cream, logo BF, gambar kue sapik, Information 16 x 24 cm, tulisan jelas, varian rasa yang disediakan, bahan kue sapik dan logo halal, cara makan, slogan kue sapik, MGF dan EXP, alamat, berat bersih, Workability aluminium foil, kemasan berukuran sedang dan standing pouch. maka didapatkan hasil desain kemasan baru lebih baik dibanding kemasan lama.

References

Alma, Buchari dan Priansa, Donni Juni. 2009.

Manajemen Bisnis Syariah, Alfabeta:

Bandung. hal. 115-125).

Arikunto, S. (2016). Prosedur Penelitian Suatu

Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Arum, D. dan Lestari, S. (2013). Redesign Kemasan

Produk Makanan Ringan “Aneka Gorengan

Super 2R”. Semarang.

Cenadi, C. S. (2000). Peranan Desain Kemasan dalam

Dunia Pemasaran. NIRMANA. 2(1), 92-103.

Shimp, Terence A. 2003. Periklanan & Promosi,

Komunikasi Pemasaran Terpadu. Jakarta:

Erlangga.

Downloads

Published

2023-03-12