PERBAIKAN DESAIN KEMASAN KUE SAPIK DI USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH (PONDOK KUE SAPIK XYZ)
Keywords:
UMKM, Kue Sapik, VIWAbstract
Desain kemasan yang unik merupakan inovatif yang menghubungkan elemen bentuk, struktur, bahan, warna, gambar, dan informasi produk sehingga produk dapat dipasarkan. Kue Sapik XYZ merupakan usaha yang memproduksi makanan ringan, dengan kemasan plastik bening dengan ukuran 15 x 25 cm. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa dan mendesain kemasan baru berdasarkan aspek Visibility, Information dan Workability (VIW). Berdasarkan Visibility Rancangan desain kemasan kue sapik dibuat menggunakan warna cream, logo BF, gambar kue sapik, Information 16 x 24 cm, tulisan jelas, varian rasa yang disediakan, bahan kue sapik dan logo halal, cara makan, slogan kue sapik, MGF dan EXP, alamat, berat bersih, Workability aluminium foil, kemasan berukuran sedang dan standing pouch. maka didapatkan hasil desain kemasan baru lebih baik dibanding kemasan lama.References
Alma, Buchari dan Priansa, Donni Juni. 2009.
Manajemen Bisnis Syariah, Alfabeta:
Bandung. hal. 115-125).
Arikunto, S. (2016). Prosedur Penelitian Suatu
Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Arum, D. dan Lestari, S. (2013). Redesign Kemasan
Produk Makanan Ringan “Aneka Gorengan
Super 2R”. Semarang.
Cenadi, C. S. (2000). Peranan Desain Kemasan dalam
Dunia Pemasaran. NIRMANA. 2(1), 92-103.
Shimp, Terence A. 2003. Periklanan & Promosi,
Komunikasi Pemasaran Terpadu. Jakarta:
Erlangga.
Downloads
Published
2023-03-12
Issue
Section
Executive Summary